Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kerusakan Sendi, Sudah Tahu?

manfaat brokoli untuk kesehatan
Mengetahui manfaat brokoli untuk kesehatan, membuat kita semakin semangat dalam mengkonsumsinya. Anda tentu sudah sangat akrab dengan sayuran ini bukan?
Tentu saja, sebab dimana ada pesta, maka boleh dipastikan sop dengan brokoli  akan ada pula disitu.
Brokoli, selain enak disantap, ternyata memilik kandungan lebih dari sekedar enak dimakan. Salah satu manfaatnya yakni bisa mencegah kerusakan sendi  pada tubuh manusia.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Sendi

manfaat brokoli untuk kesehatan


Apa kerusakan sendi itu? Nah, kita tidak akan membicarakan masalah itu karena itu menyangkut urusan  medis. Tetapi yang sudah pasti, kerusakan sendi banyak dialami oleh orang-orang  berusia di atas 30 tahun. Tetapi juga bukan berarti yang lebih muda tidak terancam oleh penyakit itu. Bisa saja di usia muda juga mengalami nasib yang sama.

Disitulah peran brokoli  mencegah kerusakan sendi . Benar begitu? Tentu saja benar, sekurang-kurangnya, ada hasil  penelitian yang dilakukan oleh Tim dari Universitas East Anglia di London, Inggris yang meneliti pada manusia, , sebagai lanjutan penelitian laboratorium mereka.

Sebuah laporan yang disiarkan oleh Republika.co.ID, yang mengutip hasil penelitian itu. Menyatakan bahwa penelitian sebelumnya dilakukan pada hewan tikus. Dan menunjukkan senyawa brokoli mampu mencegah aktivitas enzim perusak tulang rawan. 

Para peneliti kemudian menggunakan  20 pasien, dan mereka diberi konsumsi  dosis brokoli setiap hari.  Brokoli yang mereka konsumsi itu, telah  dibiakkan sehingga menjadi  lebih  kaya dengan  nutrisi.

Sayuran jenis brokoli ini  sebenarnya  adalah  tanaman  sayur, hasil persilangan antara brokoli standar dan jenis  brokoli  jenis  liar dari Sisilia. Para pasien  diminta  melakukan diet dua minggu . Baru sesudah itu, mereka dioperasi untuk melihat hasil  dietnya pada lutut. Lantas adakah bukti manfaat brokoli untuk kesehatan sendi ini?

Ketua tim peneliti, Rose Davidson dan  timnya  kemudian meneliti  jaringan yang sudah dihilangkan, untuk melihat dampak brokoli pada para pasien.

Menurut Davidson, para pasien itu  disuruh  makan 100 gram brokoli  setiap hari selama dua minggu.  Ternyata meskipun  dua minggu  tidak cukup untuk membuat perubahan besar, Tetapi Davidson meyakini  hasil itu sudah cukup untuk memberi bukti bahwa super brokoli, bisa menguntungkan jika dikonsumsi oleh manusia. 

Kalaupun hasilnya tidak terlalu  besar, tetapi Davidson merasa yakin juga bahwa brokoli paling tidak bisa “mencegah” kerusakan pada sendi manusia. Sekali lagi brokoli mencegah kerusakan sendi.

Oleh sebab itu Alan Silman, salah satu peneliti dari Inggris juga menegaskan, bahwa sampai saat ini banyak penelitian yang belum berhasil menemukan jenis makanan, yang bisa mencegah kerusakan pada sendi. 

Tetapi  dengan  melihat hasil yang dikerjakan Davidson dan timnya, ia optimis penemuan itu justru bisa berdampak besar. Ia mengakui brokoli mencegah kerusakan sendi.

Nah, sekarang Anda tahu selain brokoli memang enak, renyah dilidah, ternyata  brokoli mencegah kerusakan sendi. Jadi ya, sering-seringlah makan brokoli. Buat tulang sendi  Anda menjadi lebih kuat.

Semoga informasi mengenai manfaat brokoli untuk kesehatan sendi ini bermanfaat. Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Jangan lupa baca artikel kami lainya, tentang berbagai makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan.

Post a Comment for "Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Salah Satunya Mencegah Kerusakan Sendi, Sudah Tahu?"