Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 2                   :  Ketampakan Rupa Bumi
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk  hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
2.4    Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis.
4.1.1    Membaca teks laporan tentang rupa bumi dengan intonasi dan lafal yang tepat.
4.1.2    Menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulisan.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.12       Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.10       Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melaluikegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Mengidentifikasi sudut yang terbentuk pada sebuah bangun dan benda-benda sekitar.
3.12.2 Membandingkan besar sudut dengan satuan tidak baku.
4.10.1 Menentukan sudut tumpul, lancip, dan sikusiku dari bangun dan benda-benda sekitar.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.3    Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif .
3.1.2    Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk menghias dekoratif.
4.3.1    Membuat pola untuk menghias dekoratif sesuai contoh.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi teks laporan tentang rupa bumi secara lisan atau tulis dengan benar.
¡  Setelah memperhatikan contoh, siswa dapat membaca teks laporan tentang rupa bumi dengan intonasi dan lafal yang tepat.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat menyampaikan kembali informasi berdasarkan teks laporan tentang rupa bumi dan perubahannya secara lisan atau tulis dengan lancar.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi sudut yang terbentuk pada sebuah bangun dan benda-benda sekitar dengan tepat.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat membandingkan besar sudut dengan satuan tidak baku dengan benar.
¡  Setelah berlatih, siswa dapat menentukan sudut tumpul, lancip dan siku-siku dari bangun dan benda-benda sekitar dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif sesuai contoh.
¡  Setelah mendengarkan instruksi, siswa dapat mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk menghias dekoratif dengan lengkap.
¡  Setelah mendengarkan instruksi siswa dapat membuat pola untuk menghias dekoratif sesuai contoh.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Membuat pertanyaan tentang bumi dan rupa bumi.
2. Bermain peran.
3. Mengidentifikasi sudut pada bendabenda sekitar.
4. Menentukan jenis sudut pada berbagai bangun dan benda sekitar.
5. Membuat hiasan dekoratif dari pasir dan bahan alam.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru dan siswa bersama-sama membuka pelajaran dengan salam dan doa.
¡  Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari dalam seminggu dan kegiatankegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari itu.
¡  Bila memungkinkan, guru menceritakan berita yang sedang hangat diberitakan di masyarakat yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari siswa.

10 menit
Inti
¡  Sebagai kegiatan pembuka, siswa diajak berjalan-jalan keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar terutama ketampakan alam dan rupa bumi di sekitar mereka. (Mengekplorasi)
¡  Siswa sambil mengamati diminta menjelaskan dengan bahasa sendiri bentuk dan relief permukaan bumi yang mereka amati, apakah rata atau bergelombang.? (Mengamati) dan (Menanya)
¡  Siswa mengidentifikasi apa saja bentuk rupa bumi yang terlihat di sekitar lingkungan sekolah dan tempat tinggal mereka. Misalnya, sungai, gunung, danau, dan lain-lain. (Mengekplorasi)
¡  Sambil berjalan-jalan ajak siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” sebagai alternatif kegiatan pengantar materi.
¡  Tanyakan kepada siswa hal apa saja yang ingin mereka ketahui tentang bentuk muka bumi. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan daftar pertanyaan dari hal-hal yang ingin mereka ketahui. (Menanya)
¡  Siswa dimotivasi untuk berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam bentuk lisan mengenai hal lain yang ingin mereka ketahui tentang bentuk rupa bumi. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan singkat tentang bentuk permukaan bumi daratan dan perairan beserta contoh-contohnya. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk kembali ke kelas untuk berlatih membaca teks dialog.
¡  Mintalah perwakilan dua orang siswa untuk dipandu membaca teks dialog dengan menggunakan intonasi dan lafal yang tepat.
¡  Guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan isi yang terkandung dalam teks dialog. (Mengekplorasi) dan (Mengasosiasi)
¡  Siswa berpasangan maju untuk membaca teks dialog, sementara siswa lain mendengarkan.
¡  Siswa memerhatikan gambar permukan bumi pada buku siswa dan bagian sudut yang ditandai pada gambar. (Mengamati)
¡  Mintalah siswa mengidentifikasi beberapa sudut lain yang terbentuk dari ketampakan muka bumi tersebut. Misalnya, puncak gunung, tebing, petakpetak sawah, dan kelokan sungai.
¡  Siswa mengamati benda-benda di sekitar yang membentuk sudut.
¡  Siswa membandingkan besar sudut yang dibentuk oleh suatu benda dengan benda lain. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diajak untuk berpikir tentang pengertian sudut berdasarkan contoh-contoh yang sudah diberikan. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan guru mengenai jenis-jenis/kelompok sudut, yaitu sudut tumpul, siku-siku, dan lancip. Guru menggambar beberapa jenis sudut di papan tulis dan meminta siswa untuk mengidentifikasi kelompok masing-masing sudut tersebut.
¡  Siswa diminta memperhatikan benda-benda disekitar dan menebak jenis sudut yang terbentuk dari objek tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa mengerjakan latihan di buku siswa untuk mengidentifikasi sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada bangun dan benda-benda di sekitar. (Mengekplorasi)
¡  Sebelum pelajaran dimulai, guru sudah mempersiapkan contoh bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghias dekoratif beserta karya yang bisa dijadikan sebagai contoh. Bahan yang digunakan untuk menghias dapat berasal dari bahan yang banyak terdapat di lingkungan alam sekitar. Misalnya, pasir, kerang, aneka dedaunan, biji-bijian, ranting pohon, kain perca, keramik atau kertas.
¡  Siswa mengamati benda-benda tersebut sambil mendiskusikan mengenai beberapa sumber bahan alami dan buatan di sekitar mereka yang dapat menghasilkan suatu karya seni. Jika memungkinkan, guru membawa contoh pasir ke kelas. Siswa dan guru bersama-sama membahas di daerah mana pasir sering ditemukan atau bagaimana terbentuknya pasir dengan bahasa yang mudah dipahami. (Mengamati)
¡  Siswa mengamati beberapa contoh karya/gambar yang dihias menggunakan pasir.
¡  Siswa membuat karya menggunakan pasir sebagai hiasan/dekorasi. Mintalah siswa untuk membawa benda yang akan dihias. Sebagai pilihan, misalnya pigura bekas, kendi, gambar/lukisan, pot tanaman, tempat pensil atau buku. (Mengekplorasi)
¡  Benda yang akan dihias terlebih dahulu dilapisi dengan kertas/karton jika diperlukan.
¡  Siswa membuat desain hiasan atau motif pada karton atau langsung pada benda yang akan dihias.
¡  Setelah membuat desain, oleskan lem sesuai dengan motif yang digambar. Taburkan pasir hingga menutupi semua bagian yang dilem dan biarkan hingga kering. Pasir yang tidak kena lem/tidak menempel akan lepas dan terbentuklah pola gambar sesuai desain/motif. Pasir juga dapat diwarnai dengan menggunakan cat.
¡  Siswa bisa memberikan hiasan tambahan, seperti kancing, kerang, biji, ranting kering dan lain-lain.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Sebelum mengakhiri kegiatan, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang sudah dipelajari hari itu. Selanjutnya, siswa diminta untuk membuat/menulis refleksi dan evaluasi diri terhadap materi pembelajaran. Refleksi dapat berupa hal yang disukai, kesulitan, dan hal yang sudah dipahami dari pembelajaran.Kegiatan pembelajaran kemudian ditutup dengan doa dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan sebagai berikut.
¡  Bola Dunia/Globe
¡  Pasir
¡  Lem
¡  Kertas karton
¡  Benda-benda sekitar yang memiliki sudut.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
a. Penilaian sikap santun dilakukan saat kegiatan menulis bagian-bagian surat pribadi dengan bahasa sendiri yang santun.
b. Penilaian sikap teliti dilakukan saat kegiatan belajar membaca dan menentukan jam.
c. Penilaian sikap percaya diri dilakukan saat kegiat an meniru gerakan berdasarkan pengamatan ter hadap permainan Petak Jongkok.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis, yaitu menentukan jenis sudut.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan kegiatan berikut.
• Membaca berita
• Menghias dengan pasir
Rubrik Membaca Berita
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam membaca.
Seluruh teks dapat dibaca dengan lancar.
Setengah atau lebih hasil teks dapat dibaca dengan lancar.
Kurang dari setengah teks dapat dibaca dengan lancar.
Belum mampu membaca teks secara lisan.
Volume suara, intonasidan ekspresi.
Volume dan Intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas.
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas.
Hanya terdengar di bagian depan kelas.
Sangat pelan atau tidak terdengar.

Rubrik Menghias dengan Pasir
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pola  yang dibuat
Membentuk pola,  variatif, motif penuh.
2 kriteria disamping terpenuhi.
1 kriteria terpenuhi.
Belum bisa menjiplak.
Kerapihan dalam menempelkan pasir.
Tidak ada pasir yang menempel di luar  pola.
Sebagian besar pasir menempel sesuai pola.
Kurang dari setengah pasir yang menempel di dalam pola.
Belum bisa membuat pola.




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 2 : Ketampakan Rupa Bumi, Pembelajaran 1"