Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Berjalan Rasulullah SAW Menurut Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah


Cara berjalan Rasulullah SAW merupakan informasi penting, terutama bagi kita umat muslim yang sangat berusaha untuk meniru beliau dalam segala hal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara berjalan Nabi Muhammad SAW, sehingga kita bisa senantiasa berjuang maksimal untuk bisa mengikuti sunahnya.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara berjalan Rasulullah saw. berdasarkan yang telah Alaskan dalam kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah, yang telah disusun oleh Imam At-Tirmidzi. Adapun penjelasan mengenai hal tersebut adalah sebagai berikut :

Abu Hurairah r. a. berkata:


Tiada suatu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah saw., Seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya dari pada Rasulullah saw. seolah bumi ini dilipat-lipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedangkan Rasulullah saw. tidak memperdulikan.

Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id. dari Ibnu Luhai-ah’ dari Abu Yunus yang bersumber dari Abu Hurairah r.a..

Keterangan :

Ibnu Luhai-ah adalah 'Abdullah al-Hadlrami, seorang faqih yang masyhur dan qadli di Mesir, namun demikian adz-Dzahabi mendla'ifkannya, tetapi Hadits yang diriwayattkan oleh Ibnu Wahab, Ibnu Mubarak dan Abu Abdirrahman al-Muqri lebih baik. Ibnu Luhai-ah meninggal dunia pada tahun 174 H.

Ibrahim bin Muhammad menceritakan suatu kisah yang ia terima dari salah seorang putra ‘Ali bin Abu Thalib k.w. sebagai berikut:


Apabila ‘Ali bin Abu Thalib k.w. menerangkan sifat Nabi saw., ia akan berkata, “Bila beliau berjalan, kepalanya merunduk, seakan-akan jalanan menurun."

Diriwayatkan oleh 'Ali bin Hujr dan selainnya dari 'Isa bin Yunus dari 'Umar bin 'Abdullah (maula Ghafarah) dari Ibrahim bin Muhammad yang bersumber dari seorang putra 'Ali bin Abu Thalib k.w..

'Ali bin Abu Thalib k.w. bercerita:

Bila Nabi saw. berjalan, maka ia berjalan dengan merunduk seakan-akan jalanan menurun.

Diriwayatkan oleh Sufyan bin Waki' dari ayahnya dari al-Mas 'udi dari 'Utsman bin Muslim bin Hurmuz dari Nafi' bin Jubair bin Muth‘im yang bersumber dari 'Ali bin Abu Thalib k.w..

Demikian pembahasan mengenai cara berjalan Rasulullah saw. semoga kita selalu diberi hidayah dan kekuatan untuk bisa mengikuti semua yang telah disunahkannya. Bagi Anda yang ingin membaca semua isi kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah yang membahas lengkap, Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, silahkan bisa klik di sini.

Post a Comment for "Cara Berjalan Rasulullah SAW Menurut Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah"