Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Membaca teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya dengan lancar sesuai intonasi dan lafal yang tepat.
4.1.1    Mengurai gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyusun pola bilangan hasil operasi hitung perkalian.
4.2.1    Membuat model operasi perkalian yang tepat sebagai bentuk penjumlahan berulang dari permasalahan sehari-hari.
4.2.2    Menerapkan metode hitung cepat pada operasi perkalian 1-10.


SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
4.13       Membuat karya kerajinan anyaman dengan bahan alam atau buatan dari lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1    Mengidentifikasi bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
4.13.1 Membuat pola untuk karya kerajinan teknik menganyam dengan memanfaatkan bahan alam atau buatan..

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya dengan lancar sesuai intonasi dan lafal yang tepat.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengurai gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi denganbenar jenis bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya dengan tepat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat membuat pola untuk karya kerajinan teknik menganyam dengan memanfaatkan bahan alam atau buatan sesuai instruksi dengan benar.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat membuat model operasi perkalian yang tepat sebagai bentuk penjumlahan berulang dari permasalahan sehari-hari dengan benar.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun pola bilangan hasil operasi hitung perkalian dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menerapkan metode hitung cepat pada operasi perkalian 1-10 dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks tentang perubahan rupa bumi akibat pasang surut air laut.
2. Menyusun kalimat tanya berdasarkan teks yang di baca.
3. Membuat anyaman.
4. Berlatih hitung cepat pada pola perkalian dengan jari tangan.
5. Melengkapi pola bilangan hasil perkalian.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang pengaruh angin terhadap perubahan muka bumi.
¡  Bila memungkinkan guru membawa potongan berita yang terkait dengan materi yang akan dipelajari. Misalnya, potongan berita dari koran tentang adanya air laut yang pasang

10 menit
Inti
¡  Siswa diminta membaca teks tentang perubahan muka bumi karena pengaruh pasang surut air laut dengan suara nyaring secara bergantian. (Mengamati)
¡  Siswa dan guru bersama-sama mendiskusikan isi teks mengenai pasang surut air laut dan dampaknya terhadap perubahan bentuk muka bumi. (Mengkomunikasikan) dan (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagaimana membuat pertanyaan dengan menggunakan kata tanya. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih membuat pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan menggunakan kata tanya “ apa, mengapa, bagaimana, kapan dan di mana”.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa fase perubahan bentuk bulan mempengaruhi fenomena pasang surut air laut. Gaya tarik bulan menyebabkan terjadinya pasang naik dan kemudian terjadi pasang surut saat bulan bergerak ke arah belahan bumi yang lain. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang fase bulan dan menyebutkan fase-fase bulan yang mereka ketahui berdasarkan pengamatan sehari-hari. (Menanya)
¡  Siswa membuat bentuk-bentuk fase bulan dari anyaman sederhana. (Mengekplorasi)
¡  Siswa bisa membuat bentuk-bentuk lain, seperti bintang, bunga, hewan dan lainlain sebagai alternatif.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang metode hitung cepat dalam perkalian dengan menggunakan bantuan hitungan jari tangan atau “skip counting.” Metode tersebut menerapkan prinsip pola barisan bilangan. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih dengan mempraktikkan langsung metode hitung cepat menggunakan jari tangan dalam menghafal perkalian dan menyelesaikan soal perkalian. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dapat diajak untuk mengingat perkalian dengan menggunakan nyanyian atau mengubah lirik lagu yang sudah familiar untuk memudahkan menghafal masing-masing perkalian.
¡  Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu melengkapi pola bilangan hasil perkalian. (Mengekplorasi)
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahami dan kesulitan yang dihadapi siswa. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari.
¡  Guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah dipahami dan kesulitan yang dihadapi siswa.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan berdoa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kertas warna
¡  Karton hitam
¡  Lem
¡  Gunting

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil siswa melakukan latihan menyusun kalimat tanya, dan menyelesaikan soal perkalian.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam membuat anyaman. Berikut ini kriteia penilaiannya.
Rubrik Anyaman
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kerapihan
Seluruh hasil anyaman rapi.
Sebagian besar hasil anyaman rapi.
Kurang dari setengah hasil anyaman terlihat rapi
Tidak rapi
Pola  yang dibuat
Membentuk pola  dan konsisten
Membentuk pola  dan sebagian besar konsisten
Membentuk pola,
kurang dari setengah pola anyaman konsiten
Belum bisa membuat pola
Ketepatan waktu
Selesai tepat waktu
Selesai lebih dari setengah roncean dapat di selesaikan
Kurang dari setengah roncean yang dapat diselesaikan
Tidak selesai


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,    Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 3"