Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Segala Penyakit Berasal Dari Otak

Gb. dagelan.co

Ada pepatah bijak mengatakan “ orang lain bisa mengambil apapun dari apa yang kita milki, tapi tidak ada yang bisa mengambil apa yang ada didalam otak kita”. Kata-kata tersebut sepertinya dapat menggambarkan betapa sangat berharganya otak yang kita miliki. Otak yang kita miliki bisa menentukan masa depan dan kualitas diri kita. Banyak orang-orang sukses yang berasal dari anak orang yang kurang mampu. Disamping karena ketentuan Tuhan namun kemampuan otak mereka bisa mengarahkan mereka menjadi orang yang kaya raya. Banyak tokoh-tokoh di dunia ini yang mampu membuktikan betapa sangat berharganya otak itu, bahkan di Indonesiapun banyak yang sudah mampu membuktikan hal ini. Andrie wongso menjadi motivator nomor 1 di Indonesia, tentu itu karena otaknya yang luar bisa. Jika ia berasal dari anak orang kaya tidak mungkin ia punya pengalaman pahit sampai SD pun tidaklulus, Mario Teguh salah satu motivator ternama di Negri ini pun demikian , pengalaman hidupnya pahit serba kekurangan namun sekarang serba ada. Hal lain di alami charli vokalis Setia Band/ST 12, awalnya dia adalah seorang pengamen berkat kemampuannya menciptakan lagu-lagu keren dan menyentuh akhirnya dia bisa menjadi penyanyi terkenal dan bergelimbang harta. Masih banyak kisah dan orang-orang luar biasa lain yang berasal dari keluarga tak mampu namun mereka bisa menjadi maju dan sukses , dan itu semua karena kualitas otaknya yang luar biasa.
Hal ini mengajarkan kita semua untuk selalu optimis dalam menghadapi kehidupan . “Jangan lihat dirimu yang sekarang tapi yang terpenting mau jadi seperti pa dirimu nanti, otakmulah yang menentukan “. Takdir Tuhan itu ada juga yang bisa kita usahakan sendiri. Karena dalam Firman-Nya Allah menjelaskan bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mau merubah nasibnya sendiri. Bagi anda yang sudah sukses pun ini mengajarkan ketawadhuan, karena kemampuan otak seseorang bisa melejit jauh mengejar ketertinggalannya meski mungkin sekarang ia serba kekurangan dalam segala hal namun bisa saja kelak kesuksesannya lebih besar jauh melebihi anda. Maka meremehkan orang lain  merupakan tindakan terbodoh manusia, karena berarti dia tidak bisa mengkaji diri dan alam.
Begitulah takdir dan ketentuan Tuhan. Tentu semua itu untuk kebaikan hamb-Nya. Agar bertindak dan selalu bersikap yang terbaik.dan mampu menghargai siapapun tanpa membedakan harta dan tahta.
Banyak para pengusaha yang di mulai dari nol bahkan mengalami berbagai penghinaan karena kemiskinannya , kini mereka bisa membuktikan kualitas otak mereka. Salah satu contoh nyata adalah pemilik kerajaan bisnis di Brebes,  Muhadi Setia Budi. Dirinya berasal bukan dari orang kaya, kisahnya banyak memperlihatkan perjuangan keras, dimulai dari  beliau menjadi kendektur, pedagang asongan hingga menjadi pemilik ratusan bus Dedy Jaya, Rumah sakit, hotel bahkan saat ini penulispun kuliah di universitas miliknya Universitas Muhadi Setia Budi (UMUS).   Beliau telah membuktikan bahwa otak sangat berharga, kemampuannya mengelola management  bisnis telah membuktikan itu semua.

Kenapa Otak Merupakan Sumber Penyakit?

Otak ternya bisa menjadi sebuah anugrah namun juga bisa menjadi musibah. Tidak berlebihan jika otak dikatakan sebagai sumber utama penyakit. Coba anda lihat disekitar anda atau mungkin anda atau keluarga pernah mengalaminya sendiri. Contoh nyata sebagai gambaran adalah jika ada orang yang mengalami kesedihan yang sangat mendalam atau kerumitan batin yang begitu tinggi. Entah itu karena meninggalnya seseorang yang sangat berharga bagi kehidupannya, di hianati orang yang dicintainya, seluruh hartanya hilang karena musibah dan masih banyak sebab lain. Berbagai penyebab tersebut jika terus di pikirkan tentu akan membuat orang tersebut menjadi semangat hidup dan keceriaannya hilang berganti menjadi murung dan penuh beban.  Keadaan ini jika berlangsung lama tentu akan menyebabkan tekanan batin yang mendalam akibatnya akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit bahkan bisa menyebabkan penyakit jiwa.
Keadaan semacam itu, menurut ahli kesehatan jiwa Dr. Yul Iskandar DAJ, MBAP, Ph.D disebabkan oleh otak yang menjadi sumber segala pikiran-karena pikiran berasal dari otak. Jika siksaan pikiran mereda, maka gangguan kesehatan pun akan hilang. Pikiran merupakan pusat kejiwaan seseorang. Kalau otak terganggu akan banyak pengaruhnya terhadap kondisi tubuh karena otaklah yang berfungsi mengatur segala fungsi tubuh. Otak manusia sangat berperan dalam mengatur kecerdasan, emosi, tingkah laku, dan masih banyak lagi. Segala fungsi otak itu sendiri tersimpan di dalam otak. Otak terbagi menjadi dua bagian yakni otak kiri dan otak kanan. Keduanya tentu saja memiliki fungsinya masing-masing. Ada pepatah yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Sebenarnya, yang lebih tepat justru di dalam otak yang sehat terdapat tubuh dan jiwa yang sehat.
Otak sangat berperan signifikan dalam menentukan berkualitas atau tidaknya kehidupan seseorang. Menjaga agar otak tetap sehat ialah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi supaya kesehatan fisik bisa terus terjaga dengan baik. Jika otak terganggu maka beberapa atau bahkan seluruh fungsi tubuh akan ikut terganggu juga. Dampak dari semua itu ialah terganggunya fungsi tubuh dengan segala  manifestasinya.
Pengertian Otak
Menurut Wikipedia Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuhhomeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Peran Penting Otak

Bagian depan yang paling menonjol dari otak depan adalah otak besar. Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan kanan. Setiap belahan mengatur dan melayani tubuh yang berlawanan, belahan kiri mengatur tubuh bagian kanan dan sebaliknya. Jika otak belahan kiri mengalami gangguan maka tubuh bagian kanan akan mengalami gangguan, bahkan kelumpuhan.
Otak besar terdiri dari korteks otak besar dan 
Korteks otak besar (bahasa Inggris: cerebral cortex, grey matter) merupakan lapisan tipis berwarna abu-abu yang terdiri dari 15 - 33 miliar neuron yang masing-masing tersambung ke sekitar 10.000 sinapsis, 
Terdapat enam lapisan korteks,  Lapisan korteks terdapat berbagai macam pusat saraf yang mengendalikan ingatan, perhatian, persepsi, pertimbangan, bahasa dan kesadaran.
Otak besar merupakan pusat saraf utama, karena memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengaturan semua aktivitas tubuh, khususnya berkaitan dengan kepandaian (inteligensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan.
Secara terperinci, aktivitas tersebut dikendalikan pada daerah yang berbeda.
Di depan celah tengah (sulkus sentralis) terdapat daerah motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar. Bagian paling bawah pada korteks motor tersebut mempunyai hubungan dengan kemampuan bicara.
Daerah Anterior pada lobus frontalis berhubungan dengan kemampuan berpikir.
Di belakang (Posterior) sulkus entralis merupakan daerah sensori. Pada daerah ini berbagai sifat perasaan dirasakan kemudian ditafsirkan.
Daerah pendengaran (auditori) terletak pada lobus temporal. Di daerah ini, kesan atau suara diterima dan diinterpretasikan.
Daerah visual (penglihatan) terletak pada ujung lobus oksipital yang menerima bayangan dan selanjutnya bayangan itu ditafsirkan. Adapun pusat pengecapan dan pembau terletak di lobus temporal bagian ujung anterior.
Itu hanya beberapa hal yang semoga dapat menunjukan betapa sangat besar peran otak bagi tubuh kita,sebenarnya masih banyak sekali peran penting otak yang lain. Tulisan yang sedikit ini semoga memotivasi rasa ingin tahu anda sehingga anda  banyak belajar..  
Faktor Penyebab Terganggunya Otak Manusia
Tentu banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan terganggunya fungsi otak pada manusia. Faktor utama penyebab gangguan tersebut adalah yang merupakan dari ungkapan perasaan dan jiwanya seperti emosi, tingkah laku, dan cara berpikir seseorang. Jika hal-hal di atas terganggu maka secara otomatis akan berakibat pada terganggunya kondisi fisik seseorang. Contoh ringan saja, ketika Anda sedang terserang penyakit sederhana sepeti flu, masuk angin atau lainnya. Penyakit yang sesederhana ini pun akan berdampak besar jika dibarengi sifat pesimis atau terlalu membesar-besarkan. Contoh pada masuk angin, rasa dingin yang anda rasakan akan sangat terasa sekali manakala anda menanggapinya sebagai sesuatu yang luar biasa.dampaknya tentu akan pada tingkah laku penderita, jika berpikir seperti itu anda akan loyo dan seakan tak berdaya sehingga lebih memilih bermalas-malasan ditempat tidur. Namun sebaliknya jika anda berpikir positive menganggap penyakit tersebut biasa saja, tentu anda akan lain dalam menyikapi dan bertingkah laku. Bahkan anda akan tetap semangat bekerja hingga akhirnya berkeringat dan terkena sinar matahari, kemudian anda sembuh.
Semua metabolisme dalam tubuh anda pun otaklah yang mengaturnya. Saat kesetabilan emosi,kecemasan,marah,bahkan rasa galau mendominasi otak anda, kinerja lambungpun akan ikut terganggu karenanya. Jika ada gangguan maupun rangsangan yang berlebihan membuat perintah yang dikirimkan karena otak menjadi terganggu. Hal itu dikarenakan pesan-pesan yang disampaikan kebagian tubuh yang lain akan ikut terganggu yang dapat mengakibatkan jantung berdebar, otot menjadi kaku, dan berbagai masalah lainnya. Semua itu penyebabnya tentu karena keadaan otak yang terganggu karena ketidak mampuan kita menyetir pikiran hanya kearah positive saja. Apapun yang terjadi dalam hidup ini baik dan buruknya dampak yang ditimbulkan tergantung bagaimana otak kita meresponnya. So you and me must positive thinking always.

Berbagai Penyakit   yang Dapat Menyerang Otak

Berikut ini akan coba penulis paparkan beberapa jenis penyakit yang bisa diderita oleh semua manusia yang di ambil dari beberapa sumber. Harapan penulis memaparkan beberapa penyakit pada otak ini adalah agar kita semakin bersyukur dan semakin sungguh-sungguh menjaga otak yang merupakan harta yang paling berharga di dunia ini. Adapun beberapa penyakit yang dapat menyerang otak tersebut antara lain adalah :
Kangker Otak
Di dalam artikel sebelumnya penulis pernah bercerita bahwa ada salah satu soudara penulis meninggal dunia di karenakan seringnya meminum-minuman beralkohol sehingga kemudian mengidap penyakit ini dan akhirnya meninggal.  Dlihat dari penyebabnya memang alcohol merupakan salah satu dari penyebab timbulnya penyakit ini.
Menurut riset yang telah dilakukan secara garis besar munculnya sel kangker pada otak, itu disebabkan dua sebab, yang pertama adalah tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Sedangkan penyebab yang kedua adalah karena penggunaan zat berbahaya seperti alcohol, dan zat adiktif seperti narkoba, heroin, dan yang lainnya. Dimulai dari anak-anak sampai lanut usia siapapun bisa mengidap penyakit kangker otak ini.
Gejala Penyakit Kanker Otak
Penyebab munculnya sel kanker pada organ otak memang diduga menjadi penyebab utama. Ketika semua penyebab tersebut diacuhkan atau bahkan dilakukan, maka akan muncul gejala penyakit kanker otak, seperti rasa sakit pada bagian kepala yang berbeda dengan penyakit sakit kepala biasanya.
Rasa sakit tersebut lebih menjurus pada rasa sakit seperti tertekan oleh benda tumpul. Soudara penulipun mengalami sakit kepala yang hebat kala itu, bahkan sampai tak sadarkan diri. Terkadang pihak keluarga menganggapnya ketiduran karena ia hanya mengeluh sakit di kepalanya, siapa sangka ternyata itu adalah gejala kangker otak. Gejala lainnya yang umum ditemui ialah mata kehilangan fokus, dan beberapa anggota tubuh yang tidak bisa digerakkan, serta gejala yang terakhir dan terhitung sangat berbahaya ialah perubahan perilaku yang dialami oleh penderitanya
Ciri Kangker Otak
atau ciri-ciri penyakit kanker otak yang terakhir yaitu perubahan perilaku merupakan indikasi kuat akan stadium empat. Perubahan perilaku disini berbeda dengan gangguan ingatan, melainkan perubahan sifat dari penderitanya.
Contoh yang dahulunya orang tersebut memiliki sifat yang pemalu dan cenderung hati-hati, setelah terjangkit penyakit kanker ini akan mengalami perubahan sifat menjadi tidak ada rasa malu, lebih ceroboh, tidak memiliki rasa bersalah, dan hal-hal lainnya yang sebenarnya bukan menjadi sifat yang sebenarnya.
Tumor Otak
Tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam atau di sekitar otak secara tidak wajar dan tidak terkendali, tapi tumor ini tidak selalu berubah menjadi kanker atau ganas.
Ada bermacam-macam jenis tumor otak yang dibedakan ke dalam dua kelompok berdasarkan perkembangannya, yaitu tumor jinak yang tidak bersifat kanker dan tumor ganas yang menyebabkan kanker.
Gejala Tumor Otak
Gejala tumor otak sangat berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. Tumor yang tumbuh secara perlahan-lahan mungkin awalnya tidak menimbulkan gejala apa pun. Setelah beberapa lama, tumor akan memberi tekanan pada otak yang menyebabkan munculnya gejala seperti kejang-kejang dan sakit kepala. Tumor otak yang berada pada lokasi tertentu dapat mengganggu sistem kerja otak untuk berfungsi dengan benar
Lumpuh otak

Lumpuh otak adalah gangguan kendali terhadap fungsi motorik dikarenakan kerusakan pada otakyang sedang berkembang.
Penyebab lumpuh otak sampai saat ini belum diketahui, namun diduga hal ini terjadi karena:
Bayi lahir prematur sehingga bagian otak belum berkembang dengan sempurna.
Bayi lahir tidak langsung menangis sehingga otak kekurangan oksigen
Adanya cacat tulang belakang dan pendarahan di otak

Cara  Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan organ yang sangat penting dan sangat vital. Semoga beberapa penyakit diatas mampu menambah rasa syukur kita kepada Tuhan atas nikmat sehatnya selama ini, dan mampu memotivasi kita untuk senantiasa menjaganya. Sebenarnya masih  banyak gangguan-gangguan yang bisa muncul pada otak. 
Adapun gangguan-gangguan tersebut adalah seperti kegilaan/gangguan jiwa, cacat mental, penyakit  meningtitis, halusinasi, paranoid, dsb. Untuk mencegah gangguan di atas, alangkah baiknya kita perhatikan tips untuk menjaga kesehatan otak berikut ini: 
1. Jika sumber segala penyakit berasal dari otak tentu otakpun sebenarnya mampu mengobati berbagai penyakit atau setidaknya mengurangi rasa sakitnya. Caranya yaitu dengan merubah pola pikikr negative kita menuju kearah yang postif.
2.Perbanyaklah  mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari, makan makanan yang kaya akan omega seperti telur dan ikan, serta hindari pemakaian barang-barang haram seperti narkoba dan minuman keras.
3. Tidak merokok apalagi mengkonsumsi obat-obatan terlarang , selain merugikan kesehatan secara keseluruhan rokok apalagi obat-obatan terlarang dapat menyebabkan fungsi otak kita menurun, dengan menurunnya fungsi otak tersebut otak akan menjadi sangat rentan terkena penyakit baik itu penyakit yang ringan bahkan sampai yang berat. Sebagian besar perokok aktif mengatakan justru dengan merokok lah otak saya bisa bekerja dengan maksimal terlebih jika mendapatkan pikiran buntu, dengan merokok maka akan mendapatkan sebuah idea tau pemecahan masalah baru. Tentu itu tidak sepenuhnya benar, hal itu dikarenakan sugisti perokok itu sendiri. Hindarilah terutam minum-minuman dan obat-obatan terlarang demi kesehatan otak untuk jangka panjang.
4. Kurang tidur dan mengistirahtkan otak.  Kakiakan merasa lemah ketika terus-terusan di pake buat berjalan. Tangan akan merasa pegal saat terus-terusan dipakai untuk menulis atau bekerja.  Tubuh akan terasa lemah jika terus-terusan bekerja. Semuaorgan pada tubuh kita membutuhkan istirahat setelah dipakai seharian untuk bekerja, begitupun dengan otak terlebih jika otak sering digunakan untuk berpikir yang berat-berat. Cara mengistirahtakan otak bisa dengan berbagai cara, berliburan, mendengarkan music slow,mengobrol santai, menonton film komedi, dan lain sebagainya. Tidur yang cukup yaitu 6-8 jam perharinya juga bermanfaat untuk menyegarkan otak setelah dipakai untuk berpikir seharian penuh.
5. Pola makan yang sehat sangat di perlukan oleh otak. Hal itu dikarenakan otak manusia membutuhkan suplai nutrisi yang cukup berpikir dan berkembang. Kitapun harus menjaga pola makan agar tidak terjadi kegemukan. Kegemukan(obesitas) dapat menyumbat aliran darah yang menuju keotak. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan otak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
6. Otak membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja secara maksimal. Perbaiki ventilasi udara ruangan anda agar oksigen yang masuk cukup. Selain itu hindari menghirup udara yang sudah penuh dengan polutan. Gunakan masker saat berkendara dan ada pembakaran baik itu pembakaran sampah atau lainnya. Hal itu dilakukan demi kesehatan otak dan menjaga  tubuh dari penyakit-penyakit lain.
7. Jangan berpikir terlalu keras. Jika otak digunakan secara terus menerus untuk memikirkan persoalan yang tidak ada ujungnya maka anda dapat mengalami depresi atau bahkan stress. Hingga akhirnya berdampak buruk pula untuk kesehatan fisik secara keseluruhan. Jika defresi sudah melanda anda lakukan pengobatan secepatnya dengan jalan curhat kepada teman yang dapat dipercaya atau dengan jalan bimbingan konseling sehingga masalah anda cepat teratasi bukan malah menjadi tekanan untuk batin anda. Sebaiknya tidak berpikir macam-macam karena biasanya gangguan psikis berkaitan erat dengan gangguan fisik.
8. Otak yang jarang digunakan berpikirpun dapat menurunkan fungsi otak bahkan bisa menyebabkan kepikunan. Latihlah otak anda dengan belajar,berpikir kriti, mengikuti debat, bermain permainanyang melatih otak anda . bila otak jarang digunakan, otak akan melemah dan menyusut sehingga akhirnya anda akan selalu telat berpikir saat diajak berbicara.
9. Gunakan helm saat berkendara untuk menghindari benturan dan cedar. Ini sangat berbahaya bagi otak kita. Ini bukanlah ha lasing lagi di sinetron-sinetron kita sering melihat penyakit amesia (hilang ingatan ) pada otak pasien karena kepalanya terjadi benturan. Bahkan dampak terburuk dari tidak menggunakan helm bisa menyebabkan kematian secara cepat karena kepala pecah oleh benturan keras atau mengalami pendarahan hebat. Sayangilah kepala anda yang didalamnya terdapat harta yang tiada terukur nilainya , yaitu otak. Gunakan juga topi saat anda berada dibawah trik matahari yang sangat panas.
Kesimpulan
Otak merupakan harta yang tak ternilai bagi manusia.  Manusia bisa bekerja dan berkarya  itupun atas jasa otak.
Otak ternyata bisa menjadi sebuah anugrah namun juga bisa menjadi musibah. Tidak berlebihan jika otak dikatakan sebagai sumber utama penyakit. menurut ahli kesehatan jiwa Dr. Yul Iskandar DAJ, MBAP, Ph.D disebabkan oleh otak yang menjadi sumber segala pikiran-karena pikiran berasal dari otak. Jika siksaan pikiran mereda, maka gangguan kesehatan pun akan hilang. Pikiran merupakan pusat kejiwaan seseorang. Kalau otak terganggu akan banyak pengaruhnya terhadap kondisi tubuh karena otaklah yang berfungsi mengatur segala fungsi tubuh.
Faktor utama penyebab terganggunya otak manusia adalah yang merupakan dari ungkapan perasaan dan jiwanya seperti emosi, tingkah laku, dan cara berpikir seseorang.
Keadaan Fsikis sangat berkaitan erat dengan keadaan fsikis.
Jika sumber segala penyakit berasal dari otak tentu otakpun sebenarnya mampu mengobati berbagai penyakit atau setidaknya mengurangi rasa sakitnya. Caranya yaitu dengan merubah pola pikikr negative kita menuju kearah yang postif.

Salam super …. :D

Sumber Antara Lain adalah
http://disehat.com/penyebab-gejala-dan-ciri-ciri-penyakit-kanker-otak/ https://id.wikipedia.org/wiki/Otak
https://www.deherba.com/ketahuilah-bahwa-segala-jenis-penyakit-berawal-dari-otak.html

Post a Comment for "Sumber Segala Penyakit Berasal Dari Otak"