RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Sub Tema 1 Pembelajaran 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N KARANGBOKONG 03
Kelas/Semester : IV/1
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1 (satu)
Waktu : 6 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai kebhinneka tunggal ikaan dan keberagaman agama suku bangsa , pakaian tradisiomal, bahasa, rumah adat, sosial dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani, mengakui kesalahan, meminta maaf, dan memberi maaf sebagaimana di contohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral pancasila
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah,sekolah,dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
4.3.1 Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
4.4.1 Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
IPS.
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
4.5.1 Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata.
Seni Budaya dan Prakarya
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
2. Dengan membaca teks Mengenal Suku Minang, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3. Dengan mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4. Dengan bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5. Dengan bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.
D. Materi Ajar
Peta Budaya antara lain meliputi :
a. Pakaian adat
b. Rumah adat
c. Tarian daerah
d. Musik tradisional
e. Lagu daerah
f. Bahasa daerah
g. Upacara adat
h. Kesenian daerah
i. Senjata tradisional
j. Makanan khas, dll
2. Contoh sikap yang mencerminkan rasa bangga menjadi anak indonesia :
Ø Memakai barang produk dalam negeri
Ø Mempelajari tarian daerah
Ø Mempertunjukkan kesenian daerah di negara tetangga, dll
4. Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” Cipt AT Mahmud
E. Sumber Dan Media Pembelajaran
1. Atlas Provinsi (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua).
2. Kartu-kartu gambar (pakaian tradisional, tari daerah, rumah adat, alat musik tradisional).
3. Gambar obyek-obyek terkenal di beberapa provinsi di Indonesia
4. Lembar kegiatan (LK 1, 2, dan 3)
5. Bacaan cerita keanekaragaman suku budaya (Mengenal Suku Minang)
6. Teks lagu “Aku Anak Indonesia”
7. Teks lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”.
8. Teks lagu “Apuse”
9. Teks lagu “Bubui Bulan”
F. Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan : Saintifik (Scientific).
Metode : Diskusi (Discussion). Ceramah, Tanya Jawab, Percobaan ( Eksperiment ), dan Kunjung Karya.
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | · Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. · Hormat bendera dan menyanyikan salah satu lagu wajib · Mengecek kehadiran peserta didik · Guru menayangkan beberapa slide presentasi tentang gambar rumah adat, pakaian, tari, alat musik dan objek-objek alam terkenal dari beberapa provinsi di Indonesia. · Peserta didik mencermati gambar, kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaannya setelah melihat gambar tersebut. Misalnya rumah adat dan pakaian daerah tampak indah sekali. Perasaan menjadi bangga melihatnya. · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan materi yang akan dipelajari, yaitu keberagaman suku bangsa, mengolah informasi dengan baik, cara menghormati keberagaman, rasa bangga menjadi anak Indonesia dan membedakan tinggi rendah notasi. | 15 menit |
Inti | · Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi mencari pasangan gambar sesuai dengan provinsi dan percobaan (experiment-mengumpulkan data)) dengan bantuan Lembar Kegiatan. · Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai pendapat teman. · Peserta didik membaca dan mencermati (mengamati) kembali teks cerita tentang lingkungan sosial, yaitu identitas suku bangsa, sementara itu guru meletakkan beberapa atlas provinsi (Sumatera Barat, Bali, Sulawesi , Ambon, ) di beberapa meja peserta didik (5 meja). · Selesai kegiatan membaca, setiap peserta didik mengambil satu kartu gambar secara acak. · Dengan sungguh-sungguh dan cermat, setiap peserta didik mengamati kartu gambar tersebut, apakah gambar tersebut merupakan rumah adat, pakaian tradisional, tari daerah, atau alat musik tradisional. · Setelah diperoleh informasi gambar dan diketahui asal provinsinya, maka peserta didik mencari pasangan kartunya yang cocok dengan atlas provinsi yang terletak di meja. Contoh: kartu yang berisi alat musik Kolintang akan dibawa ke meja dimana terdapat atlas provinsi Sulawesi Utara. Setelah kegiatan mencocokan pasangan gambar selesai, peserta didik dalam kelompok provinsi mengerjakan tugas melalui diskusi dengan panduan lembar kegiatan (LK1) untuk melengkapi identitas suku bangsa agar menjadi lengkap. Hasil diskusi masing-masing kelompok dipajang di dinding kelas. (mengkomunikasikan) | 175 menit |
| · Setiap kelompok menerima LK2 untuk memandu kegiatan diskusi selanjutnya. Peserta didik diberi waktu beberapa menit untuk melakukan kunjung karya, mengamati data/informasi yang ada dalam pajangan, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mengkaji, menghubungkan dan menalar tentang adanya kesamaan identitas suku bangsa yang ada di beberapa provinsi. · Selanjutnya, dengan interaksi yang santun dan toleran di antara peserta didik terhadap berbagai pendapat, mereka merumuskan berbagai contoh perilaku (mengasosiasikan)yang harus ditunjukkan saat berinteraksi dengan masyarakat yang beranekaragaman suku, budaya, dan seni di tanah air. · Dengan menggunakan bacaan cerita tentang Keaneka ragaman suku dan budaya, setiap peserta didik dalam kelompok membaca secara cermat dan kritis untuk mencari informasi kemudian mengolahnya dalam bentuk peta pikiran. (mengolah data-mengasosiasikan) · Peserta didik diminta menyusun kalimat dalam bentuk peta pikiran dengan menggunakan kosa kata baku secara kreatif dan benar. Kalimat yang disusun sendiri itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. · Peserta didik diminta membandingkan kosa kata baku yang ditemukannya dan kalimat yang telah disusunnya dengan hasil teman dalam satu kelompok. (menalar-mengasosiasikan9) · Selesai diskusi, guru mengundi kelompok yang akan melaporkan hasil diskusinya. · Kelompok lain yang tidak bertugas melaporkan diminta mendengarkan, mencermati, menanggapi, memberikan informasi, atau saran. Kemudian bersama guru melengkapi/ menyempurnakan hasil diskusi. · Guru melakukan penilaian sikap peserta didik selama mereka diskusi. · Dilanjutkan tanya jawab secara klasikal tentang asal usul daerah masing-masing peserta didik. · Dengan menggunakan peta/atlas (Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Ambon, dan Papua) dan LK3, secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang: Ciri khas daerah dari berbagai sisi ( bangunan / rumah adat, pakaian, bahasa, makanan, nyanyian, upacara adat, dll ). · Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusinya tentang keberagaman dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, jelas, logis, dan sistematis. · Setelah selesai diskusi, setiap kelompok melaporkan hasilnya dan kelompok lain menanggapi. · Guru memfasilitasi kegiatan diskusi dan presentasi, kemudian melakukan pengamatan untuk penilaian kinerja peserta didik selama melakukan presentasi. · Peserta didik dan guru menanggapi presentasi tentang keberagaman budaya bangsa indonesia. · Laporan tertulis dari setiap kelompok dikumpulkan untuk dilakukan penilaian produk oleh guru. · Peserta didik menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa kemudian melengkapi tabel. · Tanya jawab tentang perasan mereka menjadi anak Indonesia. · Siswa diajak menyanyikan lagu “ Aku anak Indonesia “ bersama – sama. · Setiap kelompok mendiskusikan isi dan makna lagu tersebut. · Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. | |
Penutup | · Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu. · Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. · Guru melakukan penilaian · Peserta didik ditugaskan membuat kliping dengan tema Keaneka ragaman Budaya Indonesia secara individu untuk provinsi lain yang belum dibahas . · Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bersikap bijaksana. · Salam dan doa penutup. | 20 menit |
H. Penilaian.
1. TesTertulis dalambentuk uraian.
2. Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3. Penilaian kinerja presentasi.
4. Membuat kliping tentang Keanekaragaman Budaya Indonesia.
(Instrumen penilaian terlampir).
Mengetahui Kepala SEKOLAH KHAERUDIN, S.Ag NIP. 19610407 198405 1 003 | ………, ……………. Guru Kelas 4 DETATANG |
LAMPIRAN
A. Format pengamatan sikap
Nama siswa | Kerjasama | Keaktifan | Menghargai | Tanggung jawab | Ket | ||||||||||||
BT | MT | MB | MY | BT | MT | MB | MY | BT | MT | MB | MY | BT | MT | MB | MY | ||
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | |
B. Penilaian Presentasi
Format Pengamatan Presentasi Hasil Diskusi
No. | Nama Peserta Didik | A s p e k | Jumlah Skor | Nilai | ||
Penampilan (gesture) | Sistematika penyampaian | Penguasaan Materi | ||||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
Keterangan Skor :
Kriteria | Bagus | Cukup | Perlu berlatih |
Penyampaian materi | Runtut, Informasi yang disampaikan lengkap dan benar | Runtut, informasi yang disampaikan sebagian benar | Tidak runtut, Informasi yang disampaikan salah |
Aspek bahasa | Kalimat teratur, mudah dipahami, suara jelas, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, percaya diri | Kalimat dapat dipahami, menggunakan kaidah bahasa Indonesia, tetapi suara kurang jelas | Kalimat tidak teratur, suara jelas, tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia |
Penampilan | Ekspresif, percaya diri dan ada kontak mata dengan pendengar | Ekspresif, kurang ada kontak mata dengan pendengar sehingga nampak kurang percaya diri | Belum menunjukkan sikap ekspresif dan percaya diri |
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 sampai ke-4
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal = 16
Skor perolehan
Skor Maksimal
LAMPIRAN MATERI
LAGU
DARI SABANG SAMPAI MERAUKE Cipt. R. Suharjo 5 5 1 1 1 3 5 3 1 3 1 5 4 3 2 1 Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau 1 2 3 3 3 2 4 3 1 6 6 6 2 1 7 6 5 Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia 5 5 2 2 2 3 2 7 5 5 5 3 3 3 2 4 3 Indonesia tanah airku aku berjanji padamu 3 4 5 3 6 7 2 1 5 1 3 5 4 4 3 2 1 Menjunjung tanah airku tanah airku Indonesia Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu Menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia |
LEMBAR KEGIATAN (LK 1)
Kelompok :
Nama provinsi :
Petunjuk mengerjakan :
1. Baca dengan cermat wacana tentang Lingkungan sosial: Identitas Suku Bangsa !
2. Lengkapilah tabel identitas suku bangsa berikut ini sesuai dengan kelompok provinsimu !
No | Identitas suku bangsa | Nama |
1. | Rumah adat | |
2. | Pakaian adat | |
3. | Bahasa daerah | |
4. | Tari daerah | |
5. | Lagu daerah | |
6. | Makanan khas daerah | |
7. | Upacara adat | |
8. | Alat musik tradisional | |
9. | Senjata tradisional | |
10. | Kesenian daerah | |
Anggota Kelompok : 1.
2.
3.
4.
5.
LEMBAR KEGIATAN (LK 2)
Kelompok :
Nama provinsi :
Tugas:
1. Baca wacana tentang keragaman suku dan budaya di bawah ini! .
2. Temukan kosakata yang baku dan tidak baku.
3. Sempurnakan menjadi kosakata tidak baku menjadi baku.
4. Buat kalimat dari kosa kata baku yang kalian temukan dalam bacaan di atas!
5. Bandingkan kosa kata baku dan kalimat hasil kerjamu dengan hasil temanmu!
Wacana:
Keragaman Suku dan Budaya
Indonesia memiliki banyak suku yang tinggal di antara pulau-pulau. Antar suku itu memiliki adat istiadat dan budaya tersendiri. Budaya dan adat istiadat daerah dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun melalui media masa.
Setiap liburan, turis dari berbagai mancanegara justru sangat sering mengunjungi negri kita agar dapat mengabadikan keunikan dan keindahannya lewat photo.
Banyak turis yang tertarik mempelajari bahasa dan tarian daerah yang khas seperti Jawa, Minangkabau, Sunda, Batak, Madura, dan sebagainya.Jika bangsa lain mengagumi keanekaragaman suku dan budaya yang dimiliki bangsa kita, maka apa yang harus kita lakukan?
Tuangkan hasil belajarmu dalam format berikut !
No. | Kosakata baku | Kosakata tidak baku | Contoh kalimat dengan kosa kata baku |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
| | | |
LEMBAR KEGIATAN (LK 3)
Kelompok :
Nama provinsi :
Tugas :
1. Nyanyikan lagu “ Aku Anak Indonesia “
2. Simpulkan makna lagu tersebut!
3. Bagaimana sikapmu terhadap keanekaragaman bangsa Indonesia!
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Sub Tema 1 Pembelajaran 1 "