Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Donat Madu dengan Mudah, Empuk dan Istimewa!

cara-membuat-donat-madu


Pada pembahasan kali ini kita akan membahas cara membuat donat madu. Bukan hanya empuk dan istimewa, tapi dalam pembuatannya pun terbilang mudah.

Donat madu merupakan salah satu cemilan yang begitu digemari, sehingga populer di banyak wilayah. Cara membuat donat madu, sebenarnya menggunakan bahan sama seperti halnya membuat donat biasa.

Bahan tersebut tak lain adalah terigu. Terigu banyak sekali di jual di berbagai swalayan hingga toko kolontong. Agar donat yang dihasilkan lebih maksimal, dianjurkan mencampur terigu berprotein sedang dengan berprotein tinggi.

Cara pembuatan donat madu pun tahapannya harus benar-benar diperhatikan. Dengan hal ini, maka berbagai manfaat dan vitaminnya akan benar-benar kita peroleh.

Mulai dari terigu yang sangat bagus, dengan madu yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Tentu sangat bagus untuk di konsumsi setiap harinya. 

Donat juga sangat bagus untuk di jadikan menu sarapan pagi. Cemilanan ini sangat enak di sajikan masih hangat. Apa lagi di sajiakan dengan di temani minuman hangat sepeti teh hijau hangat, atau minuman hangat yang lainya. 

Nah untuk anda yang belum pernah mencicipi donat madu, anda tidak usah jauh-jauh lagi ke toko kue, mending coba untuk membuatnya. Kalo mau coba membuatnya anda bisa simak resep dan caranya di bawah sini.

Cara Membuat Donat Madu Empuk Istimewa



cara-membuat-donat-madu


Sebelum membuat donat madu, pastikan semua alat dan bahannya telah tersedia. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannha di bawah ini.

Bahan-Bahan Donat Madu : 


  • Madu asli sebanyak 6 sdm. Pilihlah madu asli karna akan beda pada rasanya.
  • Tepung terigu sebanyak 375 gr, protein tinggi.
  • Telur ayam sebanyak 3 butir, pisahkan kuningnya.
  • Tepung terigu sebanyak 125 gr, protein sedang.
  • Ragi instan sebanyak 12 gr.
  • Gula pasir sebanyak 100 gr.
  • Garam sebanyak ½ sdm.
  • Margarin sebanyak 105 gr.
  • Air putih sebanyak ¼ L

Tahapan Cara Membuat Donat Madu

Yang pertama campurkan lah ke dua tepung terigu itu jadi satu. Dengan tambahan garam, ragi instan dan margarin, sampai semua adonan kecampur merata.

Masukan kuning telurnya dengan madu di aduk samapi merata.

Masukan air sedikit demi sedikit sambil di atuk sampai adonan tercampur sempurna, atau sampai kalis.

Diamkan adonan selama 30 menit, tutuplah wadah menggunakan kain serbet dan bersih.

Setelah 30 menit, ambil adonan donatnya secukupnya. Kemudian dibentuk adonan tersebut menjadi bola – bola lalu di pipihkan dan diberi lubang di tengahnya, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit.

Lalu di panaskan wajan menggunakan api kecil, di masukan satu demi satu donat ke dalam wajan. Jangan lupa letakan sumpit di bagian tengah donat atau di lubangnya. 

Saat di goreng donat harus di putar pelan – pelan supaya donatnya bulat sempurna. Jika donatnya berubah warna menjadi kekuningan, terus di balik, lakukan seperi itu sampai adonan donatnya habis.

Jika semua donat sudah matang di angkat, terus di tiriskan, dan sudah siap di sajikan.

Itulah resep cara membuat donat madu yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Pantau terus blog Membangun Inspirasi untuk mendapat informasi berbagai resep masakan, serta berbagai informasi menarik lainnya.

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Donat Madu dengan Mudah, Empuk dan Istimewa!"