Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Munculkan Menu Syncronisasi dan Tarik Data Pada Dapodik Versi 2021


Kherysuryawan.id – Solusi untuk memunculkan menu Tarik data atau memunculkan menu syncronisasi pada aplikasi dapodik versi 2021.
Salam satu data,
Sahabat operator dapodik sekolah dimanapun berada bagaimana kabar anda hari ini ????
Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita semua masih bisa melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang sangat besar yaitu sebagai jantung sekolah.

Tugas sebagai operator dapodik tidaklah mudah namun jika benar-benar dilakukan dengan baik dan penuh dengan keikhlasan serta mau untuk selalu belajar dan mencari informasi maka tentunya pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan baik. Suka duka menjadi seorang operator dapodik tentunya akanmenjadi sebuah cerita yang takkan pernah untuk dilupakan ketika bertemu dangan sahabat-sahabat operator dapodik lainnya.

Saya pun awalnya ketika menjadi seorang operator dapodik sangatlah kebingungan sebab belum memiliki pengalaman sedikitpun dalam menjalankan aplikasi dapodik namun dengan usaha yang besar untuk terus belajar dan tekun mengandalkan Tuhan dalam setiap pekerjaan maka pastinya kesusahan itu akan bisa terlalui dengan baik.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas seputar aplikasi dapodik terbaru yang digunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2021. Ada banyak kendala yang di hadapi oleh para operator dapodik dalam menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru ini mulai dari persoalan verifikasi akun dapodik dan verikasi akun ptk serta adanya beberapa bentuk perubahan khususya dalam hal melakukan proses syncronisasi data dapodik.

Di aplikasi dapodik versi 2021 ini ada 2 jenis metode metode atau proses pengiriman data, yaitu :
1.   Tarik data
Tarik data adalah proses satu arah dimana hanya akan menurunkan data yang mengalami perubahan yang ada di server saja. Proses ini tidak akan mengirimkan data yang mengalami perubahan di lokal ke server.
2.   Sinkronisasi
Sinkronisasi adalah proses dua arah yang akan menurunkan data yang mengalami perubahan di server dan akan mengirinkan data yang menglami perubahan dilokal ke server.

Saat ini banyak sekali operator yang masih bingung sebab terkadang ketika akan melakukan proses sinkronisasi namun tiba-tiba menu sinkronisasi tidak muncul dan begitu juga sebaliknya dimana operator ingin melakukan Tarik data namun menu Tarik data juga tidak muncul.

Untuk melakukan sinkronisasi tentunya harus di pahami terlebih dahulu, yakni hanya bisa dilakukan apabila kita mengakses menggunakan akun kepala sekolah saja. Artinya bahwa jika anda membuka aplikasi dapodik menggunakan akun operator dapodik maka anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi maupun Tarik data dapodik.

Lantas bagaimana jika kita sudah login menggunakan akun kepala sekolah dan ingin melakukan sinkronisasi namun menu sinkronisasi tidak muncul ????
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu anda ketahui bahwa sebelum melakukan sinkronisasi perhatikan bahwa pada menu validasi pastikan sudah tidak ada data yang invalid sebab jika masih ada data yang invalid maka menu sinkronisasi tidak akan muncul melainkan yang muncul hanyalah menu Tarik data saja.

Lantas bagaimana cara untuk bisa melakukan Tarik data jika menu Tarik data tidak muncul ???
Untuk menjawab pertanyaan ini maka pastikan bahwa anda telah melakukan proses Tarik data secara online baik itu Tarik data siswa baru maupun Tarik data PTK mutasi. Jika anda telah melakukan Tarik data online maka silahkan anda lakukan sinkronisasi terlebih dahulu dan jika sudah berhasil melakukan sinkronisasi maka silahkan anda klik menu “Reload” dan anda pasti akan melihat menu “Tarik data” muncul.


Demikianlah yang bisa saya informasikan pada kesempaan kali ini, lebih dan kurangnya mohon di maafkan dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu para operator dapodik sekolah yang sedang mengalami masalah dalam memunculkan menu sinkronisasi dan menu Tarik data pada aplikasi dapodik versi terbaru ini.
Sekian dan Terimakasih

Post a Comment for "Cara Munculkan Menu Syncronisasi dan Tarik Data Pada Dapodik Versi 2021"