Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Membaca teks laporan informatif tentang rupa bumi dengan intonasi dan lafal yang tepat.
3.1.2    Menulis teks laporan informatif sesuai tema menggunakan bahasa yang baik dan benar.
4.1.1    Memberikan tanggapan terhadap teks laporan tentang rupa bumi yang didengar secara lisan atau tulis dengan bahasa yang baik dan benar.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.11 Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku.
4.10 Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Mengidentifikasi sudut tumpul, lancip dan siku-siku pada berbagai jenis bangun datar beraturan.
3.11.2 Mengidentifikasi jenis bangun datar berdasarkan karakteristik sudut yang dimilikinya.
4.10.1 Melipat atau menggunting bangun datar untuk menentukan karakteristik sudut yang dimiliki oleh bangun baru hasil melipat atau menggunting

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
4.14       Membuat karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan dari lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1    Mengidentifikasi bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
3.4.2    Mengidentifikasi alat dan media untuk mengolah bahan alam dan buatan menjadi sebuah karya seni.
4.14.1 Membuat pola untuk karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat membaca teks laporan informatif tentang rupa bumi dengan intonasi dan lafal yang tepat.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menulis teks laporan informatif sesuai tema menggunakan bahasa yang baik dan benar.
¡  Setelah mendengarkan teks, siswa dapat memberikan tanggapan terhadap teks laporan tentang rupa bumi yang didengar secara lisan atau tulis dengan bahasa yang baik dan santun.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi alat dan media untuk mengolah bahan alam dan buatan menjadi sebuah karya seni.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat membuat pola untuk karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan sesuai instruksi.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi sudut tumpul, lancip, dan siku-siku pada berbagai jenis bangun datar beraturan dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat mengidentifikasi jenis bangun datar berdasarkan karakteristik sudut yang dimilikinya sesuai instruksi.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat melipat atau menggunting bangun datar untuk menentukan karakteristik sudut yang dimiliki oleh bangun baru hasil melipat atau menggunting dengan tepat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Diskusi mengenai makna yang terkandung pada sebuah teks puisi.
2. Menulis dan mendeklamasikan puisi.
3. Meronce dengan menggunakan bahan alam/buatan.
4. Mengidentifikasi bangun datar yang memiliki sudut dari lingkungan sekitar.
5. Menentukan jenis sudut pada berbagai jenis bangun datar beraturan.
6. Membentuk sudut dengan melipat atau menggunting bangun datar.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa bersama-sama membuka pelajaran dengan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati guru mencontohkan cara membaca puisi dengan suara nyaring menggunakan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk mencoba membaca dan memahami isi puisi tentang negeri yang indah yang terdapat pada buku siswa. (Mengekplorasi)
¡  Siswa juga bisa berdiskusi tentang arti dan makna kata serta makna yang terkandung dalam puisi tersebut.
¡  Siswa membuat sebuah puisi tentang bumi. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan karangan yang sudah mereka buat sebelumnya mengenai keistimewaan daerahnya masing-masing. Setiap baris puisi dimulai dengan huruf yang disediakan.
¡  Setiap siswa diminta maju ke depan kelas untuk membacakan puisinya dengan intonasi dan lafal yang tepat dan suara yang nyaring, sementara siswa lain mendengarkan dan menanggapi. beberapa contoh batuan dan bahan-bahan lain beserta alat yang biasanya dipakai untuk meronce. Meronce dapat menggunakan bahan yang banyak terdapat di lingkungan sekitar. Misalnya, kerang, manik-manik, kertas, biji-bijian (biji karet, petai cina, dan lain-lain) serta jarum dan benang nilon.
¡  Siswa mengamati jenis batu-batuan yang dibawa guru ke kelas dan mendengarkan penjelasan guru bahwa batuan adalah salah satu bentuk kekayaan alam. (Mengamati)
¡  Siswa kemudian mendengarkan penjelasan singkat dari guru mengenai terbentuknya batuan, yaitu karena energi yang sangat panas dari dalam perut bumi. Batu-batuan tertentu dapat dijadikan hiasan atau dibuat perhiasan karena bentuk dan warnanya yang indah.
¡  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang bagaimana cara merangkai batu-batu tersebut dengan jarum dan benang sehingga menjadi rangkaian pola yang menarik dan indah. Rangkaian ini kemudian dapat dibentuk menjadi gelang, kalung, hiasan pintu, hiasan lampu, dan lain-lain.
(Catatan: untuk kegiatan meronce bahan yang digunakan sebaiknya yang sudah ada lubangnya seperti manik-manik atau biji-bijian yang mudah ditusuk jarum.
¡  Siswa dapat meronce dengan mengombinasikan / mengkreasikan beberapa jenis bahan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diajak keluar kelas atau bisa juga diajak mengamati gambar poster ketampakan rupa bumi dan memperhatikan bentuk pola bangun datar yang terlihat dari ketampakan rupa bumi yang mereka amati.
¡  Siswa dan guru bersama-sama mereview kembali tentang jenis-jenis bangun datar yang sudah mereka kenal, beserta dengan ciri-cirinya (jumlah sisi dan sudut). (Mengasosiasi)
¡  Siswa diminta menyebutkan contoh bentangan alam di sekitar mereka yang menyerupai pola bangun datar yang sudah mereka kenal sebelumnya. Siswa diminta untuk menjelaskan alasan dari contoh yang mereka berikan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa memerhatikan gambar beberapa bangun datar yang terdapat pada buku siswa dan menyebutkan bangun yang memiliki sudut lancip, siku-siku, dan tumpul. (Mengamati)
¡  Siswa menghitung jumlah sudut lancip, siku-siku, dan tumpul pada setiap bangun dan kemudian melengkapi tabel yang terdapat pada buku siswa.
¡  Jika memungkinkan siswa dan guru bersama-sama mendiskusikan tabel hasil pengamatan siswa. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diminta untuk membuat 3 bangun datar dari kertas. Bangun pertama dilipat/digunting dengan posisi sembarang sehingga membentuk dua bangun datar yang baru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa kemudian membandingkan sudut yang terbentuk dari bangun sebelumnya dengan sudut dari bangun yang baru. (Mengasosiasi)
¡  Bangun kedua dilipat/digunting dengan posisi lipatan melintang diagonal dari salah satu sudut ke sudut lainnya. Seperti sebelumnya, siswa membandingkan besar dan jenis sudut yang terbentuk, apakah lancip, siku-siku, atau sudut tumpul.
¡  Siswa diminta untuk melipat/menggunting bangun yang ketiga dengan membagi dua sama besar salah satu sudut pada bangun datar tersebut. Berikan waktu kepada siswa untuk menemukan caranya membagi dua sudut tanpa dipandu. Guru dapat membantu siswa yang kesulitan dan membutuhkan bantuan jika diperlukan. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Sebelum mengakhiri kegiatan, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari hari itu. Selanjutnya, siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran. Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Contoh-contoh bentuk bangun datar dari kertas karton.
¡  Batu-batuan/kerang/manik-manik untuk meronce

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatui M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tertulis pada latihan buku siswa, yaitu menghitung jumlah sudut lancip, siku-siku, dan tumpul pada bangun datar.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan kegiatan berikut.
• Membaca puisi
• Menulis puisi
• Meronce
• Berikut ini rubrik kriteria penilaiannya.
Rubik Membaca Puisi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Intonasi dan ekspresi.
Intonasi dan ekspresi sesuai tema puisi  dan konsisten.
Intonasi dan ekspresi sesuai tema puisi  dan konsisten.
Intonasi dan ekspresi sesuai tema puisi  dan konsisten.
Intonasi dan ekspresi sesuai tema puisi  dan konsisten.
Pelafalan .
Jelas  dan konsisten.
Jelas  dan sebagian besar konsisten.
Kurang dari setengah puisi yang dilafalkan dengan jelas.
Tidak bisa membaca puisi.
Percaya diri.
Suara keras, konsisten, tidak ragu- ragu.
Suara keras, tidak konsisten, tidak ragu- ragu.
Suara keras, tidak konsisten dan ragu-ragu.
Suara pelan, tidak konsisten dan ragu- ragu.

Rubrik Menulis Puisi
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kesesuaian puisi  dengan tema.
Semua kriteria terpenuhi
Dua  dari tiga kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Tidak ada kriteria yang terpenuhi
Diksi/pilihan kata sesuai dengan bahasa baku.
Semua kriteria terpenuhi
Dua  dari tiga kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Tidak ada kriteria yang terpenuhi
Memiliki sajak.
Semua kriteria terpenuhi
Dua  dari tiga kriteria terpenuhi
Hanya satu kriteria yang terpenuhi
Tidak ada kriteria yang terpenuhi

Rubrik Meronce
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kerapihan
Seluruh hasil roncean tersusun rapi.
Sebagian besar hasil roncean tersusun rapi.
Sebagian kecil dari hasil roncean tersusun rapi.
Tidak rapi.
Pola  yang dibuat
Membentuk pola,
konsisten dan menggunakan lebih  dari
2 jenis bentukyang berbeda.
2 kriteria disamping terpenuhi.
1 kriteria terpenuhi.
Belum bisa membuat pola.
Ketepatan waktu
Selesai tepat waktu.
Selesai lebih dari setengah roncean dapat diselesaikan.
Kurang dari setengah roncean yang  dapat diselesaikan.
Tidak selesai.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 3"