Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 3                   :  Perubahan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup,  energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengurai gagasan pokok dari isi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis.
4.1.1    Menyusun teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancer.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2    Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menemukan sifat perkalian sebagai penjumlahan berulang.
4.2.1    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
3.1.2    Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat gambar dekoratif.
4.1.1    Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengurai gagasan pokok dari isi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya dengan tepat.
¡  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyusun teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya sesuai instruksi.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat gambar dekoratif dengan benar.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat membuat pola untuk gambar dekoratif sesuai konteks.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat menemukan sifat perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks tentang perubahan rupa bumi karena air.
2. Melakukan percobaan pengaruh erosi air terhadap perubahan rupa bumi.
3. Menuliskan teks laporan hasil pengamatan berdasarkan percobaan.
4. Membuat gambar dekoratif dengan tema hewan dan tumbuhan.
5. Melengkapi tabel terkait konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
6. Menyelesaikan soal perkalian yang terkait dengan kegiatan sehari-hari.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa membuka pelajaran dengan ucapan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan topik yang akan dibahas serta kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang rupa bumi.

10 menit
Inti
¡  Sebelum materi pembelajaran dimulai guru dapat menyiapkan beberapa guntingan artikel singkat dari koran, majalah atau internet terkait dengan perubahan rupa/kulit bumi. Misalnya, pembentukan gunung baru, tanah amblas, longsor, pendangkalan sungai. dan lain-lain. (Mengkomunikasikan)
¡  Sebagai pengantar materi atau kegiatan alternatif pembuka bisa dengan meminta siswa berkelompok dan kemudian membaca artikel yang dibawa dan dibagikan oleh guru. Siswa dapat berdiskusi dan memberikan analisa sederhana tentang isi artikel tersebut.Kemudian menceritakan kembali isi artikel di depan kelas secara bergantian.
¡  Siswa menjawab pertanyaan pembuka dari guru mengenai apakah bentuk muka bumi kita bisa berubah-ubah? Siswa diminta memberikan alasan dan contoh dari setiap jawaban. (Menanya)
¡  Siswa mendengarkan dan memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru mengenai inti dalam bumi yang selalu bergerak dan sangat panas. Pergerakan inti bumi juga menyebabkan pergeseran pada kulit luar/muka bumi. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang penyebab terjadinya perubahan bentuk muka bumi yang terdapat dalam artikel yang sudah dibaca oleh siswa. (Menanya)
¡  Masing-masing siswa membaca teks wacana pada buku siswa tentang perubahan muka bumi akibat erosi air.
¡  Siswa menjawab pertanyaan mengenai isi teks secara mandiri.
¡  Siswa diminta untuk melakukan percobaan tentang bagaimana air dapat menyebabkan perubahan bentuk muka bumi. (Mengekplorasi)
¡  Minta siswa untuk bekerja berkelompok. Setiap kelompok menyiapkan tanah berbentuk bukit di atas baki atau papan. Kemudian bukit tanah tersebut disiram dengan air.
¡  Minta siswa mengamati dan menuliskan hasil pengamatannya pada buku siswa. (Mengamati) dan (Mengekplorasi)
¡  Siswa memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru bahwa erosi air dapat menyebabkan beberapa perubahan pada bentuk muka bumi. Perubahan tersebut bisa berbentuk pendangkalan/sedimen atau banjir dan tanah longsor. (Mengasosiasi)
¡  Berdasarkan pengamatan terhadap percobaan, guru mengarahkan siswa berdiskusi untuk mencari solusi bagaimana mencegah terjadinya erosi air sehingga bencana banjir dan longsor bisa dihindari.
¡  Siswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan yang diberikan guru tentang hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah erosi, misalnya menanam pohon, membersihkan sampah di lingkungan sekitar, dan sebagainya.
¡  Siswa diminta menjelaskan pentingnya turut serta dalam menjaga lingkungan dan mengajak teman dan keluarga mereka dalam menjaga lingkungan. Menyayangi hewan dan tumbuhan adalah bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati lingkungan sekitar terutama berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar sekolah atau tempat tinggal mereka. (Mengamati)
¡  Siswa membuat gambar dekoratif dengan motif hewan dan tumbuhan seperti contoh.
¡  Siswa dapat menggambar/melukis menggunakan berbagai alat lukis dan pewarna, seperti pensil, crayon, cat atau lainnya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diingatkan bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya banjir adalah sampah. Guru memberikan informasi kepada siswa bahwa berdasarkan hasil penelitian ternyata setiap orang rata-rata menghasilkan 2 kg sampah setiap harinya.
¡  Siswa melakukan wawancara dengan teman-temannya mengenai jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah mereka. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menghitung jumlah rata-rata sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh setiap keluarga per hari dan per minggu berdasarkan hasil wawancara dengan temannya. Minta siswa untuk hanya menuliskan nama teman yang memiliki jumlah anggota keluarga yang berbeda saja.
¡  Siswa melengkapi tabel penghitungan sampah  rata-rata setiap keluarga hasil wawancara dengan teman. Untuk melengkapi tabel siswa diingatkan untuk melakukan penghitungan perkalian seperti contoh.
¡  Siswa juga diingatkan kembali konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
¡  Siswa dapat mengamati contoh-contoh lain yang diberikan oleh guru dengan menggunakan media gambar. (Mengamati)
¡  Siswa mengerjakan latihan soal tentang perkalian pada buku siswa. (Mengekplorasi)
¡  Jika memungkinkan guru dan siswa bersama-sama membahas latihan tentang perkalian yang sudah dikerjakan siswa. (Mengasosiasi) dan (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama materi yang sudah dipelajari.
¡  Kemudian guru dan siswa bersama-sama melakukan evaluasi tentang kegiatan atau materi yang sudah dipahami dan kesulitan yang dihadapi.
¡  Kegiatan ditutup dengan salam dan doa kembali.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Artikel dari koran/majalah/internet
¡  Hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
¡  Pensil warna/crayon/cat
¡  Baki berisi tanah
¡  Air

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
a. Penilaian sikap santun dilakukan saat kegiatan menulis bagian-bagian surat pribadi dengan bahasa sendiri yang santun.
b. Penilaian sikap teliti dilakukan saat kegiatan belajar membaca dan menentukan jam.
c. Penilaian sikap percaya diri dilakukan saat kegiat an meniru gerakan berdasarkan pengamatan ter hadap permainan Petak Jongkok.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan cara berikut.
1. Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan.
2. Menyelesaikan soal perkalian.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa membuat karangan.

Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan menuliskan deskripsi laporan hasil pengamatan.
Deskripsi rinci, kesesuaian isi dengan
pengamatan, runut.
Memenuhi 2 dari  3 kriteria.
Memenuhi 1 kriteria saja.
Tidak ada kriteria yang dipenuhi.
Tata bahasa.
Seluruh struktur kalimat dan tata bahasa benar.
Sebagian besar kalimat dan tata bahasa
benar.
Kurang dari setengah tulisan menggunakan kalimat dan tata bahasa benar.
Kalimat dan tata bahasa belum menggunakan bahasa Indonesia
yang  baik  dan benar.
Jumlah kata/kalimat.
Menggunakan 75 kata atau lebih.
Menggunakan 60-75 kata.
Menggunakan 40-60 kata.
Kurang dari  40 kata.

Rubrik Menggambar Dekoratif
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesuaian dengan tema
Memenuhi semua kriteria
Memenuhi tiga dari empat kriteria
Dua  kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Menggunakan lebih  dari  tiga kombinasi bentuk
Memenuhi semua kriteria
Memenuhi tiga dari empat kriteria
Dua  kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Menggunakan lebih  dari  tiga kombinasi warna
Memenuhi semua kriteria
Memenuhi tiga dari empat kriteria
Dua  kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Kerapihan dalam berkarya
Memenuhi semua kriteria
Memenuhi tiga dari empat kriteria
Dua  kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,    Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 3 : Perubahan Rupa Bumi, Pembelajaran 1"