Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyusun teks laporan berdasarkan pengamatan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis
4.1.1    Menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menjelaskan contoh sikap saling peduli dan kasih sayang terhadap orang lain sebagai pengamalan Pancasila sila kedua.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan sikap kasih sayang dan peduli terhadap orang lain dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah..
4.1.2    Menerapkan sikap saling saling peduli dan kasih sayang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Berlaku sportif dalam bermain.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas aktivitas fisik  dalam bentuk permaianan.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan awas bencana.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan awas bencana.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat menyusun teks laporan berdasarkan pengamatan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat menjelaskan contoh sikap saling peduli dan kasih sayang terhadap orang lain sebagai pengamalan Pancasila sila kedua dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan sikap kasih sayang dan peduli terhadap orang lain dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah dengan lancar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menerapkan sikap peduli dan kasih sayang terhadap sesama sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan awas bencana dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan awas bencana dengan tepat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengamati gambar dan menceritakan pengamatan berdasarkan gambar.
2. Berlatih menjadi reporter berita.
3. Menuliskan pengalaman saat membantu orang lain yang mengalami musibah.
4. Menggambar dan menyebutkan bunyi sila kedua Pancasila.
5. Bermain awas bencana.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang pengaruh pasang surut air laut terhadap perubahan muka bumi.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang kondisi suatu daerah sebelum dan sesudah terjadi gempa. (Mengamati)
¡  Mintalah siswa menceritakan dengan bahasa sendiri mengenai gambar yang diamati.
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai apa saja yang mereka ketahui tentang bencana gempa, disertai dengan contoh. (Menanya)
¡  Siswa juga bisa mendengarkan cerita guru tentang beberapa kejadian gempa bumi yang pernah terjadi di Indonesia. (Mengamati)
¡  Siswa diminta menjelaskan bagaimana gempa bumi dapat menyebabkan terjadi perubahan pada muka bumi. (Pergeseran tanah longsor/amblas dan kerusakan bangunan dapat terjadi karena gempa) (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta membaca teks laporan berita pada buku siswa.
¡  Siswa berlatih menjadi reporter dan membaca laporan berita dengan suara nyaring dan menggunakan intonasi dan pemenggalan kalimat yang tepat.
¡  Agar lebih menarik dan variatif, siswa bisa diminta membawa teks berita sendiri dari rumah yang sudah diagendakan sebelumnya, sesuai dengan tema “Rupa Bumi”. Ruang kelas dapat disetting sebagai ruang siaran dengan beberapa siswa yang berperan sebagai sutradara dan juru kamera.
¡  Setelah berlatih siswa diminta untuk berperan sebagai reporter yang membacakan laporan berita dan kemudian melaporkan berita di depan kelas.
¡  Siswa diingatkan pentingnya memanjatkan doa kepada Tuhan agar kita terhindar dari bencana seperti gempa, banjir dan lain-lain. Selain itu, siswa diingatkan bahwa menolong orang yang terkena musibah atau bencana dianjurkan Tuhan. Bahwa Tuhan juga menyuruh manusia untuk selalu membantu orang lain yang mengalami musibah/bencana. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membuat contoh sikap/memberikan pendapat mengenai hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama yang mengalami bencana atau peduli terhadap korban bencana. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menulis cerita tentang pengalamannya membantu orang lain yang mengalami musibah atau bencana. Jika tidak ada, dapat diganti dengan pengalaman sehari-hari membantu orang yang membutuhkan kesulitan, seperti meminjamkan alat tulis kepada teman sebangku, bersedekah kepada pengemis, dan lain-lain.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa Tuhan selalu mengajarkan manusia untuk saling peduli dan berkasih sayang dengan sesama, hal ini juga sesuai dengan nilai Pancasila sila kedua. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa sikap peduli dan berkasih sayang terhadap sesama merupakan sikap yang diajarkan Tuhan dan juga sesuai dengan nilai Pancasila sila kedua. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk menggambarkan lambang sila kedua Pancasila dan menuliskan bunyinya.
¡  Siswa dan guru bersama-sama mendiskusikan makna lambang dan sila kedua Pancasila.
¡  Kemudian guru meminta siswa memberikan beberapa contoh sikap yang sesuai dengan sila kedua tersebut.
¡  Siswa bermain permainan “Awas Bencana.” (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari.
¡  Kemudian guru dan siswa melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahamidipahami dan kesulitan yang dihadapi.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan doa kembali.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil kegiatan siswa pada saat menyebutkan contoh sikap dan menceritakan pengamatan sehari-hari tentang peduli dengan korban bencana.

3.    Penilaian Keterampilan
1. Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan berikut.
2. Bercerita.
3. Menulis.
4. Memainkan permainan awas bencana.

Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.


Rubrik Menulis
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan mendeskripsikan daerahnya.
Deskripsi detail, kesesuaian isi dengan tema, runut.
Memenuhi 3 kriteria.
Memenuhi 2 kriteria.
Memenuhi 1 kriteria saja.
Tata bahasa.
Seluruh struktur kalimat dan tata bahasa benar.
Sebagian besar kalimat dan tata bahasa benar
.
Kurang dari setengah tulisan menggunakan kalimat dan tata bahasa benar.
Kalimat dan tata bahasa belum menggunakan bahasa Indonesia
yang  baik  dan benar.
Jumlah kata/ kalimat.
Menggunakan 75 kata atau lebih.
Menggunakan 60-75 kata.
Menggunakan 40-60 kata.
Kurang dari  40 kata.


Lembar Pengamatan Permainan
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Kemampuan untuk memainkan permainan awas bencana sesuai instruksi.


2
Kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok.


3
Antusias siswa dalam bermain.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 4"