Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Blog / Website Pribadi Gratis!

Ingin membagikan hobi atau tulisan sobat di internet? Buat website!

Sesuai dengan judul, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel cara membuat website pribadi grati yang merupakan artikel pertama dan sesuai pengalaman di website baru saya ini, yaitu Bang Feri Blog
"Sebenarnya apa yang dimaksud dengan website, bang?
Nah jika sobat belum tahu apa yang dimaksud dengan website, tidak usah khawatir karna pada artikel ini saya akan menjelaskan-nya secara singkat untuk sobat yang benar-benar ingin bergabung dalam dunia blogging.

Cara Buat Blog / Website Pribadi Gratis!

Pengertian Website

Website adalah sebuah halaman yang muncul di Google jika seseorang menuliskan perintah atau kata pada kolom pencarian google itu sendiri. Salah satu contohnya adalah saat sobat menuliskan "Cara buat website pribadi gratis" pada kolom pencarian google dan setelah itu sobat menemukan artikel ini pada hasil pencarian google.

Dalam pengertian lain, website juga merupakan salah satu platform untuk salin berbagi informasi kepada sesama manusia.
"Trus untuk membuat website pribadi yang gratis menggunakan apa, bang?
Nah untuk membuat website pribadi sobat bisa mengunakan layanan luar biasa seperti Blogger.com
Jika sobat belum tahu apa itu blogger.com, diatas tidak usah khawatir karna saya juga akan menjelaskan-nya untuk sobat sesuai pengetahuan saja. Seperti apa penjelasannya?

Berikut ini...

Apa Itu Blogger?

Blogger.com adalah salah satu layanan populer dan terpercaya yang namanya sudah tidak asing lagi bagi para blogger atau pembuat website, karna layanan ini dapat digunakan untuk membuat website/blog pribadi atau website perusahaan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Tidak hanya itu, platform yang satu ini sangat saya sarankan kepada sobat yang baru ingin membuat website. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan layanan ini memiliki fitur yang sangat mudah digunakan oleh para blogger pemula dalam membangun sebuah website. Layanan ini juga merupakan salah satu layanan resmi dari google yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang di website dan pastinya sangat terpercaya.

Menariknya, di Indonesia sendiri layanan ini sudah sangat banyak digunakan oleh para blogger pemula maupun yang sudah profesional, salah satunya blog ini. Gimana, tertarik untuk membuat website pribadi yang gratis dengan layanan ini?

Kenapa Memilih Layanan Blogger,com?

Nah sebelum saya berlanjut ketutorial inti, mungkin sobat bertanya-tanya:
"Kenapa harus pakai blogger.com, bang? Apa tidak ada layanan lainnya?
Nah sebenarnya selain blogger.com, masih banyak layanan pembuat website atau blog lainnya yang dapat digunakan, seperti WordPress.com atau WordPress.org dan masih banyak lagi. Tapi mohon maaf karna di artikel in saya tidak akan menjlasakan mengenai Wordpress.com ataupun Wordpress.org

Tapi, sesuai yang saya jelaskan diatas, bahwa layanan blogger.com ini sudah sangat banyak digunakan oleh Blogger Indonesia yang juga sudah memulai blogging selama bertahun tahun.

Berikut ini berapa alasannya:
  • Karena mudah digunakan
  • Karena gratis
  • Fitur pada layanan ini lumayan lengkap
  • Bisa digunakan untuk menghasilkan uang
  • Sangat aman dan terpercaya.
  • Dan masih banyak lagi
“Jadi, apakah sobat juga ingin menjadi salah satunya? Ayo langsung buat blog!
Berikut ini tutorial cara membuat website/blog gratis pribadi dengan blogger.com

Cara Membuat Website di Blogger.com

Setelah membahas tentang blogger, sekarang sampailah ke pembahasan ini, yaitu cara membuat website? Blog pribadi sobat sendiri.

Nah untuk membuat blog dengan menggunakan layanan blogger.com, sangatlah mudah.

Hal pertama yang sobat perlu siapkan adalah sebuah akun google. Saya sangat yakin, pasti sobat sudah mempunyai akun google. Tapi, jika belum, sobat bisa membuat akun google-nya terlebih dahulu di sini.

Jika akun google telah siap, selanjutnya langsung aja sobat simak langkah-langkah cara pembuatan blog berikut ini dengan teliti.

#1. Pertama, kunjungi https://blogger.com di tab baru di browser sobat ini.

#2. Setelah itu, login menggunakan akun google sobat dengan mengklik tombol “BUAT BLOG” yang terdapat pada bagian tengah atau pada bagian sudut kanan atas halaman.

#3. Setelah login, silahkan sobat isi kotak teks yang ada di sebelah kiri halaman dengan nama sobat. Setelah itu klik “Lanjutkan ke Blogger”

Nama ini nantinya akan tampil pada widget profil di blog sobat jika blog sobat sudah selesai dibuat.

#4. Selanjutnya, pada bagian tengah halaman silahkan sobat klik ”BUAT BLOG BARU”

#5. Berikutnya, masukan judul blog, alamat blog, dan pilih tema yang ingin digunakan di blog sobat nantinya. Setelah itu silahkan klik “BUAT BLOG”
Saran
Saran saya, buat judul blog dan alamat blog mengunakan kata yang sedikit sama atau sepenuhnya sama. Tujuannya agar blog yang sobat buat sedikit terlihat profesional. Agar tidak bingung contohnya seperti blog ini.
Judul blog: Bang Feri Blog
Alamat blog: Bangferi.blogspot.com
#6. Blog sobat telah jadi. Untuk melihat blog silahkan sobat klik tombol “Lihat blog” yang terdapat pada sisi kiri atas (tepat di bawah judul blog)

Memahami Menu-Menu Pada Blogger

Nah setelah sobat berhasil membuat website pribadi, selanjutnya bagi sobat yang masih baru bergabung dalam dunia blogging mungkin bertanya seperti ini:
“Bagaimana cara menggunakan menu-menunya, bang? Saya masih bingung
Jika sobat masih merasa kebingungan dalam menggunakan menu-menu yang tersedia di sebelah kiri dashboard, sobat tidak perlu khawatir, karna sesuai dengan penjelasan yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa,”layanan blogger itu sangat mudah digunakan” bagi pemula sekali pun. Sebenarnya menu-menu ini sangat penting untuk dipahami karna nantinya dapa mempermudah sobat dalam mengurus blog.
Cara membuat website pribadi gratis

Berikut penjelasan lengkap mengenai menu-menu yang terdapat di Blogger.com
  • Daftar Blog
    Disebelah kiri atas terdapat menu daftar blog yang bisa sobat gunakan jika sobat ingin melihat daftar blog yang dimiliki atau jika sobat ingin membuat sebuah blog baru.
  • Postingan
    Menu ini fungsinya untuk melihat daftar postingan artikel yang sobat buat
  • Statistik
    Menu yang satu ini fungsinya untuk menampilkan statistik dari blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah postingan yang telah ditayangkan, sumber pengunjung, dan lain sebagainya
  • Komentar, Menu komentar digunakan untuk menampilkan semua komentar yang dari pengunjung yang masuk di blog sobat
  • Penghasilan, Menu penghasilan digunakan bisa untuk membuka akses ke Google Adsense untuk mendaftar blog ke Google adsense jika blog telah memenuhi syarat. Serta menu ini bisa digunakan untuk mengatur tampilan iklan Adsense.
  • Halaman, Menu ini digunakan untuk menampilkan atau membuat halaman statis yang ada di blog sobat. Seperti about, contact us, privacy policy, disclaimer, dan lain sebagainya.
  • Tata letak, Di menu inilah sobat bisa mengatur tampilan blog sobat, seperti memindahkan widget, membuat widget atau menghapus widget.
  • Tema, Menu yang sebelumnya di sebut dengan “Template” fungsinya untuk mengganti tema/template blog sobat. Di menu ini juga sobat bisa melakukan pengeditan tema secara langsung.
  • Setelan/Pengaturan, Terakhir, pada menu ini gunanya untuk mengatur blog sobat, seperti mengganti judul atau alamat blog, mengganti bahasa blog dan masih banyak lagi di menu ini.

Nah jadi seperti itulah penjelasan tentang fungsi menu-menu yang terdapat di bagian dashboard blogger.

Nah mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini terima kasih telah berkunjung ke artikel ini, semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat buat sobat dan banyak orang.

Saya Feri irawan. Salam Anak Bangsa!

Post a Comment for "Cara Buat Blog / Website Pribadi Gratis!"