Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1                   :  Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1    Memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam semesta secara tertulis.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila.
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menyebutkan contoh hak yang berkaitan dengan sila kelima.
3.1.2    Menyebutkan contoh kewajiban yang berkaitan dengan sila kelima.
4.1.1    Menceritakan hasil pengamatan tentangperilaku di sekitar rumah berkaitan dengan hak sebagai pengamalan sila kelima.
4.1.2    Menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah berkaitan dengan kewajiban sebagai pengamalan sila kelima.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.
4.1.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan sederhana.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh hak sesuai pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan contoh kewajiban sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang hak sebagai pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat menceritakan hasil pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang kewajiban sebagai pengamalan sila kelima Pancasila dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat memberi tanggapan terhadap laporan informatif tentang alam dengan benar.
¡  Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam bentuk permainan sederhana dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Membaca dan menjawab sesuai teks.
2. Contoh sikap pengamalan sila ke lima Pancasila.
3. Menulis pengalaman mengantri.
4. Memberi tanggapan terhadap laporan.
5. Bermain menirukan sistem tata surya.
6. Mengamati gerak rotasi dan revolusi planet.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡  Bila memungkinkan, guru menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari siswa.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali nama planet dan benda langit lainnya. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membaca teks tentang kunjungan ke Planetarium, dan mengamati contoh sikap sebagai pengamalan sila kelima Pancasila. (Mengamati)
¡  Sila kelima berbicara tentang keadilan. Keadilan terhadap diri sendiri juga orang lain. Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya. Saat mempraktikkan antri, artinya siswa adil terhadap temannya yang mengantri duluan.
¡  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai dengan teks. (Menanya)
¡  Siswa berlatih menentukan sikap yang seharusnya dilakukan saat menemui sebuah permasalahan yang berkaitan dengan sikap adil. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berdiskusi tentang pengalamannya melakukan antri. Lalu menuliskan pengalaman antri pada tempat yang sudah disediakan.
¡  Siswa mengamati contoh teks laporan, lalu mengidentifikasi informasi yang terkandung di dalamnya. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih membuat 5 pertanyaan sesuai teks bacaan, lalu menjawabnya. Siswa saling mengajukan pertanyaan yang dibuat, dan meminta temannya menjawab. (Mengekplorasi)
¡  Setelah siswa mengamati contoh laporan, siswa diminta untuk memberikan tanggapan terhadap laporan tersebut. (Mengasosiasi)
¡  Isi tanggapan berupa hal-hal yang sudah baik dari laporan tersebut, juga hal-hal yang perlu diperbaiki.
¡  Antri juga berfungsi untuk menjaga keteraturan. Dalam tata surya juga terjaga keteraturannya.
¡  Siswa berlatih mempraktikkan gerak rotasi dan revolusi planet. Kegiatan menjadi dua tahapan. Tahapan pertama mempraktikkan gerak rotasi, dan tahap kedua mempraktikkan gerak revolusi. (Mengekplorasi)
¡  Tahap 1 mempraktikkan gerak revolusi atau gerakan planet mengelilingi matahari.
¡  Tahap 2 mempraktikkan gerak rotasi matahari atau gerakan planet berputar pada porosnya.
¡  Sebelum beraktivitas lakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu.
¡  Tahapan kegiatannya sebagai berikut.
-     Bagilah kelompok yang terdiri dari 8 orang siswa.
-     Siapkan 8 buah kartu yang bertuliskan nama planet.
-     Siapkan pula delapan lintasan planet.
-     Simpan sebuah bola besar di tengah-tengah lintasan.
-     Susun kartu secara acak, dan setiap siswa mengambil satu buah kartu.
-     Siswa harus menempati lintasan sesuai dengan nama planet yang didapatkannya.
¡  Tahap 1 : Menirukan gerak rotasi
-     Berdirilah di lintasan yang sesuai.
-     Beri tanda tempat siswa kamu berdiri.
-     Lalu setiap siswa akan berlatih jalan ke samping di setiap lintasan.
-     Setiap satu hitungan, siswa akan berjalan ke samping satu langkah.
-     Hitung banyak langkah yang diperlukan untuk mengitari satu lintasan penuh.
-     Catat pada tabel yang telah disediakan berikut.
¡  Tahap 2 : Menirukan gerak revolusi
-     Siswa tetap pada posisi sebelumnya.
-     Setiap hitungan 1 siswa akan melangkah satu langkah menyamping ke kanan.
-     Setiap langkah pula siswa akan mengahadapkan badannya ke sebelah kanan.
1
-     Amati bagian tubuh yang kena sinar matahari (bola).
-     Catat pengamatanmu pada tabel yang sudah tersedia. berikut.
¡  Seluruh siswa melakukan gerakan pendinginan. Kegiatan diakhiri dengan berbagi pengalaman saat mempraktikkan gerak rotasi dan revolusi. (Mengekplorasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
¡  Kemudian, siswa berbagi pengalaman saat mempraktikkan gerak rotasi dan revolusi.
¡  Siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan, dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Doa penutup kegiatan dipimpin oleh salah seorang siswa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Poster tata surya
¡  Bola besar yang dapat sebagai ilustrasi matahari untuk permainan
¡  Kapur tulis untuk menggambar lintasan

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa, meliputi menjawab pertanyaan sesuai teks dan mengidentifikasi bentuk benda datar. Adapun skor yang dinilai sebagai berikut.
Untuk tes menjawab pertanyaan sesuai teks, skor setiap soal 2. Jika benar semua, maka 2 x 5 = 10. Sedangkan skor untuk mengidentifikasi bentuk benda datar, skor setiap soal 5, maka jika benar semua 12 x 5/6 = 10

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menentukan sikap adil, keterampilan siswa pada saat menirukan gerak planet pada sistem tata surya, dan kegiatan menuliskan pengalaman. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.

Lembar Pengamatan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Sikap Adil
No
Nama
Kemampuan Menentukan Sikap sebagai Contoh Pengamalan Sila Kelima
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan


3
Mampu menirukan gerakan sesuai petunjuk



Lembar Pengamatan Menirukan Gerak Planet pada Sistem Tata Surya
No
Kriteria
Kemampuan Menentukan Sikap sebagai
Contoh Pengamalan Sila Kelima
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
1
Arif Gunawan


2
Yeyen Khotimatul M.


3
……………..


dst
……………..



Rubrik Kegiatan Menuliskan Pengalaman
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi  yang diminta
Semua isi teks belum sesuai
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 2"