Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis.
3.1.2    Menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar
4.1.1    Menulis teks laporan tentang rupa bumi dengan bahasa yang baik dan benar.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4    Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3    Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.4    Menstimulasi bentukbentuk kebersatuan dan keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1    Mengidentifikasi keberagaman suku dan budaya di lingkungan sekolah dan masyarakat.
3.4.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan masyarakat.
4.3.1    Menunjukkan sikap menghargai dalam berinteraksi dengan beragam orang yang berbeda.
4.4.1    Saling menghargai perbedaan dalam keragaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.11 Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku.
4.10 Menghasilkan berbagai bangun datar yang di peroleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Mengidentifikasi sudut tumpul, lancip dan sikusiku pada berbagai jenis bangun datar.
4.10.1 Menggambar bangun datar yang memiliki sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menulis teks laporan tentang rupa bumi dengan bahasa yang baik dan benar.
¡  Setelah bertanya, siswa dapat menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan secara lisan atau tulis dengan lancar sesuai tema.
¡  Setelah mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman suku dan budaya di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan masyarakat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai dalam berinteraksi dengan beragam orang yang berbeda.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menerapkan sikap saling menghargai perbedaan dalam keragaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat mengidentifikasi sudut tumpul, lancip, dan siku-siku pada berbagai jenis bangun datar dengan benar.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar bangun datar yang memiliki sudut lancip, tumpul, atau siku-siku dengan tepat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengamati perbedaan berbagai bentuk ketampakan rupa bumi daratan dan perairan.
2. Membuat kalimat dengan kata-kata tentang ketampakan rupa bumi.
3. Bercerita tentang perbedaan suku, budaya dan bahasa.
4. Mencocokkan gambar pakaian adat dengan suku bangsa di Indonesia.
5. Menjiplak peta Indonesia.
6. Menggambar bangun datar dengan berbagai jenis sudut.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan doa bersama.
¡  Guru menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.

10 menit
Inti
¡  Sebagai pengantar materi guru dan siswa bersamasama menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke”. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengamati gambar penampang bentuk rupa bumi daratan/pulau yang terdapat pada buku siswa dan mereview materi sebelumnya tentang bentuk muka bumi. (Mengamati)
¡  Siswa menuliskan nama bentuk ketampakan rupa bumi yang terlihat pada gambar dengan urutan yang sesuai. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dipandu untuk membuat contoh kalimat sederhana dari nama-nama bentuk rupa bumi yang dapat mereka temukan sebelumnya pada gambar.
¡  Siswa menuliskan minimal 5 kalimat dari kata yang sudah mereka temukan pada buku siswa. Setiap kalimat minimal terdiri dari 4 kata.
¡  Siswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan guru tentang wilayah kepulauan Indonesia sebagai negara kesatuan yang dikelilingi oleh lautan. Masyarakat Indonesia tersebar di berbagai pulau dan wilayah dari Aceh hingga Papua. Setiap daerah memiliki bahasa dan budaya yang berbeda pula. (Mengamati) dan (Mengasosiasi)
¡  Siswa diingatkan bahwa perbedaan adalah kekayaan bangsa dan rahmat dari Tuhan agar kita saling mengenal. Meskipun masyarakat Indonesia berbeda suku, budaya dan bahasa, namun tetap satu bangsa dan tanah air yaitu Indonesia. Meskipun berbeda harus tetap menjalin persatuan.
¡  Siswa diminta untuk menyebutkan contoh-contoh perbedaan suku, bahasa, dan budaya di Indonesia yang mereka ketahui. Siswa yang berbeda bahasa dan suku bangsa di kelas dapat berbagi cerita dengan teman-temannya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa salah satu perbedaan yang dimiliki antarsuku termasuk perbedaan desain pakaian daerah/pakaian adatnya. (Mengamati)
¡  Siswa memasangkan gambar pakaian adat suatu daerah dengan suku bangsa yang memakainya.
¡  Siswa diminta untuk menuliskan beberapa contoh sikap menghargai perbedaan dalam keberagaman, yang sudah mereka lakukan di lingkungan sekolah atau di rumah. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati peta negara Indonesia dan mengidentifikasi beberapa rupa bumi yang teramati dari peta tersebut, seperti dataran tinggi, dataran rendah, gunung, sungai, danau, dan laut. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk laut, pulau, dan sumber daya alam lainnya.
¡  Siswa bekerja berkelompok untuk menggambar/ menjiplak peta Indonesia dengan menggunakan kertas kalkir/kertas tipis.
¡  Siswa menggambar beberapa bangun datar beraturan dan tidak beraturan di kertas berpetak pada buku siswa. Siswa dapat mewarnai gambarnya untuk membedakan satu bangun dengan bangun lainnya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diingatkan menggunakan penggaris untuk menggambar garis lurus.
¡  Selanjutnya, siswa diminta menentukan sudut yang terbentuk dari masing-masing bangun tersebut.
¡  Guru dapat memberikan instruksi yang lebih spesifik mengenai gambar yang diinginkan. Misalnya, gambar sebuah segitiga yang memiliki sudut tumpul, gambar sebuah segi empat sembarang/tidak beraturan yang memiliki tiga sudut lancip, dan sebagainya. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagaimana mengukur sudut dengan satuan tidak baku. Guru dapat memberikan penjelasan dengan menggunakan kertas berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian sehingga terbentuk beberapa sudut pada lingkaran, seperti contoh yang terdapat pada buku siswa. Satu bagian lingkaran dianggap sebagai 1 satuan sudut. (Mengamati) dan (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa diminta memotong satu satuan sudut dari lingkaran tersebut. Satuan sudut tersebut digunakan untuk mengukur dan membandingkan besar sudut pada bangun-bangun yang lain.
¡  Siswa mengerjakan latihan tentang pengukuran sudut pada buku siswa, kemudian mendiskusikan hasilnya bersama-sama di kelas. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari hari itu sebelum mengakhiri kegiatan.
¡  Siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran.
¡  Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.
¡  Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Peta Indonesia

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, yaitu mengerjakan soal tentang sudut pada bangun datar, bersatu dalam keberagaman dan menyebutkan bagian-bagian relief muka bumi

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam membuat peta
Rubrik Peta
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Komposisi dan proporsi.
Kesesuaian bentuk, proporsional, lengkap.
2 dari  3 kriteria di samping terpenuhi.
1 kriteria terpenuhi.
Tidak ada kriteria yang terpenuhi.
Kerapian
dan pewarnaan.
Seluruh peta dapat dijiplak dan diwarnai dengan rapi.
Sebagian besar peta dapat dijiplak dan sudah diwarnaidengan rapi.
Kurang dari setengah peta dapat dijiplak dan diwarnai dengan rapi.
Tidak rapi dalam menjiplak.
Waktu.
Selesai tepat waktu.
Sebagian besar jiplakan selesai.
Kurang dari setengah jiplakan yang selesai.
Tidak selesai.

Kegiatan Remedial
Remedial dapat dilakukan sebagai berikut.
•   Mengulas kembali penjelasan tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila.
•   Mengulas kembali materi tentang sudut pada bangun datar.
•   Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
•   Pengayaan dapat dilakukan sebagai berikut:
•   Berkunjung ke museum geologi atau berbagai tempat yang menunjukkan perbedaan relief dan topografi alam.
•   Membuat “scrap book” atau kliping tentang ketampakan muka bumi.

Refleksi
Refleksi dapat dilakukan sebagai berikut.
•   Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
•   Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus?
•   Hal-hal apa saja yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan?
•   Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan lebih efektif?


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.A.g )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP


Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 6"