Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.
3.1.2    Mengurai gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi.
4.1.1    Memberikan tanggapan terhadap teks laporan yang didengar.
4.1.2    Menceritakan kembali isi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian  bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyebutkan contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan seharihari sebagai pengamalan sila kedua Pancasila.
4.2.1    Menampilkan sosiodrama tentang pentingnya kasih sayang dan membantu orang lain.
4.2.2    Menerapkan sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengamalan nilai Pancasila.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi pola operasi hitung pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian.
4.2.2    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi teks laporan tentang perubahan rupa bumi secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah mendengar teks, siswa mampu mengurai gagasan pokok dari teks laporan tentang perubahan rupa bumi dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan teks, siswa mampu memberikan tanggapan terhadap teks laporan yang didengar dengan bahasa yang baik dan santun dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan teks, siswa mampu menceritakan kembali isi teks laporan tentang perubahan rupa bumi dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu menyebutkan contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengamalan sila kedua Pancasila dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa mampu menampilkan sosiodrama tentang pentingnya kasih sayang dan membantu orang lain dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu menerapkan sikap kasih sayang dan membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengamalan nilai Pancasila dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mengidentifikasi pola operasi hitung pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian yang sesuai dengan tepat.
¡  Setelah berlatih, siswa mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian dengan tepat.
¡  Setelah berlatih, siswa mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian dengan tepat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks cerita tentang perubahan rupa bumi akibat gunung meletus.
2. Bermain peran tentang bencana alam.
3. Mengidentifikasi pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
4. Berlatih perkalian sambil bermain menuju pusat bumi.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang pengaruh gempa terhadap perubahan muka bumi.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar pada buku siswa mengenai perubahan yang terjadi pada gunung Krakatau sebelum dan setelah letusan. (Mengamati)
¡  Guru meminta siswa mengajukan pertanyaan terkait gambar yang sudah diamati. (Menanya)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai apa saja yang mereka ketahui tentang letusan gunung berapi, disertai dengan contoh.
¡  Siswa juga bisa mendengarkan cerita guru tentang beberapa kejadian gunung meletus yang pernah terjadi di Indonesia. (Mengamati)
¡  Siswa diminta menjelaskan pendapat mereka dengan bahasa sendiri bagaimana gunung meletus dapat menyebabkan terjadi perubahan pada muka bumi. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru mengenai Gunung Krakatau dan Anak Krakatau. Kemudian, siswa diminta memberikan tanggapannya secara lisan atau tertulis.
¡  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar. (Menanya)
¡  Siswa mengamati gambar para siswa yang sedang mengumpulkan bantuan di posko bencana. (Mengamati)
¡  Siswa diminta memberikan pendapat mengenai apa saja yang bisa mereka lakukan untuk membantu para korban bencana. (Mengekplorasi)
¡  Sebagai kegiatan alternatif, jika memungkinkan siswa dimotivasi untuk ikut berpartisipasi membantu korban bencana atau orang-orang lain yang membutuhkanpertolongan di sekitar mereka, dengan mengumpulkan sumbangan dana, pakaian, perlengkapan sekolah, dan lainlain. Kemudian, sumbangan tersebut disalurkan ke posko-posko atau lembaga sosial terkait.
¡  Siswa menceritakan dan melaporkan kegiatan yang sudah mereka lakukan sebagai bentuk partisipasi membantu korban bencana. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta untuk membuat drama singkat/dialog berdasarkan gambar dan cerita yang sudah di dengar di dengar sebelumnya mengenai bencana gunung meletus.
¡  Siswa membentuk kelompok dan bermain peran/menampilkan drama singkat dengan teman kelompoknya.
¡  Siswa mendengarkan permasalahan atau soal cerita tentang operasi pembagian yang berkenaan dengan bencana, dan memberikan saran atau alternatif pemecahan masalah yang sesuai. (Mengamati)
¡  Siswa diingatkan kembali menyelesaikan soal pembagian dengan menggunakan konsep pembagian sebagai operasi kebalikan dari perkalian.
¡  Siswa diminta untuk melengkapi tabel perkalian agar bisa membantu menyelesaikan soal pembagian. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat di buku siswa.
¡  Untuk pengayaan, siswa diajak bermain sambil berlatih menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian. Permainan ini menggunakan papan permainan yang terdapat pada buku siswa.
¡  Siswa membentuk kelompok dan bermain permainan “Menuju Pusat Bumi”
¡  Setiap pemain meletakkan pion pada titik Mulai/ Start.
¡  Pemain bergantian melempar dua buah dadu dan menjumlahkan angka pada kedua dadu tersebut.
¡  Kemudian pemain mengalikan angka hasil penjumlahan tersebut dengan 6 dan bergerak maju ke tempat yang menunjukkan hasil perkalian tersebut.
¡  Pemain pertama yang mencapai pusat atau inti bumi adalah pemenangnya.
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah difahami dan kesulitan yang dihadapi. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari.
¡  Guru dan siswa melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah dipahami dan kesulitan yang dihadapi.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan doa kembali.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Dadu dan pion

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian dan perkalian

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam melakukan kegiatan berikut.
1. Bermain peran
2. Bercerita
3. Permainan Menuju Pusat Bumi

Rubrik Bermain Peran
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penguasaan
dialog
Siswa hafal seluruh dialog.
Siswa hafal
sebagian besar dialog.
Siswa hafal
sebagian kecil dialog.
Siswa belum
hafal dialog.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog.
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi dialog namun belum konsisten.
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi dialog.
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang  sesuai dengan isi dialog.
Intonasi suara
Suara dapat di dengar seluruh kelas.
Suara dapat di dengar oleh sebagian besar siswa di kelas.
Suara dapat di dengar oleh sebagian kecil siswa di kelas.
Suara tidak terdengar.

Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran
dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan
atau tidak terdengar.


Lembar Pengamatan Permainan Menuju  Pusat  Bumi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan
bantuan guru.
Belum
menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara,
intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang
kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.

Lembar Pengamatan Permainan Menuju  Pusat  Bumi
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Kemampuan untuk memainkan permainan sesuai instruksi.


2
Kemampuan untuk bekerjasama dengan kelompok.


3
Antusias siswa dalam bermain.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,    Februari 2015
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 5"