Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul

Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul
MyThingsTips - Saat ingin membuat blog atau website, kamu akan membanding - bandingkan wordpress atau blogger untuk membuat blog agar performanya menjadi bagus.
ini biasanya akan membuat orang - orang menjadi bingung yang dimana mereka harus memilih satu yang akan mereka buat blog mereka sendiri. oleh karena itu sekarang kita akan membahas obyektif kelemahan dan keunggulannya masing - masing kedua platform ini.

Perbedaan Wordpress.com dan wordpress.org

sekarang kita harus membahas ini dulu, bagaimana kamu mulai bingung kan dari kedua domain diatas? secara pengertian Wordpress.org adalah merupakan layanan Non - Hosted sedangkan untuk wordpress.com aadalah layanan hosted.
arti dalam non- hosted adalah blog/website kita tidak akan berada pada platform tersebut melainkan kita akan menggunakan Hosting dan Domain sendiri.
untuk layanan hosted kita masih menggunakan layanan mereka tetapi tidak ada pada hosting dan domain kita sendiri melainkan kita selalu login akan dari wordpress.com.
Blogger.com juga termasuk Hosted.
Intinya tadi Wordpress.org adalah sepenuuhnya milik anda, karena anda membeli hosting dan domainnya dan memasangkan CMS Wordpress pada Hosting anda.
Sekarang kita akan membandingkan ketiganya dari beberapa aspek

Popularitas

Wordpress(Hosted dan non-hosted) saat ini memasuki peringkat ke 3 sebagai CMS yang sangat populer dengan persentase pasar sebesar 39% daripada total pengguna yang lain.
sedangkan blogger berada pada peringkat 4 dengan persenttase 1% , silakan dilihat pada tabel berikut
Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul

Kemudahan Untuk Membuat

Wordpress.com dan blogger.com, keduanya merupakan yang paling mudah dalam membuat karena kamu hanya perlu memasukkan nama websitenya masing - masing dan data diri kamu.
Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul
kalo yang wordpress.org akan sedikit lebih sulit karena kamu akan membutuuhkan Hosting dan domain untuk dapat menginstall wordpress Self-hosted tersebut.
tahapnya akan saya jelaskan.

Biaya Pembuatan Dan Pengembang

Wordpress.com dan bloggeer.com lagi - lagi sama.
kamu tidak perlu untuk memikirkan biaya sama sekali untuk membuat akun dikeduanya maupun mempunyai batas distorage, nantinya kamu akan bisa membayar bulanan dengan paket yaang sudah disediakan.
Wordpress.com mempunyai storage sekitar 3GB, 99$/Bulan untuk upgrade 13GB.
Sedabgkan untuk blgger gratis 15GB (Untuk Foto Tidak Terbatas) CEK HARGA PAKET untuk menambah kapasitasnya, mulai dari 4$/Bulan.
Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul
Kamu tidak perlu membeli domain dan hosting jika kamu rela alamat website kamu jadi seperti ini namawebsite.wordpress.com namawebsite.blogspot.com.
untuk menjadi namawebsite.com kamu hanya perlu membeli domain sektar Rp100.000, jika itu dibutuhkan.
Untuk Wordpress.org kamu membutuhkan Hosting dan Domain, dan untuk biayanya diawal kamu sekitar RP350.000 - Rp400.000 pertahunnya. kapasitas hosting seharga ini akan mendapatkan Storage sekitar 1 - 10GB.

Kesimpulannya
Wordpress.org butuh biaya awal seperti untuk membeli Hosting dan Domain, sedangkan untuk wordpress.com dan Blogger.com ini gratis tidak membutuhkan biaya awal.

KEMUDAHAN UNTUK DIGUNAKAN

Sebetulnya dari ketiga ini sama saja.

Tapi disini saya akan menjelaskan lebih detail kemudahannya untuk ketiganya.

Wordpress.com dan wordpress.org lebih mudah dikelola dan mempunyai tampilan dasbor yang lebih ramah. blogger juga mudah terutama jika saat kita mencari menu dasbor tersebut.
meskipun begitu bedanya tidak seberapa.
ini tampilan dasbor blogger
Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul
Dan ini untuk tampilan dasbor wordpress
Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul

TAMPILAN

yang pertama untuk tamoilan pada dashboard Wordpress.com ataupun .org lebih unggul dan lebih ramah serta mempunyai ciri - khas tersendiri.
yang ke dua adalah blogger
pilihan template pada blogger sudah banyak dan kamu juga dapat mengubah tampilan template kamu sendiri untuk memperbagus tampilannya, dan kamu juga dapat mengupload template yang kamu download pada tema blogger untuk mengganti template yang lebih bagus lagi.

PERINGKAT UNTUK FLEKSIBILITAS TAMPILAN

  1. Wordpress.Org
  2. Wordpress.com
  3. Blogger.com

FITUR

Jika kita lihat dari fitur dasar CMS ketiganya sama saja, sama - sama bisa membuat postingan dan page, memasukkan gambar, video, dan multimedia lainnya.

Blogger seniri mempunyai kelemahan, apakah itu:
1 halaman sangat dibatasi sekitar 1MB, jadi kamu tidak bisa membuat  1 halaman yang berisi banyak gambar.
Jika kita lihat dari fleksibilitas tampilannya wordpress.org lebih unggul.
Diwordpress.org anda dapat menambahkan fitur - fitur ekstra dengan bantuan plugin, ada ratusan banyak plugin yang dapat kamu pasang.
karena sifatnya open source, jadi kita dapat memodifikasi fiturnya.

PERANGKAT UNNTUK FLEKSIBILITAS FITUR

  1. Wordpress.Org
  2. Wordpress.Com
  3. Blogger.com

MONETISASI IKLAN

Karena pengguna blog banyak yang ingin mendapatkan uang dengan menggunakan misalnya : Google Adsense, maka ini perlu dibahas.
selengkapnya ini untuk wordpress.com
  1. iklan adversiting tidak diijinkan
  2. tapi kamu boleh pasang iklan secara manual
  3. Sponsored post diperbolehkan
  4. Jika website dah banyak pengunjungnya silakan pasang iklannya seperti Adwords.
  5. jika menggunakan wordpress VIP maka ikklan diperbolehkan.
Sedangkan wordpress.org tidak masalah, karena tidak ada yang mengatur selain kita sendiri maka boleh pasang iklan dari adsense.
blogger karena ini adalah yang punya google maka tentu diperbolehkan.

KEPEMILIKAN KONTROL

Baiklah disini saya akan membahas tentang ini, silakan disimak:
karena sifatnya Hosted maka  Wordpress.com dan Blogger bukan 100% milik kamu, tapi disini seperti keamanan 100% akan ditanggung oleh Google Dan Wordpress.com.
keterbatasannya juga banyak, speerti Storage, dan membuat halaman yang lebih, mengganti template juga terbatas seperti Wordpress.com dan blogger bebas.
sewaktu - waktu website yang kamu buat juga bisa terhapus karena diakibatkan beberapa alasan.
konten yang kamu buat juga tidak bisa di kembalikan lagi.

PENUTUP

baiklah itu tadi beberapa penjelasan Blogger Atau Wordpress yang sudah saya posting, semoga saja teman - teman bisa memilih sebelum membuat blog atau website.

Post a Comment for "Blogger Atau Wordpress Dan Fiturnya, Mana Yang Lebih Unggul"