Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Berbahaya ! Jangan Tidur di Bawah Pohon Saat Malam Hari !

Ilustrasi Dok Pri

Tidur dibawah pohon merupakan suatu hal yang sangat menyengkan terlebih jika pada saat matahari terasa sangat panas. Sebagai anak seorang petani penulis senndiri sejak kecil sering tidur dibawah pohon, terutama saat berada di kebun. Bahkan saat di hutan dulu, penulis sampai tertidur cukup lama yaitu antara habis dzuhur sampai mendekati pukul lima sore. Udara yang sangat panas membuat terasa sangat nyaman untuk kita tidur dibawah pohon.

Tidur di bawah pohon saat siang hari memang sangat menenangkan, dan juga menyehatkan. Namun jangan sobat coba-coba tidur di bawah pohon saat malam hari ya. Anak-anak muda biasanya kalau malam suka pada nogkrong, awas jangan sampai ketiduran di bawah pohon, itu sangat berbahaya.

Saat siang hari pohon memang menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan kita untuk bernafas, sehingga tak ayal selain membuat tubuh terasa segar, hal ini juga sangat baik untuk kesehatan kita. Pada siang hari tersebut pohon juga menggunakan sinar matahari yang ada untuk melakukan proses foto sintesis nya. Dalam prosesnya tersebut pohon membutuhkan air dan karbon dioksida sebagai bahan dasar untuk melakukan pemasakan  sehingga dapat menghasilkan oksigen.

Sementara pada malam hari pohon akan menghentikan proses foto sintesis nya dan merubah kegiatannya dengan kegiatan respirasi. Dalam kegiatan respirasi tersebutpohon membutuhkan banyak oksigen untuk menghasilkan karbondioksida dan air. Jadi jika malam hari menghasilkan oksigen namun pohon justru membutuhkan oksigen yang juga sangat kita butuhkan untuk bernafas, sementara itu pohon justru mengeluarkan karbondioksida yang bisa  dengan mudah terhirup oleh kita, saat kita berada di bawahnya.



Padahal jika sampai karbondioksida tersebut terhirup oleh kita, itu akan sangat membahayakan kesehatan kita, bahkan mengancam nyawa kita sekalipun. Hal ini dikarenakan jika sampai karbondioksida tersebut  bercampur dengan aliran darah akan dapat dengan mudah berikatan dengan hemoglobin, bahkan ikatan oksigen dengan hemoglobinpun akan kalah kuatnya dibandingkan ikatan karbondioksida hemoglobin ini, sehingga hal tersebut menjadikan karbon dioksida berperan sebagai racun penghirup. Dimana setelah itu racun tersebut akan ikut mengalir mengikuti aliran darah,dan  saat sampai ke otak dapat menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu mulai sekarang jangan lagi tidur dibawah saat malam hari ya kawan. 
Semoga bermanfaat

Salam kepedulian


Post a Comment for "Awas Berbahaya ! Jangan Tidur di Bawah Pohon Saat Malam Hari !"