Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Sumber Inspirasi Bisnis untuk Menemukan Ide Bisnis Terbaik Menuju Sukses


Sumber inspirasi bisnis merupakan suatu hal penting untuk Anda yang ingin memiliki usaha sendiri, dengan cepat dan tepat sehingga lebih mudah meraih kesuksesan. Selain agar bisa menjadi bagian dari orang-orang sukses, kebutuhan hidup yang semakin tinggi memang salah satu motivasi terbesar bagi seseorang untuk memiliki usaha sendiri.

Harga kebutuhan yang semakin tinggi, sementara penghasilan tak bertambah membuat banyak orang merubah haluan, dari seorang karyawan menjadi wirausaha. Selain itu tak sedikit juga yang membuka usaha untuk penghasilan sampingan saja. Memiliki sumber inspirasi bisnis tentu sangat dibutuhkan, sebab meski memiliki niat, tapi tak sedikit yang bingung hendak membuka usaha.

Ide usaha adalah suatu modal awal yang sangat penting, sebab ia merupakan haluan yang akan mengarahkan pada tindakan kita berikutnya. Ide ini pula yang akan menentukan banyak hal, mulai dari lokasi usaha, jumlah modal, peralatan yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Tanpa ide usaha, seseorang tentu akan sangat kebingungan hendak berbuat apa.

Baca Juga : Bingung Mau Usaha Apa? Ini 3 Bisnis yang Selalu Menguntungkan Sepanjang Masa

6 Sumber Inspirasi Bisnis


Berikut ini dijelaskan berbagai sumber ide usaha, yang dapat digunakan sebagai jalur untuk Anda memiliki usaha. Anda bisa memilih salah satunya, terutama yang sesuai dengan diri Anda, lingkungan, dan juga pangsa pasar yang jelas. Sebab sehebat apapun ide bisnis yang kita miliki, jika tanpa konsumen yang jelas, maka bisnis kita juga akan sulit untuk berkembang.

Jadi dalam hal ini, selain memiliki ide bisnis Anda juga harus mempertimbangkan akan banyak tidaknya minat konsumen terhadap barang atau jasa yang akan dijual.

1. Inspirasi Bisnis dari Hobi

Membuka usaha sumber inspirasinya bisa berdasarkan hobi yang Anda miliki. Ini merupakan sebuah jalan bisnis yang sangat potensial untuk menjadi perantara Anda menjadi orang sukses.

Bukan tanpa alasan, sebab jika Anda membuka bisnis berdasarkan hobi maka dalam mengerjakannya pun Anda akan sangat senang. Berbagai rintangan dalam bisnis yang dilalui juga tentu akan terasa lebih ringan, selain itu Anda pun tentu paham akan target pasarnya.

Oleh karena itu, segera temukan hobi Anda, dan teruslah mengasahnya agar semakin profesional.

Contohnya saja Anda yang sangat hobi dalam suatu bidang olahraga tertentu, maka bisa membuka toko perlengkapan olahraga. Dengan hobi yang dimiliki, maka produk yang ditawarkan toko Anda tentu akan senantiasa sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman. Selain itu, Anda juga semakin mudah melakukan promosi sebab selain penjual Anda juga adalah pengguna, dan memiliki banyak teman-teman atau jaringan yang juga menggunakan produk-produk yang Anda jual.

2. Inspirasi Bisnis dari Passion

Banyak yang keliru menganggap passion dan  hobi adalah sama. Padahal keduanya memiliki  artinya masing-masing. Hobi tidak dilakukan setiap hari, namun dalam waktu tertentu, tapi passion dapat dilakukan hampir setiap saat dan kita tidak memiliki rasa jenuh sedikit pun ketika.


Memang bisa jadi passion merupakan sesuatu yang selama ini kita anggap hobi, namun demikian hobi tidak bisa otomatis dapat kita artikan sebagai passion. Hobi umumnya akan lebih tepat jika kita anggap sebagai sesuatu untuk bersantai, melepas rasa jenuh, atau pun bersenang-senang untuk mengisi waktu luang.

Contohnya saja saya yang hobi bermain game, tidak lantas menganggapnya sebagai passion, sehingga tidak memiliki niat untuk menjadi gamer seperti facebook gaming creator yang memiliki penghasilan tinggi.

Passion itu tidaklah selalu identik dengan kegiatan bersenang-senang atau bersifat reaktif , namun juga bisa pada sesuatu yang bersifat serius. Contohnya saja saya, yang sangat senang ketika menulis, bahkan tak jarang menulis tanpa dibayar sepeserpun dibeberapa situs, namun tetap senang itu melalukannya.

Bekerja sesuai passion yang dimiliki akan membuat seseorang lebih mudah untuk berhasil. Selain selalu senang dalam menjalankan altivitasnya, berbagai hambatan yang berat sekalipun akan terasa mudah. Oleh sebab itu, temukanlah passionmu dan bangunlah bisnis yang terinspirasi darinya.

3. Inspirasi Bisnis dari Keahlian

Melihat keahlian yang dimiliki merupakan sumber inspirasi berikutnya yang juga menjanjikan. Seseorang dikatakan ahli biasanya setelah sangat terbiasa melakukannya. Selain bakat dari lahir, keahlian juga tentu bisa dipelajari, seperti melalui pendidikan formal maupun non formal.

Setelah mengetahui keahlian Anda, sebaiknya mulailah untuk berencana membangun bisnis yang sesuai dengan keahlian tersebut. Misalnya Anda yang ahli dalam bidang komputer, selain membuka jasa service, juga bisa menjual komputer dan berbagai spare part dan aksesorisnya.

4. Inspirasi Bisnis dari Peluang yang Ada


Pandai membaca peluang pasar adalah salah satu ciri dari para wirausaha sukses. Sebab dengan mampu melihat berbagai peluang yang ada, maka berarti Anda juga telah melihat banyak konsumen atau pengguna, dari usaha yang akan kita jalankan tersebut.

Contohnya saja diera internet seperti sekarang ini, salah satu peluang yang sangat masih terbuka lebar adalah menjadi seorang blogger dan YouTuber. Banyaknya pengguna yang ada, tentu bukanlah hal sulit untuk mendapatkan banyak pengunjung atau subscriber. Diantara sekian banyak orang yang telah membuktikannya adalah Eka Lesmana dibidang blog, dan Atta Halilintar dibidang YouTuber. Tak main-main, mereka mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta perbulan dari aktivitasnya tersebut.

5. Inspirasi Bisnis dari Adanya Permintaan

Salah  contoh bisnis dari permintaan biasanya saat menjelang hari-hari besar, contohnya saat menjelang lebaran, banyak orang yang menjual pakaian hingga tepo-tepi jalan. Begitupun saat hendak menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, banyak sekali yang menjual umbul-umbul, dan juga bendera merah putih. Disadari atau tidak, mereka sebenarnya sedang mempraktikan jalur bisnis dikarenakan adanya permintaan.

Baca Juga : 9 Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri yang Harus Kamu Tahu !

Jadi jika Anda ingin memiliki usaha sampingan, tidak ada salahnya untuk menekuni usaha berdasarkan permintaan dari masyarakat ini.

6. Bisnis dengan Menciptakan Kebutuhan

Peluang usaha ini mengajarkan Anda untuk memiliki keberanian tingkat tinggi dalam membuka usaha, namun jika berhasil dan tepat dibalik perjuangan luar biasa hasil kesuksesan yang diraih pun akan sangat luar biasa.

Hal ini pernah dialami alm. Bob Sadino, dimana saat itu ia memulai dengan memperkenalkan ayam negeri. Meski awalnya asing, namun waktu akhirnya mengantarkannya pada prestasi gemilang, sebab dari hari ke hari, masyarakat semakin banyak yang mengenal dan kemudian membutuhkan ayam negeri.


Baca Kisahnya : Hanya Lulusan SMA, Bob Sadino Memiliki Banyak Perusahaan dan Karyawan

Ketika pasar mampu merespon dengan baik, mendapatkan banyak keuntungan bukanlah hal yang sulit. Selain tidak adanya pesaing, Anda juga sedang membuat sebuah brand yang meski terlihat kecil, namun bisa menjadi besar dikemudian hari. Tentu saja pelanggan pun akan semakin banyak, sebab semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari siapapun.

Demikian pembahasan mengenai sumber inspirasi usaha, semoga setelah mengetahuinya Anda semakin cepat memilki usaha sendiri, sehingga bisa segera meriah kesuksesan.

Post a Comment for "6 Sumber Inspirasi Bisnis untuk Menemukan Ide Bisnis Terbaik Menuju Sukses"