Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis.
4.1.1    Menyusun teks laporan tentang perubahan muka bumi secara lisan atau tulis.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Menjelaskan contoh sikap menghargai hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari secara lisan atau tulis.
4.2.1    Menerapkan sikap menghormati hak orang lain sebagai bentuk kewajiban sebagai anggota masyarakat.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Berlaku sportif dalam bermain.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas aktivitas fisik  dalam bentuk permaianan.
3. 5   Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5   Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1    Mengidentifikasi konsep pola dominan statis pada sikap gerak pesawat terbang.
3.5.2    Mengidentifikasi konsep pola dominan dinamis pada sikap gerak baling-baling.
4.5.1    Mempraktikkan konsep pola gerak dominan statis pada sikap gerak pesawat terbang.
4.5.2    Mempraktikkan konsep pola gerak dominan dinamis pada sikap gerak baling-baling.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya dengan tepat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menyusun teks laporan tentang perubahan muka bumi secara lisan atau tulis dengan tepat.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi konsep pola gerak dominan statis pada sikap gerak pesawat terbang dengan benar.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi konsep pola gerak dominan dinamis pada sikap gerak baling-baling dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mempraktikkan konsep pola gerak dominan statis pada sikap gerak pesawat terbang dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mempraktikkan konsep pola gerak dominan dinamis pada sikap gerak baling-baling dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat menjelaskan minimal 5 contoh sikap menghargai hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menerapkan sikap menghormati hak orang lain sebagai bentuk kewajiban di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan benar.


E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Melengkapi teks tentang perubahan rupa bumi karena angin.
2. Menyusun kata menjadi kalimat.
3. Menirukan gerak baling-baling dan gerak pesawat terbang.
4. Membuat komik tetang menghormati hak orang lain.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang pengaruh erosi oleh air terhadap perubahan rupa bumi.

10 menit
Inti
¡  Siswa mendengarkan penjelasan singkat mengenai angin sebagai sumber energi yang dapat memengaruhi perubahan bentuk muka bumi. Penjelasan dapat disertai dengan peragaan meniup benda-benda ringan hingga berpindah/ bergerak. Angin yang kencang dapat membuat beberapa ketampakan di muka bumi bergerak/ berpindah, seperti pasir di daerah padang pasir. Jika memungkinkan, guru dapat menggunakan kipas angin dan pasir sebagai objek percobaan. (Mengamati) dan (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membaca dan melengkapi teks yang rumpang dengan kata yang tepat berdasarkan informasi yang sudah didengar. Guru dapat menyediakan kartu kata yang ditempelkan di papan tulis untuk membantu penjelasan dalam melengkapi teks bacaan pada buku siswa tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok disediakan kartu-kartu kata yang dapat dirangkai menjadi sebuah kalimat terkait dengan tema. Bisa juga setiap kelompok membuat kartu kata sendiri sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru. (Mengasosiasi)
¡  Siswa berlatih membuat kalimat sambil bermain dalam kelompok dengan menyusun kartu kata. (Mengekplorasi)
¡  Setiap kelompok berkompetisi untuk membuat kalimat dari kata yang diberikan. Kelompok yang pertama bisa menyusun kartu kata menjadi sebuah kalimat adalah pemenangnya.
¡  Selesai bermain siswa diminta mengerjakan latihan menyusun kata menjadi kalimat pada buku teks siswa.
¡  Siswa berlatih menirukan gerak benda-benda yang dapat dipengaruhi oleh angin, misalnya gerak baling-baling, dan gerak pesawat terbang, dan lain-lain.
¡  Gerak baling-baling dilakukan dengan melompat sambil berputar 450, 900 atau 1800. Tangan boleh di samping tubuh atau direntangkan. Kemudian mendarat dengan kedua kaki.
¡  Siswa dapat menirukan gerak pesawat terbang dengan merentangkan tangan di samping, dan mengangkat sebelah kaki kebelakang. Perlahan-lahan badan dibungkukkan hingga lurus seperti badan pesawat terbang.
¡  Siswa dapat mencoba menirukan mulai dari gerakan sederhana hingga yang lebih kompleks dengan menggunakan meja atau balok keseimbangan.
¡  Siswa diminta menyebutkan jenis pekerjaan yang bergantung pada kondisi alam, seperti angin, cuaca dan iklim yang mereka ketahui.
¡  Siswa mendengarkan cerita guru tentang salah satu bidang pekerjaan yang dipengaruhi oleh keadaan angin, contohnya nelayan. Termasuk hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai seorang nelayan. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan guru bahwa bekerja dalam bidang yang disukai masing-masing adalah hak setiap warga negara, asalkan pekerjaan tersebut tidak merugikan kepentingan orang lain. Hal ini sesuai dengan nilai sila kelima Pancasila.
¡  Siswa diingatkan bahwa menghormati hak orang lain merupakan bentuk kewajiban setiap orang. Hal ini sesuai dengan nilai sila kelima Pancasila.
¡  Siswa dimotivasi untuk bertanya mengenai contoh-contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap dan perilaku menghormati hak orang lain. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa berkreasi membuat komik sederhana tentang cerita/peristiwa yang mencerminkan sikap menghormati hak-hak orang lain. Sebelumnya guru memberi contoh membuat komik dan menjelaskan mengenai komik sebagai cerita bergambar, di mana tokoh-tokoh dalam cerita melakukan dialog/percakapan. (Mengekplorasi)
¡  Setelah selesai siswa dapat mewarnai komiknya dan menempelkan karyanya di papan pajangan.
¡  Sebagai kegiatan alternatif siswa dapat diminta untuk menceritakan komik buatannya di depan kelas sementara siswa lain memberikan tanggapan.
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahami dan kesulitan yang dihadapi. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari.
¡  Guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah dipahami dan kesulitan yang dihadapi.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan doa kembali.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kartu Kata
¡  Pasir
¡  Kipas angin
¡  Balok kesetimbangan/meja
¡  Kantong plastik bekas
¡  Boneka kecil
¡  Benang
¡  Gunting

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam melengkapi teks rumpang, dan menyusun kalimat.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam melakukan kegiatan berikut.
• Menirukan gerak baling-baling, dan kapal terbang
• Membuat komik

Lembar Pengamatan Menirukan Gerak Baling-Baling dan Kapal Terbang
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Ketepatan dalam melakukan gerakan kapal terbang


2
Ketepatan dalam melakukan gerakan baling-baling


3
Antusiasme dalam mengikuti senam


4
Ketertiban dalam mengikuti kegiatan



Rubrik Membuat Komik
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Ide cerita
Sesuai dengan tema, berkesinambungan/ runut
Sesuai tema, dan setengah bagian cerita runut
Sesuai tema dan tidak runut
Tidak sesuai tema dan tidak runut
Gambar dan pewarnaan
Sesuai dengan isi cerita, kreatif dan rapi
2 kriteria terpenuhi
1 kreteria terpenuhi
Tidak ada kriteria yang dipenuhi
Antusias dalam diskusi kelompok dan membuat komik
Selalu  antusias selama kegiatan berlansung
Menunjukkan antusiasme pada sebagian besar kegiatan
Hanya antusias pada sebagian kecil kegiatan
Tidak menunjukkan  antusias selama kegiatan berlang- sung




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2015
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 2"