RPP Kelas 4 Tema 1, Sub Tema 1 Pembelajaran 2 Keberagaman Budaya Bangsaku
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD N KARANGBOKONG 03
Kelas/ Semester : IV / 1 (satu)
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6x 35 Menit)
Pembelajaran : 2
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianut.
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, jujur, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan persamaan antara dua rumah adat yang disajikan
3.1.2 Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang disajikan
4.1.1 Menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang rumah adat yang disajikan
MATEMATIKA
2.2 Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang daun-daun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat)
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
3.12.1 Membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku
3.12.2 Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
4.13.1 Merepresentasikan bentuk-bentuk sudut
SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
4.10 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari daerah berdasarkan ruang gerak.
3.3.1 Menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas)
4.10.1 Menggambar gerakan tari yang membentuk berbagai sudut
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan rasa ingin tau.
2. Dengan membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan rasa ingin tau
3. Setelah mengamati gambar 2 rumah adat, siswa dapat menyajikan teks laporan dengan benar.
4. Dengan bereksplorasi, siswa mampu membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan teliti.
5. Dengan bereksplorasi, siswa mampu mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan teliti.
6. Setelah bereksplorasi, siswa dapat merepresentasikan bentuk-bentuk sudut lancip, tumpul, siki-siku dengan benar
7. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari Kipas) dengan toleransi
8. Dengan penugasan, siswa dapat menggambar gerakan tari yang membentuk berbagai sudut
D. Materi Pembelajaran
1. Gambar-gambar rumah adat (buku siswa halaman 10-11)
2. Jenis-jenis sudut (buku siswa halaman 12-14)
3. Tari Kipas Pakarena (buku siswa halaman 15-17)
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode (ceramah, observasi, penugasan, diskusi, dan tanya jawab)
Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/ menalar, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1. Media: - Gambar-gambar rumah adat
2. Alat/bahan: LCD proyektor, laptop, spidol, kertas, double tape.
3. Sumber belajar:
- Kurnianingsih, Yanti, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 1 Indahnya Negeriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka. 2. Berdo’a dipimpin oleh salah satu siswa. 3. Guru melakukan presensi. 4. Bertanya jawab dengan siswa tentang rumah adat yang ada di Pulau Jawa. - Apa nama rumah adat Jawa Tengah?dst 5. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai. 6. Guru menyampaikan tujuan belajar hari ini tentang Rumah Adat yang ada di Indonesia | 15 Menit |
Kegiatan Inti | 1. Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya (mengamati) 2. Siswa membuat 2 pertanyaan berdasarkan teks tentang Rumah Panjang dan Rumah Lontik, kemudian menukarkan pertanyaan tersebut dengan teman sebelahnya untuk dijawab (menanya) 3. Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan (menalar) 4. Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama (mencoba) 5. Siswa saling mengonfirmasikan jawabannya dengan pasangannya (mengkomunikasikan) 6. Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja, dan papan tulis yang ditunjukkan guru (mengamati) 7. Siswa menerka jenis sudut pada benda itu (mencoba) 8. Siswa memperhatikan guru menunjukkan cara menghitung besar sudut benda di depan kelas untuk membuktikan jenis sudut pada benda dengan menggunakan busur (mengamati) 9. Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka dan mengisi tabel (mencoba) 10. Siswa menerka besar dan jenis sudut (sudut lancip, tumpul, dan siku-siku) sesuai dengan benda yang mereka pilih. Siswa kemudian mengurutkan benda-benda tersebut berdasarkan besar sudut (mencoba dan menalar) 11. Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda dengan cara mengukur besar sudut tiap benda dengan menggunakan busur dan memeriksa apakah terkaan mereka benar (mengkomunikasikan) 12. Siswa membaca dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks tarian tradisional. (mengamati) 13. Siswa dapat mencoba gerakan tarian tersebut dengan bimbingan guru (mengkomunikasikan) 14. Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkannya. Gambar harus memuat ketiga jenis sudut dan menyebutkan besarannya (menalar) 15. Siswa dapat mempraktikannya terlebih dahulu (mengkomunikasikan) 16. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa (mencoba dan menalar) | 175 Menit |
Penutup | 1. Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan. 2. Guru bersama siswa merangkum pembelajaran hari ini 3. Guru melakukan penilaian hasil. 4. Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut 5. Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran. | 20 Menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : percaya diri, santun, teliti.
b. Unjuk Kerja: keterampilan menceritakan kembali dengan kalimat sendiri
c. Penilaian Pengetahuan : Kuis
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap = Lembar Pengamatan terhadap Siswa di Kelas/Sekolah
No | Nama Peserta Didik | Perubahan Tingkah Laku | ||||||||||
Toleransi | Rasa Ingin Tau | Teliti | ||||||||||
BT | T | M | BT | T | M | BT | T | M | ||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||||
1. | Beni | | | | | | | | | | ||
2. | Siti | | | | | | | | | | ||
3. | Dayu | | | | | | | | | | ||
Keterangan : BT : Belum Terlihat ST : Sering terlihat M : Membudaya Berilah dengan centang (ΓΌ) pada kolom yang sesuai | ||||||||||||
Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Keterampilan = Rubrik Penilaian
Mengetahui Kepala SEKOLAH KHAERUDIN, S.Ag NIP. 19610407 198405 1 003 | ………, ……………. Guru Kelas 4 DETATANG |
LAMPIRAN = Soal Evaluasi
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara rumah adat Limasan dan Joglo!
2. Tentukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!
3. Gambarlah sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul!
4. Ukurlah dengan busur derajad sudut di bawah ini!
5. Buatlah sebuah gambar gerakan tarian yang membentuk berbagai sudut, Tuliskan masing-masing ukuran sudutnya!
Contoh gambar:
Tugas Rumah
Bersama dengan orang tua, temukan sudut sebanyak-banyaknya di sekitar rumah!
Kelompokkan ke dalam sudut lancip, tumpul, dan siku-siku!
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 1, Sub Tema 1 Pembelajaran 2 Keberagaman Budaya Bangsaku"