Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis..
4.1.1    Menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar.
4.1.2    Memberikan tanggapan terhadap teks laporan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan santun secara lisan atau tulis.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi bunyi dan lambang sila kelima Pancasila.
3.1.2    Menjelaskanciri dan manfaat bersikap adil sesuai sila kelima.
4.1.1    Melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima.
4.1.2    Memberikan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila sesuai konteks/tema.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.11       Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku.
4.10       Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Menentukan sudut lancip, siku-siku dan tumpul pada bangun datar tidak beraturan.
4.10.1 Membandingkan sudut pada bangun datar tidak beraturan.
4.10.2 Menggambar berbagai bentuk bangun datar tidak beraturan dan mengidentifikasi sudut yang terbentuk.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis dengan lancar.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat memberikan tanggapan terhadap teks laporan yang dibaca dengan bahasa yang baik dan santun secara lisan atau tulis dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi bunyi dan lambang sila kelima Pancasila dengan tepat.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan ciri dan manfaat bersikap adil sesuai sila kelima dengan tepat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan instruksi siswa dapat memberikan contoh sikap yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan sudut lancip, siku-siku dan tumpul pada bangun datar tidak beraturan dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat membandingkan sudut pada bangun datar tidak beraturan sesuai contoh dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat menggambar berbagai bentuk bangun datar tidak beraturan untuk mengidentifikasi sudut yang terbentuk dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks tentang ketampakan rupa bumi perairan.
2. Menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata pada teks bacaan.
3. Diskusi tentang sikap dan prilaku yang sesuai dengan sila ke-5 Pancasila.
4. Mengidentifikasi/membuat bangun datar beraturan dan tidak beraturan.
5. Menentukan dan membandingkan sudut pada bangun datar tidak beraturan.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan doa bersama.
¡  Guru menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Siswa dan guru mengulang sekilas pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar pada buku siswa tentang bentuk permukaan bumi di dasar laut. Guru dapat menanyakan kepada siswa hal-hal apa saja yang dapat me  reka amati dari gambar. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk menjelaskan dengan bahasa sendiri persamaan dan perbedaan bentuk permukaan bumi daratan dan permukaan bumi perairan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dan guru bersama-sama membahas tentang relief muka bumi di dasar laut, di mana terdapat gunung laut, palung, lubuk, dangkalan, dan lain-lain.
¡  Siswa membaca teks di buku siswa tentang salah satu bentuk permukaan bumi perairan di Indonesia dengan suara nyaring. Teks wacana dapat diganti dengan teks lain yang sesuai. (Mengamati)
¡  Setelah membaca teks, siswa mendaftar kata-kata baru atau kata-kata sulit yang mereka temui pada teks tersebut dan menuliskannya.
¡  Siswa diajak untuk mencari tahu arti dan makna dari setiap kata dengan menggunakan kamus Bahasa Indonesia.
¡  Siswa berpasangan masing-masing membuat pertanyaan sesuai dengan teks yang sudah dibaca. (Mengasosiasi)
¡  Setelah menuliskan pertanyaan,mintalah siswa untuk memberikan daftar pertanyaan tersebut kepada pasangannya untuk dijawab. Masing-masing siswa akan menuliskan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh teman/ pasangannya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diarahkan untuk belajar mengemukakan pendapat dalam menanggapi sebuah pernyataan.
¡  Siswa diingatkan bahwa setiap orang boleh berbeda pendapat satu sama lain, apakah setuju atau tidak setuju dengan sebuah pernyataan. Tetapi, setiap pendapat harus disertai alasan yang akan menguatkan pendapat tersebut.
¡  Siswa berlatih memberikan pendapat secara lisan terhadap contoh pernyataan yang dilontarkan oleh guru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berlatih untuk menuliskan pendapatnya terhadap pernyataan yang ditulis pada buku siswa seperti contoh yang diberikan. Setiap pendapat harus disertai alasan pendukung.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa wilayah Indonesia sangat kaya, baik di daratan maupun perairan. Setiap wilayah di Indonesia berhak dan berkewajiban untuk mengembangkan potensinya masing-masing. Negara juga harus memberikan perhatian dan perlakuan yang adil kepada semua warga negara di setiap daerah tersebut. Misalnya, setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, baik yang tinggal di kota atau di desa, di pantai atau di gunung. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk menyampaikan pendapatnya mengenai arti dan makna keadilan. Bahwa bersikap adil adalah perintah Tuhan dan sesuai dengan nilai Pancasila. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan dengan pengamalan keadilan sosial, kemudian menyebutkan bunyi serta lambangnya.
¡  Siswa diminta berdiskusi mengenai bunyi dan lambang sila kelima serta makna keadilan menurut pendapat masing-masing siswa. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mengamati gambar pada buku siswa, dan mendiskusikan sikap dan prilaku yang mencerminkan keadilan. Siswa diminta untuk menuliskan kalimat yang menjelaskan masingmasing gambar dan memberi tanda centang untuk gambar yang menunjukkan perilaku adil. (Mengamati)
¡  Setelah itu, siswa mendiskusikan tentang ciri-ciri dan manfaat bersikap adil terhadap sesama, disertai contoh sikap dan perilaku yang mencerminkan keadilan sesuai dengan sila kelima Pancasila. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian dan memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain.
¡  Selesai berdiskusi siswa, diminta untuk mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu mengidentifikasi dan menjelaskan gambar yang sesuai dengan prinsip keadilan.
¡  Siswa diingatkan bahwa adil juga berarti menjalankan aturan dan menghormati hak-hak orang lain.
¡  Siswa mengamati dan mengidentifikasi hewan air yang membentuk pola bangun datar beraturan dan tidak beraturan. Ada bagian tubuh hewan-hewan tersebut yang membentuk sudut. Misalnya, bintang laut dan beberapa jenis ikan. (Mengamati) dan (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta untuk mengamati jumlah sudut dan jenis sudut yang terbentuk pada pola gambar hewan tersebut. Adakah sudut lancip, tumpul, maupun siku-siku? (Mengamati) dan (Menanya)
¡  Siswa mengamati lingkungan sekitar dan mengidentifikasi contoh bangun datar beraturan dan tidak beraturan yang serta mencoba menggambarkannya. (Mengamati)
¡  Siswa juga dapat diminta untuk membuat sebuah bangun datar tidak beraturan dari kertas dengan menggunakan gunting dan penggaris.
¡  Selanjutnya, siswa mengidentifikasi jenis sudut yang dimiliki bangun datar tersebut dan membandingkannya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta untuk menghitung jumlah sudut dan membandingkan besar sudut yang terbentuk pada bangun-bangundatar tidak beraturan yang terdapat pada buku teks.
¡  Siswa diarahkan untuk dapat menyimpulkan bahwa bangun datar yang memiliki jumlah sisi yang sama belum tentu memiliki besar sudut yang sama. (Mengasosiasi)

 190 Menit
Penutup
¡  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari, sebelum mengakhiri kegiatan.
¡  Siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran.
¡  Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan, dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.
¡  Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar beberapa hewan laut

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil siswa melakukan kegiatan berikut.
1. Membuat pertanyaan sesuai teks.
2. Identifikasi dan menjelaskan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila sila kelima.
3. Mengidentifikasi dan mengurutkan sudut pada bangun datar tidak beraturan.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan diskusi bersama teman-temannya.
Rubrik Menulis Diskusi
No
Nama
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


2
Partisipasi dalam bertanya


3
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan






Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,    Februari 2016
Guru Kelas III



(De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 5"