Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis.
4.1.1    Menulis teks laporan berdasarkan pengamatan tentang rupa bumi dengan bahasa yang baik dan benar.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.3    Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4    Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3    Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
4.4    Menstimulasi bentukbentuk kebersatuan dan keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1    Mengidentifikasi keragaman budaya dan tempat tinggal individu di lingkungan masyarakat.
3.3.2    Saling menghargai perbedaan dalam keragaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.1    Mengidentifikasi sikap dan prilaku yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dan masyarakat.
4.3.1    Menyebutkan manfaat saling menghargai perbedaan dalam keragaman antarindividu.
4.4.1    Menunjukkan sikap menghargai dalam berinteraksi dengan beragam orang yang berbeda.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2    Bertanggung jawabterhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3    Menghargai perbedan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6    Disiplin selama melakukan aktivitas fisik.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan lompat tali.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan lompat tali.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan teks, siswa dapat menulis teks laporan berdasarkan pengamatan tentang rupa bumi dengan bahasa yang baik dan benar.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi keragaman budaya dan tempat tinggal individu di lingkungan masyarakat dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menerapkan sikap saling menghargai perbedaan dalam keragaman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mengidentifikasi minimal 5 contoh sikap dan prilaku yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dan masyarakat dengan benar.
¡  Setelah berdiskusi siswa dapat menyebutkan manfaat saling menghargai perbedaan dalam keragaman antarindividu dengan tepat dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai dalam berinteraksi dengan beragam orang yang berbeda di lingkungan sekolah dan masyarakat dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan lompat tali dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor pada permainan lompat tali dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks tentang ketampakan muka bumi daratan.
2. Menulis cerita tentang keistimewaan daerah masing-masing.
3. Bermain lompat tali.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa bersama-sama membuka pelajaran dengan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.

10 menit
Inti
¡  Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa dan menceritakan apa saja yang dapat mereka amati dari gambar tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru tentang di mana tempat tinggal manusia sejak zaman dahulu sampai sekarang. Apakah umumnya manusia hidup dan menetap di daratan atau di perairan? Bisakah manusia tinggal di kutub, di puncak gunung atau di lembah? (Guru dapat menjelaskan bahwa manusia bisa beradaptasi dengan cuaca dan kondisi ekstrim/sulit sehingga dapat bertahan hidup hampir di semua tempat di bumi). (Menanya)
¡  Siswa dan guru berdiskusi dan mengulang kembali materi tentang daerah yang termasuk rupa bumi daratan (gunung, bukit, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, ngarai). Semua siswa dipandu oleh guru bersama-sama mendiskusikan perbedaan masing-masing bentuk rupa bumi tersebut. (Mengekplorasi) dan (Mengasosiasi)
¡  Siswa mendengarkan teks yang dibacakan oleh guru atau temannya tentang salah satu bentuk muka bumi daratan di Indonesia, yaitu Dataran Tinggi Dieng. Teks/wacana bisa diganti dengan teks lain yang sesuai. (Mengamati)
¡  Siswa dan guru bersama-sama melakukan tanya jawab mengenai isi teks yang sudah didengar, mengenai keistimewaan dan keunikan yang dimiliki suatu daerah. (Mengkomunikasikan) dan (Menanya)
¡  Siswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan guru bahwa suatu tempat memiliki perbedaan dengan tempat lain. Termasuk dalam hal topografi alam, budaya, masyarakat dan lain-lain. Perbedaan tersebut adalah anugerah kekayaan dari Tuhan yang harus dijaga.
¡  Siswa menulis karangan tentang daerah tempat tinggal mereka, ciri khas dan keistimewaan daerah tersebut yang mungkin tidak terdapat di daerah lain, seperti teks contoh yang sudah mereka dengar. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menyebutkan atau menjelaskan contoh segala bentuk perbedaan suatu tempat dengan tempat lain di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Misalnya, suatu tempat bisa lebih ramai, lebih sejuk, memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan tempat lainnya. Perbedaan itu pun terjadi antara suatu daerah dengan daerah lain.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa masing-masing daerah memiliki rumah adat yang berbeda. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk mencari tahu beberapa contoh rumah adat yang berbeda antarsuku dan daerahdaerah di Indonesia. Sebagai kegiatan alternatif siswa dapat diminta untuk mengamati gambargambar kartu/poster rumah adat yang ditunjukkan oleh guru, kemudian mencari tahu rumah adat dari daerah manakah yang terdapat pada gambar tersebut. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskan nama-nama daerah yang sesuai dengan gambar rumah adat yang terdapat pada buku siswa.
¡  Jika di sekolah tersebut terdapat bermacam-macam siswa yang berbeda suku dan latar belakang budaya, dapat diminta untuk bercerita mengenai budayanya masing-masing. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diingatkan bahwa Tuhan menciptakan keragaman dan perbedaan supaya kita belajar untuk saling mengenal dan bertolerasi.
¡  Siswa juga diingatkan kembali tentang semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika yang sudah dipelajari sebelumnya, dan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
¡  Siswa diminta mendiskusikan beberapa contoh perbedaan bahasa dan tradisi daerah mereka dengan daerah lain yang mereka ketahui atau sudah dipelajari sebelumnya. Kemudian mendiskusikan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (Mengekplorasi)
¡  Siswa juga berdiskusi mengenai manfaat menghargai perbedaan, terutama perbedaan bahasa dan perbedaan tempat tinggal dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat.
¡  Siswa diminta menyebutkan beberapa contoh bentuk sikap dan perilaku menghargai perbedaan yang mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengerjakan latihan di buku siswa tentang sikap dan perbuatan yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
¡  Siswa diminta menyebutkan beberapa contoh jenis permainan yang biasa dimainkan di darat dan di air.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan lompat tali yang biasa dimainkan di darat. Penjelasan yang diberikan termasuk jenis-jenis permainan lompat tali, manfaat serta bagaimana cara memainkannya. (Mengamati)
¡  Siswa memainkan permainan lompat tali di lapangan. Permainan bisa dilakukan perindividu atau kelompok. (Mengekplorasi)
¡  Permainan lompat tali bisa dimainkan dengan melompat satu kaki saja, dua kaki bersamaan atau dua kaki bergantian. Bisa juga dalam bentuk permainan lompat tinggi.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Sebelum mengakhiri kegiatan, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari hari itu.
¡  Selanjutnya, siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran.
¡  Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.
¡  Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Tali dari karet gelang atau yang sejenis

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan guru pada saat siswa melakukan identifikasi sikap yang sesuai dengan Pancasila.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam kegiatan berikut.
• Menulis
• Diskusi
• Permainan lompat tali
Rubrik Menulis
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan mendeskripsi- kan daerahnya.
Deskripsi detail, kesesuaian isi dengan tema, runut.
Memenuhi 3 kriteria.
Memenuhi 2 kriteria.
Memenuhi 1 kriteria saja.
Tata bahasa.
Seluruh struktur kalimat dan tata bahasa benar.
Sebagian besar kalimat dan tata bahasa benar.
Kurang dari setengah tulisan menggunakan kalimat dan tata bahasa benar.
Kalimat dan tata bahasa belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik  dan benar.
Jumlah kata/kalimat.
Menggunakan 75 kata atau lebih.
Menggunakan 60-75 kata.
Menggunakan 40-60 kata.
Kurang dari  40 kata.

Lembar Pengamatan  Diskusi
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Partisipasi dalam      mengemukakan pendapat.


2
Partisipasi dalam bertanya.


3
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan.



Lembar Pengamatan Permainan Lompat Tali
No
Nama
Terlihat (ü)
Tidak Terlihat (ü)
1
Kemampuan untuk memainkan permainan lompat tali.


2
Kemampuan untuk bekerja sama dengan kelompok.


3
Antusias siswa dalam berlomba/bermain.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 2"