Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Hasil Printer Putus-Putus Tidak Jelas


Dizaman ini printer merupakan suatu peralatan yang sangat penting keberadaannya, baik untuk instansi pemerintahan, swasta, sekolah, bahkan untuk dunia usaha dan individu.
Hampir disemua tempat kita bisa menjumpai printer, hal ini menandakan betapa pentingnya alat pencetak ini. Dengan printer berbagai kreasi dan suatu hasil pengolahan data dapat ditampilkan melalui berbagai lembaran nyata.
Namun demikian, tidak jarang printer sering mengalami kendala saat pencetakan , terutama akan hasil pencetakan itu sendiiri. Bayangkan jika kita membutuhkan hasil cetakan dalam waktu yang cepat, kasir dituntut kejelasan harga oleh coustomernya atau mahasiswa yang diambang batas akhir pengerjaan tugasnya, tentu ini akan sangat membuat kita pusing.
Tulisan inipun saya buat atas dasar pengalaman saya beberapa hari ini, dimana saat melakukan pencetakan printer Epson L360 saya mengalami hasil cetakan yang sangat tidak jelas, putus-putus di berbagai tulisannya. Tentu saya sangat pusing karenanya, terlebih banyak pelanggan yang ingin mencetak ditempat saya. Adapun hal-hal yang saya lakukan sehingga printer tersebut bisa kembali normal adalah sebagai berikut :

Bersihkan Head  Cleaningnya

Jangan terburu-buru dulu mengaggap catride printer rusak, saya awalnya sangat takut itu yang terjadi karena memang printer yang saya miliki sangat ekstra kerja keras bekerja untuk memenuhi permintaan pelanggan atau bahkan untuk keperluan tugas kuliah saya dan istri.
Namun saya beranggapan bahwa kemungkinan besar jika mengalami hasil cetakan putus-putus itu dikarenakan head claeaningnya yang kotor, alasn ini menjadi kuat dikarenakan printer saya sering terkena paparan debu-debu jalanan. Head cleaning yang saya maksud disini adalah tempat tinta pada printer, saya ingin menamakannya head printer, namun karena ada menu head cleaning di printer saya akhirnya memutuskan menamakan tempat tinta tersebut pada tulisan ini  dengan head cleaning (nama ini hanya untuk memudahkan  mengingat menu headcleaning saja, pen).
Untuk membersihkan head clening printer kita tidak harus repot membongkarnya, karena setiap printer pasti ada menu untuk membersihkannya. Dimenu printer Epson saya misalnya, untuk membersihkan head cleaningnya kita hanya cukup masuk kemenu print di computer.
Dari Ms. Word saya masuk kemenu print (ctrl+p), kemudian saya pilih Properties, pilih maintenance, lalu klik Head Cleaning. Setelah diklik tunggu beberapa saat , printer akan membersihkan head cleaningnya.
Setelah proses selesai kita bisa cek hasilnya di printah print, atau menu finish jika dianggap cukup. Biasanya satu kali saja itu kita lakukan maka hasil print akan kembali seperti sedia kala, jika belum berhasil juga mungkin head cleaning belum bersih lakukan satu kali lagi prosedur head cleaning.
Namun pembersihan ini jangan dilakukan sampai tiga kali, hal ini dikarenakan saat  pembersihan head cleaning printer bekerja sangat keras sehingga jika dilakukan terlalu sering apalagi dalam waktu yang sama. Dikhawatirkan justru akan merusak printer secara keseluruhan.

Metode Penguapan

Metode penguapan ini dikarenakan setelah saya melakukan pembersihan head cleaning menggunakan menu bawaan printer tak memiliki hasil maksimal. Printer mencetak dengan baik hanya beberapa waktu namun setelah didiamkan beberapa lama , hasil cetakan kembali putus-putus.
Oleh karenanya saya mengagap head clening tersumbat. Adapun yang saya lakukan untuk metode inipun cukup simple yaitu hanya dengan menggunakan air mendidih dan mangkok besar atau sejenisnya. Air yang baru saya masak saya masukan kedalam ratam(rantang) yang diatasnya ditutup dengan kertas karbon yang bagiannya sudah dilubangi. Fungsi kertas karbon ini hanya sebagai tatakan agar head cleaning tidak terjatuh. Saat tinta menetes kedalam kertas karbon itu menandakan bahwa tinta sudah tidak tersumbat.

Metode Pengurasan

Langkah satu dan dua belum juga berhasil membuat saya hampir putus asa, akhirnya saya memutuskan menguras habis tinta warna hitam yang ada dalam head cleaning printer. Kali ini saya beranggapan tinta printer tersumbat.
Setelah tinta terkuras semua saya tiup bak pengisian pakai pompa, kemudian selang katrid saya sedot.
Namun setelah tinta saya masukan kembali dan printer sudah siap digunakan, betapa terpukulnya saya karena ternyata hasil printnya hanya cetakan putih alias tanpa tinta.
Akhirnya saya angkat head cleaning keatas, saya buka penutup tinta, berharap tinta mengalir karena tertiup udara. Kemudian setelah itu saya kasih tatakan agar head cleaning sedikit lebih tinggi dari posisi sebelumnya. Saya print beberapa dokumen… dan   BERHASIL printer saya bekerja seperti sedia kala.
Saya turunkan headcleaaningnya ketempatnya semula, 6 jam kemudian saya ngeprint berkali-kali . Alhamdulillah hasil printer bagus maksimal seperti sedia kala.
Semoga pengalaman berharga ini bisa membantu rekan-rekan yang mengalami masalah yang sama dengan saya.

Indahnya Berbagi.
Salam Kepedulian
DETATANG - KAMAL





Post a Comment for "Cara Mengatasi Hasil Printer Putus-Putus Tidak Jelas"