Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat Persaingan dalam Berbisnis yang Akan Membuat Sukses Makin Cepat


Manfaat persaingan dalam berbisnis akan membuat Anda semakin semangat dalam berwirausaha. Selain karena banyak yang takut berwirausaha hingga mengurungkan niatnya, persaingan dalam bisnis juga tidak sedikit yang justru membuat pesimis para pelaku bisnis. Padahal sejatinya, persaingan tersebut justru memiliki banyak manfaat positif, terutama jika kita mau mengkajinya dengan seksama.

Salah satu dampak yang sangat terasa dari manfaat persaingan dalam berbisnis adalah pada majunya bisnis itu sendiri. Tanpa adanya saingan, nyatanya bisnis yang dilakukan justru lama untuk berkembang. Persaingan yang disikapi dengan bijak, sejatinya merupakan batu loncatan menuju perubahan diri dan usaha menjadi semakin berkualitas.

8 Manfaat Saingan Bisnis

Setidaknya ada 8 manfaat saingan dalam bisnis yang dapat penulis rasakan, meski yakin masih ada juga yang lainnya. Adapun manfaat tersebut adalah sebagi berikut :

1. Meningkatkan Keyakinan kepada Tuhan

Ketika Anda sedang begitu nyaman dalam berbisnis dengan omset yang lumayan besar, hingga tiba-tiba akhirnya banyak persiangan yang bermunculan di sekitar tempat usaha Anda. Selain berarti Anda telah mampu memberikan inspirasi untuk banyak orang memiliki usaha sendiri, berarti ini juga merupakan ajang menuju peningkatan derajat dan keimanan.

Saat ini terjadi penulis selalu yakin ini merupakan salah satu bentuk perhatian Tuhan, terutama untuk menguji keimanan dan keyakinan kita. Jika selama ini kita selalu yakin, bahwa usaha yang kita lakukan hanyalah perantara rezeki, dan tiada pemberi rezeki selain Tuhan Yang Maha Esa, maka niscaya sebanyak apapun saingan usaha kita, tidak akan mempengaruhi jumlah rezeki kita. Bahkan bukan hal yang sulit, jika kemudian omset kita justru senantiasa mengingkat.

Keyakinan yang sangat tinggi kepada Tuhan adalah modal utama manusia dalam berusaha dibidang apapun. Selain membuat manusia senantiasa optimis dan semangat dalam berusaha, ia juga merupakan hal utama yang akan membuat hambatan menjadi terasa lebih ringan dan mudah untuk dilewati.

Baca Selengkapnya : Cara Menarik Rezeki dengan Kekuatan Hati yang Jarang Diketahui

2. Menjadikan Kita Lebih Inovatif

Dengan memiliki pesaing, maka pikiran dan tindakan kita akan lebih terasang untuk senantiasa lebih mampu berinovasi. Dengan hal ini, maka berbagai kreasi yang lebih menarik pun akan senantiasa dapat kita munculkan.

Hal ini bahkan akan semakin terlihat ketika kita dalam kondisi terpepet, yakni ketika semakin banyak usaha sejenis dengan kita yang justru sangat berdekatan dengan bisnis yang kita jalankan. Biasanya otak kita akan lebih cerdas untuk membimbing langkah kita, sehingga selalu dapat melakukan berbagai ide baru yang membuat usaha kita lebih berkualitas dari yang lainnya.

3. Mendorong untuk Senantiasa Memberikan Pelayanan Terbaik

Manfaat persiangan dalam berbisnis berikutnya yaitu mampu memberikan dorongan untuk kita meningkatkan pelayanan. Munculnya saingan tak jarang untuk mengingatkan kita dalam hal ini. Sebab tak sedikit pelaku usaha yang asal-asalan dalam memberikan pelayanan, tapi setelah ada pesaing akhirnya ia menjadi sadar akan pentingnya pelayanan bagi kelangsungan bisnisnya.

Dengan adanya pesaing maka Anda akan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas pelayanan.  Baik dari segi kualitas produk atau jasa, maupun peningkatan dalam bersikap baik dan ramah pada setiap customer. Anda juga bisa meningkatkan pelayanan dari segi fasilitas, atau pun menawarkan fasilitas lain yang tidak ada di tempat lainnya.

4. Dapat Memberikan Motivasi yang Tinggi


Hadirnya para pesaing jika dihadapi dengan positif, maka ia memberikan motivasi yang sangat tinggi bagi para pelaku usaha. Hal ini tentu saja karena Anda akan berusaha maksimal, untuk menjaga kelangsungan bagi bisnis yang selama ini dibangun.

Selain untuk bertahan dan mampu menghadapi para pesaing dengan strategi yang tepat, Anda juga akhirnya akan semakin termotivasi untuk senantiasa dapat mengembangkan bisnis Anda. Contohnya saja seperti Anda semakin termotivasi untuk mengembangkan keunggulan yang menjadi ciri khas, dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan hal ini, maka para customer akan memiliki pertimbangan kuat untuk tidak meninggalkan produk/jasa Anda. Selain itu motivasi tinggi juga akan membuat kinerja Anda makin meningkat, sehingga waktu yang dilalui semakin produktif.

5. Memiliki Pelanggan Loyal


Dengan memiliki pesaing, sebanarnya justru akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Betapa tidak, ketika para pesaing bermunculan maka kualitas produk/jasa yang ditawarkan juga tentu akan ditingkatkan. Selain itu, pelayanan yang diberikan untuk para konsumen juga akan semakin berkualitas.

Disamping meningkatkan kualitas, Anda juga bisa mencari informasi terkait selera atau kebutuhan konsumen yang menjadi target pemasaran. Dengan hal ini maka akan mendorong untuk mendapatkan konsumen yang lotak, sehingga dapat memperkecil kemungkinan untuk mereka berpindah ke pesaing. Secara otomatis para pesaing juga akan mengalami kesulitan untuk menyaingi, sebab keloyalanan para konsumen telah benar-benar Ada dapatkan.

6. Sumber Pembelajaran dan Pengalaman

Pembelajaran dan pengalaman adalah manfaat persaingan dalam berbisnis yang juga tidak kalah penting. Ketika Anda bisa mengambil pelajaran dari kesuksesan yang telah diraih, baik oleh Anda maupun pesaing, maka sebenarnya ini adalah ajang untuk Anda bisa belajar hal lebih banyak lagi.

Dengan hal ini pula, Anda juga semakin memiliki pengalaman dan pembelajaran sebagai bekal agar bisa semakin tepat dalam bertindak. Ingatlah selalu kegagalan tidak selamanya berarti membuat gagal, ia hanyalah sebuah proses menuju kesuksesan, atau sering orang mengatakan kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Ingatlah selalu, berbisnis tidak jauh berbeda dengan kita menjalani hidup ini. Ada saat dimana kita mengalami pasang, ada juga saatnya mengalami surut. Langkah terbaik dari apapun hasil dari usaha kita, adalah menjadikannya sebagai pengalaman serta pembelajaran sehingga dapat dijadikan bekal dalam proses hidup berkutnya.

7. Memacu untuk Memilki Banyak Cabang Usaha

Persaingan yang ada, dan terus bermunculan sejatinya sedang mengasah mental kita. Dengannya mental kita dalam berwirausaha justru akan semakin kuat, sehingga tidak melihat pesiang sebagai hambatan. Dengan hal ini, maka akhirnya kita semakin berani dan optimis untuk membuka cabang usaha di berbagai tempat.

Ada atau tidaknya pesaing di tempat baru, tidak akan membuat pesimis, sebaliknya justru membuat Anda semakin kreatif dan inovatif dalam berwirausaha.

8. Termotivasi untuk Memiliki Berbagai Usaha Baru

Munculnya berbagai pesaing bisnis, selain membuat seorang pengusaha lebih kuat dan berkualitas, tak jarang ia juga mampu menjadikan seseorang memiliki berbagai jenis usaha baru. Baginya kehadiran banyak pesaing,jutsru merupakan batu loncatan untuk memiliki berbagai usaha lainnya.

Baca Juga : 6 Sumber Inspirasi Bisnis yang Akan Membuatmu Lebih Mudah Menemukan Usaha Baru dengan Tepat

Hal ini dikarenakan ia sadar, bahwa tidak selamanya suatu bisnis itu ramai, kadang ada sepi peminat. Memiliki beberapa usaha dengan tema berbeda merupakan langkah antisipasi, sehingga setiap usaha bisa saling menopang dan mencegah Anda gulung tikar karena sepi konsumen.

Demikianlah pembahasan mengenai  beberapa manfaat persaingan dalam berbisnis. Ingatlah selalu, yang terlihat menyeramkan itu tidaklah selalu memberikan dampak negatif. Jika kita senantiasa menghadapinya dengan bijak, maka sikap kebijaksanaan itu akan senantiasa menghadirkan hal-hal yang positif, tanpa terkecuali dalam persaingan bisnis.

Post a Comment for "8 Manfaat Persaingan dalam Berbisnis yang Akan Membuat Sukses Makin Cepat"