Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1                   :  Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Pembelajaran                :  5
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1    Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang kewajiban yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima Pancasilasesuai konteks/tema.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12       Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang.
4.6.1    Membuat jaring-jaring bangun ruang.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang percobaan dengan benar.
¡  Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menulis laporan tentang hasil percobaan dengan benar.
¡  Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menceritakan laporan hasil percobaan dengan percaya diri.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan hubungan bangun datar dalam sebuah bangun ruang dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat jaring-jaring bangun ruang dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang kewajiban yang berkaitan dengan pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengamati bagian bumi.
2. Membuat laporan.
3. Mengenal bangun ruang.
4. Menggambar jaring-jaring sebuah bangun ruang.
5. Contoh sikap adil.


F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡  Bila memungkinkan, guru menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan materi pelajaran untuk memantik keingintahuan siswa lebih jauh terhadap materi yang akan dipelajari.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar pada buku paket tentang lapisan-lapisan yang membentuk bumi. (Mengamati)
¡  Siswa membaca teks informasi pada buku siswa mengenai bagian-bagian bumi.
¡  Siswa melakukan percobaan dengan telur ayam/bebek. Kegiatan ini bisa dilakukan per individu atau kelompok. (Mengekplorasi)
¡  Sebelum melakukan percobaan siswa/guru menyiapkan sebuah telur ayam/bebek untuk direbus. Pastikan telur hingga matang.
¡  Minta siswa untuk membelah telur menjadi dua bagian tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian siswa mengamati bagian-bagian telur tersebut. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa lapisan-lapisan pada telur menggambar-kan lapisan-lapisan pada bumi kita. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengidentifikasi bagian-bagian telur yang mewakili setiap lapisan bumi.
¡  Siswa menuliskan laporan dari hasil pengamatan-nya pada tempat yang disediakan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa berdiskusi untuk membandingkan hasil laporan pengamatan mereka dengan teman-temannya. Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi mengenai persamaan dan perbedaan hasil pengamatan masing-masing. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menceritakan hasil percobaan yang dilakukannya.
¡  Siswa saling membandingkan hasil percobaan dan mengidentifikasi jika ada persamaan dan perbedaannya. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mengamati gambar bumi pada buku siswa yang menyerupai bentuk bangun ruang bola. Siswa diminta menyebutkan bangun-bangun ruang lainnya yang mereka kenal. (Mengamati)
¡  Siswa diminta untuk membawa kardus bekas atau kemasan untuk mengamati bentuk-bentuk bangun datar yang membentuk kardus.
¡  Siswa diminta untuk membuka kardus kemasan dan mengamati bentuk jaring-jaring bangun. Penting untuk mengamati jumlah dan bentuk bangun datar pada jaring-jaring tersebut.
¡  Siswa menanggapi penjelasan guru mengenai jaring-jaring sebagai gabungan bangun datar pembentuk bangun ruang. (Mengasosiasi)
¡  Jika memungkinkan siswa diminta untuk melakukan hal yang sama pada bentuk bangun ruang lainnya, yaitu limas. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengidentifikasi jaring-jaring balok, kubus, dan limas.
¡  Siswa berdiskusi dalam kelompok dan mencoba untuk membuka kotak kardus kemasan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunting bagian rusuk kotak kardus.
¡  Siswa mengamati dan menggambarkan bentuk baru dari jaring-jaring bangun tersebut. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih menyelesaikan soal yang ada pada buku. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca teks pada buku siswa tentang bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari.
¡  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.
¡  Siswa menjelaskan manfaat bersikap adil kepada orang lain dan menyebutkan beberapa contoh lain bersikap adil kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berlatih mempraktikkan salah satu sikap adil yang bisa dilakukannya di kelas.
¡  Siswa membuat perencanaan terlebih dahulu mengenai sikap adil yang akan dipraktikkannya, lalu menulis laporan singkat tentang sikap yang dilakukannya.
¡  Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari itu. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
¡  Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi hari ini.
¡  Siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan, dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Doa penutup kegiatan dipimpin oleh salah seorang siswa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kardus bekas
¡  Berbagai macam jaring-jaring bangun datar yang dibuat dari karton bekas.
¡  Bangun ruang
¡  Telur
¡  Alat masak

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan secara tertulis dan secara lisan, yaitu pada saat siswa melakukan kegiatan berikut.
• Identifikasi jaring-jaring bangun ruang (latihan pada buku siswa).
• Menyebutkan contoh dan manfaat perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari (latihan pada buku siswa).

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari keterampilan siswa dalam menulis laporan dan pada saat melakukan diskusi. Rubrik kriteria yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
Rubrik Menulis Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kemampuan mendeskripsikan laporan hasil pengamatan
Deskripsi detail, kesesuaian isi dengan tema, runut
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria saja
Tata bahasa
Seluruh struktur kalimat dan tata bahasa benar
Sebagian besar kalimat dan tata bahasa benar
Kurang dari setengah tulisan menggunakan kalimat dan tata bahasa benar
Kalimat dan tata bahasa belum menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Lembar Pengamatan Kegiatan Melempar Bola
No
Nama
Kemampuan Memasukan bola ke dalam
keranjang
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


2
Partisipasi dalam bertanya


3
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2015
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 5"