Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyusun teks laporan yang berisi informasi tentang perubahan rupa bumi.
4.1.1    Menceritakan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan dengan lancar.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari sesuai konteks/tema.
3.2.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang hak dan kewajiban dalam masyarakat sesuai konteks.
4.2.1    Mengamalkan sikap dan perilaku tanggung jawab menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari.


Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi operasi hitung perkalian dan pembagian berdasarkan soal cerita.
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehai-hari yang berkaitan dengan perkalian.
4.2.2    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pembagian.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah berlatih, siswa mampu menyusun teks laporan yang berisi informasi tentang perubahan rupa bumi dengan benar.
¡  Setelah membuat buku saku, siswa mampu menceritakan isi teks laporan tentang rupa bumi sesuai gambar pada buku saku dengan tepat dan lancar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari sesuai konteks/tema dengan tepat.
¡  Setelah memperhat ikan contoh, siswa mampu menceritakan hasil pengamatan tentang hak dan kewajiban dalam masyarakat sesuai konteks dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mengamalkan sikap dan prilakuperilaku tanggung jawab menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
¡  Setelah membaca teks soal, siswa mampu mengidentifikasi operasi hitung yang tepat tentang perkalian dan pembagian berdasarkan soal cerita dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan perkalian dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan pembagian dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Melengkapi bagan kesimpulan tentang perubahan rupa bumi.
2. Membuat buku saku “Aku Sayang Bumiku.”
3. Bercerita dari gambar pada buku bumi.
4. Menyelesaikan soal cerita perkalian dan pembagian.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.

10 menit
Inti
¡  Siswa dan guru bersama-sama mengulang kembali materi pelajaran mengenai perubahan bentuk muka bumi serta penyebabnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diminta untuk menuliskan kesimpulan dalam bagan yang tersedia. Siswa dapat membuat bagan terpisah di kertas karton dan kemudian mengkreasikan dan menghiasnya untuk dipajang. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap orang berkewajiban menjaga lingkungan dan alam di sekitarnya sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan pada manusia. (Mengamati)
¡  Siswa diminta menyebutkan hal-hal apa saja yang seharusnya dan sudah mereka lakukan untuk membantu menjaga lingkungan sekitar. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membuat buku bumi mengenai hal positif yang dapat mereka lakukan untuk menjaga agar bumi tidak rusak.
¡  Siswa melengkapi buku bumi, melipat dan menggunting pada bagian yang ditandai serta menyatukan dengan tali/benang sehingga  menjadi buku saku.
¡  Siswa diminta untuk saling berbagi cerita dengan temannya mengenai buku bumi dan apa yang akan dan sudah mereka lakukan untuk menjaga bumi. (Mengasosiasi)
¡  Buku bumi dapat menjadi buku saku yang menjadi refleksi siswa. Siswa diminta untuk memberi tanda centang pada buku buminya jika mereka sudah melakukan hal-hal yang terdapat pada buku tersebut.
¡  Siswa mereview kembali materi tentang perkalian dan pembagian. Kemudian menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan pembagian pada buku siswa. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari. Kemudian guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah dipahami dan kesulitan yang dihadapi.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan doa kembali.

10 menit



H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Karton
¡  Gunting
¡  Stapler
¡  Alat mewarnai

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang perkalian, dan melengkapi bagan kesimpulan.
1. Menyelesaikan soal cerita tentang perkalian.
2. Melengkapi bagan kesimpulan.



3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa bercerita dengan buku bumi.
Rubrik Bercerita dengan Buku Bumi
Rubik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kesesuaian cerita.
Cerita sesuai dengan tema dan gambar.
Sebagian besar cerita sesuai dengan gambar.
Kurang dari setengah cerita yang sesuai dengan gambar.
Belum bisa bercerita sesuai gambar.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar
jelas hingga seluruh ruang kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.

Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial dilakukan dengan kegiatan berikut.
•   Mengulas kembali penjelasan tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila.
•   Mengulas kembali materi tentang perkalian dan pembagian bilangan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
Kegiatan pengayaan dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berikut.
•   Berkunjung ke platerium atau museum geologi.
•   Menonton film dokumenter tentang perubahan ketampakan muka bumi.
•   Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sosial membantu korban bencana.
•   Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sosial membersihkan lingkungan.

Refleksi
Guru melakukan refleksi berkaitan dengan proses pembelajaran yang sudah dilakukan bersama-sama siswa. Refleksi bagi guru, antara lain berkaitan dengan hal-hal berikut.
•   Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
•   Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus?
•   Hal-hal apa saja yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan?
•   Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan lebih efektif?


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin, S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,     Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP


Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 6"