Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 3 Tema 8 : Bumi dan Alam Semesta Sub Tema 1 Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1                   :  Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1    Membuat laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.2    Menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12       Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Mengidentifikasi bentukbentuk bangun datar.
3.12.2 Menjelaskan hubungan dua bangun datar.
4.6.1    Membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif.
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
4.1.1    Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat laporan informatif tentang alam semesta dengan benar.
¡  Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyampaikan laporan tentang hasil kunjungan ke planetarium dengan benar.
¡  Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
¡  Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan hubungan dua bangun datar dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting dengan rapi.
¡  Dengan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh dengan rapi.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.  Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks
2. Membuat laporan
3. Menggambar dan menyusun gambar-gambar planet dalam sistem tata surya
4. Membuat berbagai bangun datar melalui kegiatan melipat dan menggunting
5. Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun datar yang ditemui di lingkungan sekitar

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tema yang akan dibahas, yaitu Bumi dan Alam semesta, dan subtemanya, yaitu Bumi bagian dari Alam Semesta.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
¡  Bila memungkinkan, guru menceritakan sepenggal cerita yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari siswa. Bahan cerita dapat diambil dari berbagai sumber, baik pengalaman pribadi maupun dari buku, dan berita di berbagai media.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan tema Bumi dan Alam Semesta, dan subtema yang akan dibahas adalah Bumi bagian dari Alam Semesta. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa menyebutkan benda langit yang dapat dilihat pada siang dan malam hari. (Menanya)
¡  Siswa membaca teks tentang Berkunjung ke Planetarium. (Mengamati)
¡  Planetarium adalah tempat simulasi posisi dan pergerakan benda-benda langit. Planetarium dilengkapi dengan teropong, yaitu yang alat yang digunakan untuk melihat benda langit.
¡  Siswa berdiskusi tentang isi teks terutama nama-nama benda langit. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku sesuai isi teks. (Menanya)
¡  Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan teks. (Mengekplorasi)
¡  Siswa seakan-akan melakukan perjalanan ke planetarium. Isi laporan harus berisi informasi mulai dari waktu keberangkatan dan hal yang diamati di sana.
¡  Untuk menambah wawasan, siswa diminta untuk mencari informasi dari perpustakaan, orang tua, atau guru tentang status matahari. Matahari bukan planet tapi bintang.
¡  Siswa menuliskan informasi tentang matahari pada tempat yang tersedia.
¡  Siswa mengamati bentuk planet dan matahari yang berbentuk lingkaran. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai teknik membuat lingakaran dengan menjiplak, menggunakan jangka, juga melalui kegiatan melipat dan menggunting kertas.
Tahapannya adalah seperti gambar berikut:
1

¡  Siswa berlatih membuat lingkaran sebanyak 9 buah, dengan berbagai ukuran untuk mewakili planet-planet dan matahari. (Mengekplorasi)
¡  Lingkaran yang dibuat akan diberi gambar dan diwarnai seperti planet dan matahari. Lalu, gambar tersebut ditempelkan pada gambar lintasan/orbit pada tata surya yang ada di buku.
¡  Siswa saling mengamati kebenaran susunan sistem tata surya yang sudah dibuat oleh siswa. (Mengamati)
¡  Siswa mencari informasi tentang matahari.
¡  Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari guru, orangtua, atau buku yang dibaca. (Menanya)
¡  Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada buku.
¡  Siswa mengamati bentuk-bentuk bangun datar selain lingkaran. (Mengamati)
¡  Siswa mengidentifikasi benda-benda yang memiliki kemiripan bentuk dengan bangun datar yang disebutkan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengidentifikasi hubungan antarbangun datar. Misalnya, bangun segitiga dapat dibuat dari bangun persegi dan persegi panjang.
¡  Siswa berlatih membuat berbagai bangun datar dengan cara melipat dan menggunting kertas, lalu di tempel pada tempat yang tersedia.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
¡  Siswa saling memeriksa hasil pekerjaan dan bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini tentang nama-nama benda langit.
¡  Kemudian, siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan atas segala yang sudah Tuhan berikan. Berdoa dipimpin oleh siswa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kertas berwarna
¡  Poster tata surya
¡  Gunting dan lem

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
a. Penilaian sikap santun dilakukan saat kegiatan menulis bagian-bagian surat pribadi dengan bahasa sendiri yang santun.
b. Penilaian sikap teliti dilakukan saat kegiatan belajar membaca dan menentukan jam.
c. Penilaian sikap percaya diri dilakukan saat kegiat an meniru gerakan berdasarkan pengamatan ter hadap permainan Petak Jongkok.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul M.












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa meliputi hal-hal berikut.
• Menjawab pertanyaan sesuai teks.
• Skor setiap soal 2.
• Benar semua 2 x 5 = 10
• Mengidentifikasi bentuk benda datar.
• Skor setiap soal 5.
• Benar semua 12 x 5/6 = 10

3.    Penilaian Keterampilan
Rubrik Model Tata Surya
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Hasil guntingan
Semua bagian bentuk gambar utuh.
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
Belum mampu menggunting
Hasil Menempel
Gambar menempel dengan baik, tidak ada bagian yang terbuka dan tidak ada sisa lem yang tercecer.
Hanya dua kriteria yang terpenuhi.
Hanya satu kriteria yang terpenuhi.
Belum mampu menempel.
Kemampuan menggambar planet
Semua hasil gambar sesuai contoh gambar planet.
Ada 1-2 hasil gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai contoh gambar planet.
Semua hasil gambar tidak sesuai contoh.
Kemampuan mewarnai
Menggunakan warna yang sesuai dengan contoh yang diberikan.
Ada 1-2 warna yang tidak sesuai dengan contoh, namun tidak ada warna yang keluar dari garis gambar.
Ada lebih dari dua warna yang tidak sesuai dengan contoh dan keluar garis gambar.
Masih belum mampu mewarnai.
Masih belum mampu mewarnai.
Semua membentuk lingkaran yang rapi.
Semua membentuk lingkaran yang rapi.
Ada lebih dari 2 lingkaran yang tidak rapi.
Belum mampu membuat lingkaran.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP

Post a Comment for "RPP Kelas 3 Tema 8 : Bumi dan Alam Semesta Sub Tema 1 Pembelajaran 1"