Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN Karangbokong 03
Kelas / Semester          :  III (Tiga) / 2
Tema 8                            :  Bumi dan Alam Semesta
Sub Tema 1                   :  Bumi Bagian Dari Alam Semesta
Pembelajaran                :  3
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Menjelaskan kembali isi teks laporan informatif tentang alam semesta.
4.1.1    Membuat laporan tentang percobaan menirukan gerak bumi.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.12       Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
4.6.   Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12.1 Mengidentifikasi hubungan antar bangun datar.
4.6.1    Membuat bangun melalui kegiatan melipat dan menggunting berbagai bangun datar.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam dan buatan untuk membuat prakarya.
4.14       Membuat karya kerajinan teknik meronce dengan memanfaatkan bahan alam dan buatan dari lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1    Mengidentifikasi bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya.
4.14.    Merancang karya dengan teknik meronce dengan bahan dari alam atau buatan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan melakukan percobaan menirukan gerak bumi, siswa dapat menuliskan data dengan benar.
¡  Dengan menggunakan data yang telah dikumpulkan, siswa dapat membuat laporan hasil percobaan dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membuat laporan tentang percobaan menirukan gerak bumi, siswa dapat menjelaskan kembali proses gerak bumi dengan benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi teks informatif tentang alam semesta dengan benar.
¡  Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam dan bahan buatan yang dapat digunakan untuk membuat prakarya dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat merancang karya menggunakan teknik meronce dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat karya menggunakan teknik meronce dengan rapi.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar bangun datar dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat sebuah gambar melalui kegiatan melipat dan menggunting berbagai bangun datar dengan rapi.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat berbagai bangun datar dari potongan gambar yang tersedia dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1. Menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika berkaitan dengan penjumlahan.
2. Menjelaskan berbagai tekstur dan bentuk.
3. Menceritakan aktifitas dalam teks narasi.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan salam, menyapa siswa dan mendata kehadiran siswa.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 menit
Inti
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali gerak rotasi dan revolusi planet. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa membuka kembali data yang sudah dikumpulkan saat bermain menirukan gerak rotasi dan revolusi pada pertemuan kedua. (Mengamati)
¡  Siswa berlatih menulis laporan berdasarkan data yang dikumpulkan. Saat menulis laporan, isinya harus menunjukkan data bukan asumsi. Kesimpulan dari laporan kegiatan menirukan gerak rotasi adalah: semakin jauh jarak dari matahari, semakin lama gerak rotasinya. Ada perbedaan bagian planet yang mendapat sinar matahari saat gerak rotasi. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menceritakan kesimpulan dari laporan yang dibuat. (Mengasosiasi)
¡  Siswa saling mengamati hasil pengamatan dan mengajukan pertanyaan jika ada perbedaan dalam menyimpulkan hasil percobaan. (Mengamati)
¡  Siswa membaca teks tentang proses terjadinya siang dan malam.
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa proses terjadinya siang dan malam adalah akibat dari pergerakan bumi mengelilingi porosnya.
¡  Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai teks. Siswa diajak memikirkan apa yang terjadi jika sepanjang hari siang terus atau malam terus, biarkan siswa memberikan pendapatnya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang ingin diketahuinya lebih lanjut tentang bumi. (Menanya)
¡  Siswa menyebutkan benda-benda langit, lalu membentuk bintang, matahari dan bulan di atas sebuah karton, lalu menggunting. (Mengekplorasi)
¡  Buatlah berbagai benda langit tersebut sejumlah yang dibutuhkan.
¡  Ukur lingkar pergelangan tangan untuk menentukan panjang karet atau tali yang dibutuhkan.
¡  Beri lubang pada potongan benda-benda langit tersebut, untuk memasukan tali atau karet.
¡  Ikat sehingga membentuk seperti gelang atau kalung. Amati gambar yang ada pada buku.
¡  Siswa mengamati gambar suasana malam hari, siswa mengidentifikasi bentuk benda-benda sekitar yang memiliki bentuk dasar bangun datar yang disebutkan dengan benar. (Mengamati)
¡  Siswa membuat berbagai bangun datar melalui teknik melipat dan menggunting kertas dengan rapi, lalu menempelkan pada tempat yang tersedia. Siswa membuat bentuk sebuah benda menggunakan potongan bangun datar. (Mengekplorasi)
¡  Siswa saling membandingkan hasil kreasinya untuk dapat saling memberi ide. (Mengasosiasi)
¡  Siswa mengamati gambar bangun datar, lalu menggunting dan diminta menyusun kembali sehingga membentuk bangun datar yang baru.
¡  Siswa diarahkan untuk membentuk bangun datar sebanyak mungkin, sehingga dapat menyimpulkan hubungan antarbangun datar. (Mengekplorasi)
¡  Kegiatan diakhiri dengan saling memberi apresiasi terhadap hasil karya yang sudah dibuat. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi.
¡  Kemudian, siswa saling memberi apresiasi terhadap hasil karya yang sudah dibuat.
¡  Siswa menutup kegiatan pada hari ini dengan rasa syukur kepada Tuhan, dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, serta saling menolong dalam menjaga semua pemberian Tuhan. Doa penutup kegiatan dipimpin oleh salah seorang siswa.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 8 : ”Bumi dan Alam Semesta” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Kertas warna
¡  Berbagai bangun datar dari kertas
¡  Lem dan gunting

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian pada perubahan tingkah laku santun, peduli, dan tanggung jawab, baik pada saat siswa berada di kelas, melakukan kerja sama dalam proses pembelajaran maupun pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Santun
Peduli
Tang. Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Arif Gunawan












2
Yeyen Khotimatul












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pada ranah pengetahuan dalam pembelajaran ini dilakukan guru dengan tes tertulis yang terdapat pada buku siswa. Aspek yang dinilai, antara lain sebagai berikut.
• Menjawab pertanyaan sesuai teks.
• Skor setiap soal 2,5.
• Benar semua 2,5 x 4 = 10
• Mengidentifikasi bentuk benda datar.
• Skor setiap soal 2.
• Benar semua 2 x 5 = 10

3.    Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan laporan, dan keterampilan membuat gelang. Adapun rubrik kriteria yang dinilai sebagai berikut.

Rubrik Kegiatan Menuliskan Laporan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik
Kesesuaian isi informasi yang ditulis
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi yang diminta
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan informasi  yang diminta
Semua isi teks belum sesuai
Penulisan
Penulisan kata sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan
Semua kata belum tepat dalam penulisan
Penggunaan kalimat yang efektif
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif


Rubrik Membuat Gelang
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Hasil guntingan
Semua bagian bentuk gambar utuh.
Ada satu atau dua bagian gambar yang tidak utuh.
Lebih dari dua bagian gambar yang tidak utuh.
Belum mampu menggunting
Pola penyusunan gambar
Gambar disusun sesuai pola
Ada 1-2 gambar tidak sesuai pola
Ada lebih dari 2 gambar tidak sesuai pola
Gambar tidak disusun berdasarkan pola


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( Khaerudin,S.Ag )
NIP 196104071984051003

Kamal,   Februari 2016.
Guru Kelas III



( De Tatang )
NIP


Post a Comment for "RPP Tema 8 Sub Tema 1 : Bumi Bagian Dari Alam Semesta, Pembelajaran 3"