Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mengatasi Jualan Sepi Pembeli, Mudah dan Berhasil !!!


Cara mengatasi jualan sepi pembeli tentu banyak dicari para pedagang dari berbagai bidang. Tentu saja, sebab ramai sepinya pembeli sangat mempengaruhi omset dan penghasilan. Semakin banyak pembeli yang datang maka proses transaksi jual beli akan semakin tinggi, sehingga pundi-pundi rupiah semakin mudah didapatkan.

Sepi pelanggan pada dasarnya bukan suatu masalah besar, khususnya kamu yang belum lama jualan. Semua pedagang pernah mengalaminya, itulah proses pembelajaran dalam bisnis.

Berdagang sebenarnya menunggu rezeki Allah datang. Ada kalanya sepi namun ada kalanya ramai. Yang jadi masalah ketika kita sudah lama berjualan, namun penghasilan tak jua meningkat bahkan justru kadang menurun.

Baca Juga : Berbagai Keuntungan yang Akan Kamu Raih Saat Menjalankan Bisnis Sendiri

Faktor Penjualan Sepi Pelanggan

Sebenarnya ada dua faktor utama yang sangat penting dalam bisnis berjualan. Nah agar cara mengatasi jualan sepi pembeli ini dapat berhasil, maka kita harus memahami dengan baik dua faktor tersebut.

Menjual pada Orang yang Salah

Setiap penjual yang berhasil menjual produk atau jasa mereka adalah ketika bertemu dengan calon pembeli yang tepat. Calon pembeli yang tepat adalah mereka yang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sebanyak apapun calon customer yang ada, jika kita tidak memiliki produk atau jasa yang mereka butuhkan tentu dagangan kita tidak akan laku. Kebutuhan seseorang itu dipengaruhi banyak hal diantaranya usia, lingkungan, pekerjaan, gaya hidup dan tingkat ekonomi.

Cara Menjual yang Salah

Selain faktor yang pertama, hal yang menyebabkan dagangan Anda tidak laku adalah karena cara memasarkan atau menjualnya yang salah. Cara mengatasi jualan sepi pembeli dalam hal ini tentu saja memperbaiki caranya.

Tak sedikit orang-orang yang terampil dalam menjual, bisa membuat calon customer yang semula merasa tidak butuh berubah menjadi merasa butuh, dan sangat ingin membeli produk yang ditawarkannya.

Ketika bergelut di dunia marketing, penulis sendiri sering menemukan customer jenis ini. Dimana berbagai alasan mereka akhirnya sirna setelah mendengar penulis melakukan penjelasan terkait produk tersebut. Dimulai yang beralasan tidak punya uang sampai akhirnya pinjam tetangga, hingga menjual perhiasan yang dimiliki. Ini bukan dengan memaksa, atau menggunakan ilmu hitam tapi ini karena mereka merasa butuh.

Cara Mengatasi Jualan Sepi Pembeli


Setelah mengetahui penyebab jualan sepi pembeli, maka kita akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan. Solusi terbaik tentu saja dengan mengatasi faktor penyebabnya tersebut.

Menjual pada Customer yang Membutuhkan

Faktor utama yang menjadikan jualan apapun mudah mendapatkan pembeli adalah karena kita menjualnya pada orang yang membutuhkan. Menjual produk atau jasa pada orang yang salah sama saja seperti kita memasukan kunci pada lubang yang tidak tepat, akan terasa sangat susah meski dipaksa seperti apapun. Hingga akhirnya membuat kunci itu bisa patah.

Untuk itu, jangan membuang-buang waktu untuk membuat menjual pada orang yang salah. Jika Anda menjual produk-produk pertanian, maka tentu akan

Menjual dengan Cara yang Benar

Cara mengatasi jualan sepi pembeli berikutnya adalah menjualnya dengan cara yang benar. Ada banyak hal dalam poin ini, diantaranya adalah dengan membangun kepercayaan customer

Untuk mendapatkan omset penjualan yang tinggi setiap harinya, kita harus bisa membuat customer percaya dengan kita. Dengan kepercayaan yang tinggi maka kita akan bisa dengan mudah menjual apa pun kepada mereka. Ingat bagi banyak orang, ua ng adalah sesuatu yang sangat berharga, dan mereka hanya akan mengeluarkannya pada orang yang mereka percaya.

Jangan heran jika banyak para pedagang yang menjual satu produk yang sama (sejenis), namun tidak semua produk mereka laris, ada yang biasa-biasa saja, tidak laku, namun ada juga yang sangat laku.

Cara membangun kepercayaan adalah dengan seringnya berkomunikasi dengan customer, dan memberikan solusi terbaik untuk masalah yang sedang mereka hadapi.  Misalnya saja jika kita menjual produk pestisida dan pupuk pertanian, jika kita sering memberikan solusi maka para petani akan senantiasa membel di tempat kita, sekali pun disekitarnya ada banyak bermunculan toko pertanian baru.

Di tengah masyarakat dunia termasuk Indonesia yang menggunakan intetnet untuk mencari informasi terkait masalah yang mereka hadapi, sebenarnya membangun kepercayaan calon customer dewasa ini semakin mudah. Kita bisa membuat berbagai informasi yang memberikan solusi terbaik dari masalah yang banyak dialami target pasar kita. Salah satu solusinya adalah dengan membuat toko online dan kita sering menulis informasi atau artikel dalam toko online tersebut.

Dengan kita membuat postingan yang banyak yang sesuai dengan target pasar kita, maka kita akan dengan mudah mendapatkan calon customer baru setiap waktunya. Hal ini karena artikel yang kita buat, selain dapat memberikan informasi yang dibutuhkan juga akan mengantarkan mereka menuju toko online kita, yang tentu saja menjual produk yang mereka butuhkan.

Itulah kenapa berbagai toko online besar seperti Lazada, Shopee, dan lainnya juga menyediakan artikel untuk memberikan informasi pada para pengguna internet sehingga bisa semakin mudah mendapatkan customer.

Membuat toko online memang tidak mudah, sebab membutuhkan keahlian khusus seperti paham desain digital, bahasa pemrograman dan lain sebagainya. Namun di era digital seperti saat ini, hanya dengan sekitar Rp. 1 s/d 5 jutaan saja kita sudah bisa mendapatkan toko online dengan cara membelinya.

Melalui informasi ini, kami ingin  memberikan kesempatan terbaik untuk sahabat Membangun Inspirasi. Hal ini karena ada jasa pembuatan toko online murah, profesional yang sedang promo, dengan harga mulai Rp. 300.000 saja. Menariknya bahkan ada yang tanpa biaya langganan sama sekali, jadi hanya dengan sekali bayar kita sudah bisa memiliki toko online sendiri, lengkap dengan berbagai layanan dan fasilitasnya.

Dengan toko online ini, kita bisa mendapatkan calon customer baru setiap waktunya, dan tentu saja bisa buka 24 jam dalam sehari lengkap dengan pelayanannya. Kita pun bisa melayanai banyak customer sekaligus meski tidak memiliki banyak karyawan.

Kesimpulan

Sepi pelanggan dalam bisnis penjualan adalah sesuatu yang wajar, terutama jika kita baru membuka usaha. Namun apabila sudah lama kita berjualan, customer masih juga sepi berarti ada hal yang harus kita perbaiki.

Berdasarkan penjelasan di atas, ada 2 cara mengatasi jualan sepi pembeli yaitu menjual pada orang yang tepat, dan menggunakan cara yang tepat pula. Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang sudah tersedia.

Post a Comment for "2 Cara Mengatasi Jualan Sepi Pembeli, Mudah dan Berhasil !!!"