Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  4
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menguraikan gagasan pokok mengenai isi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis.
4.1.1    Menyusun teks laporan berdasarkan gambar yang diamati sesuai tema.
4.1.2    Menceritakan kembali isi teks laporan secara lisan sesuai dengan tema.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Memberikan contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua.
4.1.1    Menceritakan sikap dan prilaku kasih sayang dan membantu sesama sesuai dengan Pancasila sila kedua..
4.1.2    Menerapkan sikap dan prilaku kasih sayang dan membantu orang lain sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2    Bertanggung jawabterhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6    Disiplin selama melakukan aktivitas fisik.
3.7    Mengetahui konsep gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas air.
4.7    Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas air.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1    Mengetahui manfaat melakukan aktivitas mengambang dan meluncur di air dalam aktivitas air.
4.7.1    Mempraktikkan gerak dasar mengambang di air secara mandiri.
4.7.2    Mempraktikkan gerak dasar meluncur di air secara mandiri.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat menguraikan gagasan pokok terkait isi teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyusun teks laporan berdasarkan gambar yang diamati sesuai dengan instruksi.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menceritakan kembali teks laporan secara lisan sesuai dengan instruksi.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa mengetahui manfaat melakukan aktivitas mengambang/mengapung dan meluncur di air dalam aktivitas air.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar mengambang/mengapung di air secara mandiri.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar meluncur di air secara mandiri.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menyebutkan minimal 5contoh sikap kasih sayang dan membantu orang lain sesuai denganpengamalan Pancasila sila kedua.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan contoh sikap dan perilaku kasih sayang dan membantu sesama sesuai dengan Pancasila sila kedua berdasarkan pengalamannya.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menceritakan sikap dan pengalaman dalam menerapkan sikap dan perilaku kasih sayang dan membantu orang lain sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks mengenai ketampakan rupa bumi perairan.
2. Berlatih mengambang dan meluncur di air.
3. Melengkapi cerita mengenai sikap dan prilaku kasih sayang dan membantu orang lain sesuai Pancasila.
4. Bercerita tentang pengalaman membantu atau dibantu oleh orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan doa bersama.
¡  Guru menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Siswa dan guru mengulang sekilas pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.

10 menit
Inti
¡  Siswa diminta untuk menyampaikan hal apa saja yang sudah mereka ketahui tentang rupa bumi perairan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa membaca dan memahami teks yang terdapat pada buku siswa tentang muka bumi perairan, kemudian menjawab pertanyaan sesuai dengan teks tersebut pada buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru dan memberikan tanggapan tentang jenis-jenis dan karakteristik sederhana mengenai rupa bumi perairan (laut, danau, sungai, dan rawa).
¡  Siswa mengidentifikasi gambar dan menuliskan nama bentuk muka bumi perairan yang terdapat pada buku siswa sesuai gambar. (Mengekplorasi)
¡  Kegiatan dapat ditambahkan dengan mengenal nama-nama bentuk muka bumi perairan (nama sungai, nama danau dan lain-lain) yang ada di sekitar tempat tinggal siswa.
¡  Sebagai pengayaan dan informasi tambahan bagi siswa, diperkenalkan beberapa fakta unik atau menarik seputar bentuk muka bumi perairan di wilayah Indonesia. Misalnya, danau Toba sebagai danau terluas di Indonesia dan di tengah danau terdapat sebuah pulau. Sungai-sungai di Kalimantan dijadikan sebagai pasar dan media transportasi antarwilayah, dan lain sebagainya.
¡  Siswa diminta menyebutkan aktivitas apa saja yang biasanya sering dilakukan di air, termasuk di laut, sungai, dan danau. Salah satu kegiatan di air adalah berenang. Guru memberi penjelasan bahwa kemampuan berenang sangat diperlukan untuk bisa bertahan di air dan bisa membantu mengatasi ketakutan/fobia saat berada di dalam air. Keahlian pertama yang harus dipelajari dalam berenang adalah mengambang/mengapung dan meluncur di air. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengikuti instruksi serta contoh yang diberikan guru untuk persiapan melakukan aktivitas di air, termasuk pemanasan yang tepat. (Mengamati)
¡  Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai pentingnya keterampilan berenang. Kemampuan berenang diperlukan untuk menjaga diri. Selain itu, kemampuan berenang diperlukan untuk membantu orang lain dan untuk  pekerjaan-pekerjaan tertentu. Misalnya: penjaga pantai, penyelam, dan angkatan laut. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mulai belajar mengambang/mengapung dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: (Mengekplorasi)
-     Berdiri di tepi kolam yang dangkal. Menghadap ke dinding kolam.
-     Bungkukkan badan sampai kepala masuk ke dalam air.
-     Pegang dinding kolam dengan kedua tangan dan luruskan badan ke belakang.
-     Gerakan kaki secara bergantian ke atas dan ke bawah.
¡  Untuk gerakan meluncur dapat dilatih tanpa gerakan kaki dengan langkah sebagai berikut:
-     Berdiri tegak di pinggir kolam dengan mengangkat satu kaki yang ditempelkan ke dinding kolam.
-     Bungkukkan badan ke depan dan luruskan tangan ke depan.
-     Dorong maju dengan kaki yang menempel di dinding kolam.
¡  Jika ternyata di sekolah tidak ada kolam renang, siswa dapat berlatih gerakan meluncur dan mengambang diatas meja atau bangku panjang, atau bisa disebut dengan “renang kering.”
¡  Siswa mengamati gambar tentang beberapa sikap dan perilaku kasih sayang dan membantu orang lain yang kesulitan. (Mengamati)
¡  Siswa juga diingatkan bahwa membantu teman yang belum bisa mengambang/mengapung dan meluncur di air termasuk hal positif. Saling membantu dan berbagi ilmu dan pengalaman juga termasuk dalam pengamalan sila Pancasila.
¡  Siswa melengkapi cerita sesuai gambar pada buku siswa tentang perilaku senang menolong atau membantu sesama.
¡  Siswa diingatkan kembali bahwa Tuhan mengajarkan manusia untuk saling mengasihi dan tolong menolong dalam kebaikan.
¡  Guru dan siswa berdiskusi tentang sila serta lambang Pancasila yang sesuai dengan sikap kasih sayang dan membantu sesama. (Mengekplorasi) dan (Mengasosiasi)
¡  Setelah melengkapi teks cerita, mintalah siswa menceritakan pengalamannya ketika dibantu ataupun membantu orang lain.
¡  Sebelumnya siswa diminta untuk menuliskan pengalamannya saat dibantu maupun membantu orang lain, termasuk keluarga, teman, tetangga atau orang tidak dikenal. Kemudian siswa diminta memilih salah satu dari pengalaman tersebut untuk diceritakan di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dapat menuliskan dan menceritakan pengalaman sederhana yang terjadi sehari-hari, seperti meminjamkan alat tulis kepada teman, membantu petugas piket di kelas, membantu guru mengumpulkan kertas ulangan, dan lain sebagainya. Siswa dipancing untuk menceritakan bagaimana perasaan mereka saat membantu dan dibantu oleh orang lain, serta bagaimana sikap yang baik saat menerima bantuan. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari hari itu sebelum mengakhiri kegiatan.
¡  Siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran.
¡  Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan, dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.
¡  Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kolam renang

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang terdapat pada buku siswa.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan kegiatan berikut.
• Mengambang dan meluncur di air
• Bercerita

Lembar Pengamatan Mengambang dan Meluncur di Air
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Ketepatan posisi badan saat mengambang dan meluncur.


2
Kepercayaan diri dan keberanian.


3
Ketertiban saat beraktivitas.



Rubrik Bercerita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.
Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.
Terlihat ragu-ragu.
Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
Volume suara, intonasi dan ekspresi.
Volume dan intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,    Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP


Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 4"