Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1                   :  Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Pembelajaran                :  6
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1    Membuat kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada teks tentang alam semesta.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12       Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.1    Membuat jaring-jaring bangun ruang.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
¡  Dengan kegiatan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi teks siswa dapat menjelaskan peristiwa alam dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemui dari tes dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi bangun ruang dengan benar.
¡  Dengan kegiatan melipat dan menggunting gambar jaring-jaring, siswa dapat membuat bangun ruang dengan rapi.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasiladengan benar.
¡  Dengan kegiatan mengamati perilaku sehari-hari, siswa dapat menceritakan hak yang berkaitan pelaksanaan kewajiban sesuai sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan mengamati perilaku sehari-hari, siswa dapat menceritakan pelaksanaan kewajiban sesuai sila kelima Pancasila dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengenal bulan.
2. Membuat kalimat.
3. Membuat bangun ruang dari jaring-jaring.
4. Mencari pasangan antara jaring-jaring dan bangun ruang.
5. Menulis cita-cita.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali tentang bumi dan hal-hal yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Sebagai kegiatan pembuka siswa diminta untuk berpasangan dan memperagakan gerak Bumi dan bulan. Siswa yang berperan sebagai Bumi akan bergerak mengeliling Matahari, sementara Bulan akan selalu mengikuti gerak bumi.
¡  Siswa diminta untuk membaca teks tentang bumi dan bulan pada buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diminta berlatih untuk menggambarkan bentuk-bentuk fase bulan yang mereka ketahui dari pengamatan sehari-hari. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berlatih membuat kalimat dari kata yang terdapat pada teks di buku siswa.
¡  Siswa berlatih membuat kalimat berdasarkan katakata yang tersedia.
¡  Kata-kata yang dipilih terkait dengan materi yang sedang dibahas.
¡  Kegiatan ini merupakan kegiatan pengayaan, bisa dilakukan atau tidak.
¡  Sebagai latihan tambahan, siswa diminta untuk mencoba mengamati bulan selama 1 bulan, kemudian menggambarkan perubahan bentuk bulan dari hasil pengamatannya.
¡  Siswa mengamati gambar pada buku teks dan mengidentifikasi bangun-bangun ruang yang menyerupai bentuk benda pada gambar tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa mengamati gambar pesawat luar angkasa, lalu mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun ruang yang ada pada gambar tersebut.
¡  Siswa berlatih membuat jaring-jaring dari bangun ruang yang disebutkan berdasarkan prediksi siswa. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta untuk menggunting jaring-jaring bangun ruang yang terdapat pada buku siswa. Kemudian siswa dipandu oleh guru untuk melipat dan membentuk bangun ruang dari jaring-jaring tersebut.
¡  Siswa berlatih mengidentifikasi dan memasang-kan gambar bangun ruang dengan jaring-jaringnya, sesuai latihan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca teks tentang pentingnya bekerja keras mencapai cita-cita. (Mengamati)
¡  Siswa memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru bahwa bekerja keras untuk berusaha meraih cita-cita adalah salah satu bentuk perilaku adil terhadap diri sendiri. (Mengasosiasi)
¡  Siswa diminta untuk bercerita tentang cita-citanya dan hal apa saja yang harus dilakukan agar citacitanya tercapai.
¡  Siswa menuliskan cita-cita dan hal yang perlu dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut.
¡  Siswa mengidentifikasi sikap adil yang sesuai dengan cerita yang dibuatnya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa dan guru menutup pertemuan dengan doa bersama. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
¡  Kemudian, siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi hari ini.
¡  Siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan, dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Doa penutup kegiatan dipimpin oleh salah seorang siswa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gunting
¡  Lem

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4



2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tes tertulis, yaitu membuat kalimat dari sebuah kata, dan memasangkan bangun ruang dan jaring-jaring bangun ruang.

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa pada saat melakukan kegiatan bercerita.
Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar
Belum mampu bercerita
Kepercayaan diri dalam bercerita
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat raguragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri
Volume suara, intonasi dan ekspresi
Volume dan Intonasi suara terdengar jelas hingga seluruh ruang kelas
Terdengar jelas hingga setengah ruang kelas
Hanya terdengar di bagian depan kelas
Sangat pelan atau tidak terdengar

Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial dilakukan pada siswa yang dinilai masih memerlukan bimbingan lebih jauh. Remedial diberikan dalam bentuk sebagai berikut.
•   Menjelaskan kembali contoh pengalaman sila kelima Pancasila.
•   Memberikan contoh langsung bentuk laporan.
•   Membuat jaring-jaring berdasarkan bangun ruang yang dibongkar.
•   Membawa contoh berbagai jadwal kegiatan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
•   Kunjungan ke planetarium.
•   Melakukan pengamatan bentuk bulan selama beberapa hari.
•   Membuat lapisan-lapisan bumi menggunakan lilin atau plastisin
•   Membuat model tata surya menggunakan bola dan di gantung

Refleksi
Guru melakukan refleksi terhadap apa yang sudah dilakukannya meliputi hal-hal berikut.
•   Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
•   Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus?
•   Hal-hal apa saja yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan?
•   Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan lebih efektif?




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 6"