Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Burung Merak dan Karakteristiknya, Lengkap!!

jenis burung merak

Jenis Burung Merak - Burung merak ialah salah satu jenis unggas yang sangat indah. Hal ini karena mempunyai bulu yang begitu cantik dan mempesona. Burung merak juga biasa disebut dengan peacock. Peacock sendiri adalah sejenis burung yang termasuk golongan Genus Pavo serta Frapavo.
Selain itu, burung merak juga mempunyai mahkota yang memperhias kepalanya. Untuk merak betina biasanya disebut dengan peahens dan menyebut betina, dan jantan ialah pafowl. Karena hewan satu ini sangat lah menarik untuk dilihat jadi orang-orang banyak yang menyukainya.
Dan bahkan banyak orang yang membuat burung merak hias untuk hantaran pernikahan. Salah satunya yaitu  membuat mahar bentuk burung merak dari uang kertas.
Namun burung merak saat ini sangat susah untuk ditemui. Ini karena populasinya yang rendah dan membuat dia menjadi punah. Mungkin untuk bisa menemuinya hanya ada di kebun binatang, dan itu juga tidak semua kebun binatang memelihara burung merak tersebut.

Jenis-Jenis Burung Merak

Berikut jenis burung dan makanan merak yang telah kami rangkum dari sukaburung.com.

Jenis Burung Merak Yang di Lindungi

Terdapat 4 jenis burung merak yang ada di dunia yaitu merak hijau, merak kango dan merak putih. Jenis itu termasuk dalam Famili Galliformes atau sama dengan ayam dosmetik.
Bentuk burung merak pun sangat indah ia mempunyai ekor yang panjang dan bermacam-macam warnanya. Dan ini saya kasih penjelasan sedikit tentang 4 jenis merak tersebut.

1. Merak HIjau

jenis burung merak
Merak hijau atau biasa desebut merak jawa, karena di Indonesia hanya bisa ditemukan di pulau jawa. Hewan satu ini juga mempunyai warna bulu yang sangat indah yaitu warna hijau keemasan.
Burung merak hijau dewasa panjang bisa sampai 3 meter, ukurannya pun sangatlah besar. Adanya jambul yang berdiri tegak menghiasi kepalanya.
Namun jenis burung merak ini, tidak mempunyai bulu ekor panjang yang menutupinya. Merak hijau biasanya memakan makanan berupa biji-bijian, daun,rumput, macam-macam hewan yang kecil dan serangga, karena mereka adalah omnifora.

2. Merak Putih

jenis burung merak putih
Seperti namanya, merak putih seluruh tubuhnya  berwarna putih. Jenis merak ini juga biasa disebut dengan merak India.
Merak putih ini juga sangat sulit ditemui. Tentu saja karena banyaknya manusia-manusia jahat yang memburu hewan ini.
Karena kelangkaan merak putih ini, akhirnya  tidak semua di kebun binatang ada teman-teman. Jadi sangat disayangkan ya, hewan secantik ini diperjual belikan dan akhirnya menjadi punah.

3. Merak Kango

jenis burung merak kango
Merak kango mempunyai warna biru sedikit gelap. Merak kango jantan panjang tubuhnya bisa sampai kira-kira 70cm. Merak jenis ini, juga mempunyai mahkota di kepalanya  yang berwarna putih. Sementara lehernya berwarna merah.
Sedangkan merak kango betina, warna jambulnya cokelat dan warna hijau berkilau yang menghiasi bagian belakang tubuh.

4. Merak Biru 

jenis burung merak biru
Merak biru biasa juga disebut dengan Merak India. Sudah pasti warnanya itu didominasi dengan biru. Merak biru berkelamin jantan mempunyai mahkota berwarna biru seperti kipas. Panjangnya bisa mencapai 230cm.
Sedangkan merak biru betina mempunyai tubuh yang agak kecil dari jantan. Nah karena banyaknya orang yang tega memburu dan menjualnya, hal itu menjadikan jenis burung merak ini juga menjadi langka.

Jenis Makanan Burung Merak 

Untuk makanan lebih baik memberi makan dengan teratur, dan pastinya bisa berikan makanan yang baik untuk hewan satu ini, seperti :
1. Dedaunan
2. Serangga, seperti jangkrik
3. Kadal kecil
4. Laba-laba
5. Voer
6. Cacing
7. Pucuk rerumputan
8. Biji-bijian
9. Ulat hongkong atau ulat lainnya

Jenis Burung Merak di Dunia

1. Merak Biru


Merak biru mempunyai ekor yang berwarna cerah dan berpola titik-titik seperti mata. Ini hanya bisa dilihat jika merak membentangkan ekornya.
Merak jantan dewasa bisa mencapai kira-kira 230cm, dan yang betina berukuran agak kecil dari merak jantan.

2.. Merak Congo


Jenis burung merak congo berwarna biru gelap, hijau, dan ungu mengkilap, leher berwarna merah, jambul dikepalanya bewarna putih. Ukuran dewasanya bisa mencapai 70cm.
Sedangkan merak congo betina berwarna coklat, pada bagian belakang berwarna hijau.

3. Merak Hijau


Jenis buurung merak ini, mempunyai mahkota dikepalanya berwarna hijau keemasan. Dimana pada merak hijau  betina jantan lebih besar ukurannya dari betina. Namun merak hijau tidak ada bulu ekor panjang yang menutupinya.
Merak hijau juga sangat pandai dalam hal terbang, Jenis ini juga termasuk dari suku Phasianidae. Dipulau jawa merak hijau kurang lebih hanya tersisa 800 ekor saja.

Jenis Burung Kolibri Merak

Di Indonesia Burung kolibri atau biasa juga disebut dengan burung madu sangat lah banyak. Burung ini mempunyai bentuk tubuh yang kecil, tetapi suaranya yang dapat memikat para pecinta burung.
Paruhnya berwarna cerah dan bulu yang warna-warni. Jenis ini juga memakan laba-laba, serangga, ulat dan lain sebagainya. Bentuk burung ini pun sangat indah, ia mempunyai ekor yang panjang dan bermacam-macam warnanya.  Jadi apa saja jenis burung kolibri ini, mari kita lihat dibawah ini.

1. Kolibri Sepah Raja

Jenis Burung Kolibri sepah raja
Jenis burung kolibri sepah raja sangat menyukai sari dari buah cerry. Ia biasa berhabitat di perkebunan dan hutan tropis. Kolibri sepah raja ialah jenis burung yang mengembangbiakan di Indonesia, jenis ini hanya berkelamin jantan saja.
Namun sepah raja mempunyai ketahanan tubuh yang jauh lebih kuat dari kolibri yang lain, maka dari itu ia sangat berbeda dari jenis lain.
Bulu dari Sepah raja warnanya merah terang atau kombinasi hitam,kuning dan ungu. Bagian perutnya berwarna abu-abu, dan  ekor berwarna ungu.

2. Kolibri Merak (Gunung)

Jenis Burung Kolibri gunung
Kolibri merah mempunyai tubuh yang ukurannya kira-kira 13cm, ia juga memakan makanan nektar dan serangga-serangga kecil.
Jenis burung kolibri ini hanya bisa ditemukan di daerah jawa saja loh teman-teman. Kolibri merak juga sering disebut dengan kolibri gunung .

3. Kolibri Ninja

Jenis Burung Kolibri ninja
Kolibri ninja menjadi salah satu jenis burung kolibri yang sering diminati oleh pecinta burung. Hal ini karena tampilannya yang cantik, namun terlihat sangar walaupun jenis ini hanya berukuran 10cm saja.
Kolibri ninja biasa berhabitat di pinggir hutan dan ketinggian kurang lebih 100 – 200m, pada kolibri ninja jantan mempunyai topi hijau yang berada dikepala, bulu dada yang berwarna merah coklat dan abu, leher yang berwarna ungu sedangkan kolibri ninja betina yang hanya mempunyai warna abu-abu .

4. Kolibri Mangar

Jenis Burung Kolibri mangar
Jenis ini mempunyai ukuran paruh yang agak besar, namun sedikit pendek dari kolibri lainnya.
Kolibri mangar jantan yang mempunyai mahkota  yang lebih berkilau daripada betina. Bagian sayapnya berwarna ungu terang, pipi hingga dagu berwarna coklat. Sedangkan mangar betina warna tubuhnya hijau dan bagian bawah warna kuning .
Ukuran tubuhnya pun lumayan sedang kira-kira 13cm.

5. Kolibri Jawa

 Jenis Burung Kolibri jawa
Kolibri jawa mempunyai ukuran tubuh 11cm, dan ciri-cirinya mempunyai tungir kuning yang menjalar, perut warna putih. Ekornya berwarna ungu, kepala merah dan mahkota  yang menghiasinya bewarna ungu.
Kolibri jawa ini juga memakan nectar sama dengan yang lainnya. Jenis burung kolibri ini, mempunyai nama latin ‘aerhopyga mystacalis’.

6. Kolibri Matari

Burung Kolibri matari
Kolibri matari banyak berada di pegunungan Kalimantan dan Sumatra.Jenis ini mempunyai nama latin’Cinnirys Solaris’. Untuk ukuran tubuhnya juga hanya 11cm sama dengan kolibri Jawa.
Kolibri matari juga mempunyai 2 jenis yaitu jantan dan betina. Kolibri matari jantan mempunyai warna bulu merah dan sayap warnanya kuning. Sedangkan kolibri matari betina, bagian bawah perut warnanya kuning, dan atas tubuh warnanya cokelat.

7. Kolibri Sangihe 

Burung Kolibri sangihe
Kolibri Sangihe juga sama dengan kolibri gunung, yaitu bertubuh 12cm. Kita bisa menemuinya di daerah Sulawesi Utara, yaitu di Pulau Sangihe.
Untuk makanannya juga sama dengan kolibri lainnya, yaitu serangga kecil dan nectar.

8. Kolibri Leher Merah

Burung Kolibri leher merah
Kolibri leher merah juga mempunyai 2 jenis. Cara membedakannya juga sangat gampang. Kolibri leher merah jantan, warna tubuh atas hijau berkilau. Pada bagian bawah warnanya kuning gelap.
Kolibri leher merah betina, tubuhnya berwarna hijau. Lingkar mata kekuningan, tenggorokan putih dan bagian bawah kuning pucat.

9. Kolibri Sriganti

Burung Kolibri sriganti
Jenis burung Kolibri sriganti jantan, ciri-cirinya tubuh hingga kepala warnanya kuning terang. Dagu berwarna hitam ungu cerah. Sedangkan kolibri sriganti betina, didominasi tubuhnya warna kuning.
Kolibri sriganti menjadi salah satu jenis yang sangat mudah ditemukan dimana saja. Apalagi ia sangat menyukai bunga yang banyak nektarnya.
Burung ini juga mempunyai bentuk tubuh yang ukurannya hanya 8 – 10cm.

10. Kolibri Rimba

Burung Kolibri rimba
Biasa dapat ditemui di daerah Kalimantan dan Sumatra, jenis ini mempunyai kebiasaan memutari  pohon yang kecil, hutan rawa dan hutan sekunder.
Kolibri rimba mempunyai tubuh yang ukurannya kira-kira 12,7 – 15cm. Karna ukurannya yang besar maka jenis ini sulit ditemukan di pasaran.

11. Kolibri Wulung

Burung Kolibri wulung
Jenis burung kolibri ini bersifat lebih agresif dari kolibri yang lain. Ciri dari kolibri wulung jantan adalah mahkota  dan  tubuhnya yang berwarna hijau tua berkilau. Bagian dada hingga leher warnanya cokelat dan pipi yang berwarna merah.
Lalu kolibri wulung betina mempunyai warna yang lebih pucat dari kolibri wulung jantan, yaitu warna hijau zaitun.
Bagaimana sobat? kamu sudah paham kan sekarang ada banyak jenis burung merak, yang tersebar luar diindonesia maupun diluar. Membahasa burung memang sangat menarik, khususnya bagi para pecinta burung. Jenis burung kolibri. Jangan lupa baca postingan 8 cara ternak burung kenari yang mudah dan menghasilkan ya.

Post a Comment for "Mengenal Jenis Burung Merak dan Karakteristiknya, Lengkap!!"