Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Masker Sendiri yang Ampuh Mencegah Virus Penyakit


Cara membuat masker sendiri sepertinya merupakan informasi menarik di tengah masyarakat dunia dihebohkan dengan virus Korona. Sebab tak sedikit oknum yang memanfaatkan musibah ini untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Berbagai media, baik cetak maupun elektronik banyak yang memberitakan tingginya harga masker akhir-akhir ini. Bukan hanya harganya yang mahal, tingginya antusias masyarakat terhadap masker juga membuat berbagai pusat stok masker di berbagai pusat perbelanjaan mengalami kelangkaan.

Baca Juga : 7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Struk Hingga Kanker!

Pengertian Masker


Sebelum membahas cara membuat masker ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian masker itu sendiri. Dilihat dari bentuk dan fungsinya pengertian masker adalah kain penutup mulut dan hidung yang digunakan untuk menyaring udara pernafasan agar udara yang dihirup lebih bersih, baik dari debu maupun partikel berbahaya lainnya.

Lantas kapan seseorang harus menggunakan masker? Tentu saja sesuai situasi dan kondisinya, misalnya sebagai berikut:

  • Seseorang harus menggunakan masker ketika berkendara agar partikel berbahaya dalam asap kendaraan tidak ikut masuk ke dalam saluran pernafasan.
  • Petani ketika menyemprotan pestisida pada tanaman.
  • Ketika terkena penyakit tertentu, seperti flu dan lainnya agar virus yang ada tidak menyebar ke udara dan menular ke yang lainnya.

Cara Membuat Masker Sendiri


Berdasarkan penjelasan pengertian masker di atas, maka ketika masker mengalamai kelangkaan cara membuat masker sendiri tentu sangatlah mudah. Sebab sejatinya masker adalah kain yan digunakan untuk menyaring udara, maka kita bisa menggunakan kain lain sebagai alternatifnya.

Kita bisa menggunakan sapu tangan untuk dijadikan masker, wanita menggunakan jilbabnya, kaos, atau jenis kain lainnya. Selama kain tersebut bisa digunakan untuk menutup hidung dan mulut guna menyaring udara, maka kain tersebut dapat digunakan sebagai masker.

Selain dililitkan langsung, agar lebih nyaman pengguna juga bisa memotong kain tersebut, lalu melubangi atau menjahitnya agar lebih mudah dipasangkan sebagai mana masker pada umumnya.


Cara Membuat Masker untuk Virus Korona

Image via pixabay.com

Cara membuat masker sendiri tentu berbeda dengan cara membuat masker untuk virus korona, sebab virus ini lebih kuat dan berbahaya sehingga perlu menggunakan masker khusus pula.

Dilansir dari Kompas.com (3/3/2020), dibanding menggunakan masker beberapa para ahli sebenarnya lebih menyarakankan kita untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau pun cairan yang mengandung alkohol.

Tapi jika kemudian Anda ingin menggunakan masker sebagai langkah pencegahan, dan stok masker di berbagai toko atau apotek tidak ada maka kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Dilansir dari South China Morning Post, ilmuwan dari Hong Kong, Profesor Alvin Lai, dr. Joe Fan, dan dr. Iris Li telah menemukan suatu cara untuk membuat masker sendiri di rumah. Penggunaan masker ini juga telah didukung oleh Profedor Yuen Kwok-yung yang merupakan orang yang ahli falam bidang mikrobologi, dari Universitas Hongkong.

Bahkan seorang asisten kepala ekekutif rumah sakit Universitas Hongkong, telah melakukan tes laboratorium terhadap masker ini.

Dalam menyaring aerosol tetesan masker ini terbukti mampu mencapai 80-90 % fungsi masker bedah reguler. Namun demikian, fungsi masker ini tidak bisa permanen. Tak heran jika pembuatnya juga mengatakan bahwa masker tersebuy hanya dapat digunakan sebagai alternatif bagi siapa saja yang perlu melindungi diri dari infeksi namun tidak memiliki peralatan.

Lantas bagaimanakah cara membuat masker untuk virus korona itu?

Bahan-Bahan yang Diperlukan


Sebelum melakukan cara membuat masker sendiri ini, ada beberapa bahan yang harus disiapkan yaitu sebagai berikut:

  • Gunting
  • Karet
  • Isolasi Kertas
  • Pelubang Kertas
  • Kawat berlapis plastik
  • Tisu tebal, dan
  • Kitchen roll

Langkah-Langkah Pembuatan


Berikut langkah-langkah cara membuat masker untuk mencegah virus korona :
  • Cuci tangan menggunakan sabun sampai bersih.
  • Tumpuk dua lembar tisu.
  • Tambahkan kitcen roll dibagian atas dan bawah tisu tersebut masing-masing dua lembar, kemudian potong menjadi dua bagian.
  • Gunakan isolasi kertas untuk merekatkan tepian kiri dan kanannya .
  • Gunakan lubang kertas untuk memberi dua lubang pada sisi kiri dan kanannya.
  • Agar ketika dikenakan bisa sesuai dengan bentuk hidung, pada bagian atas masker jangan lupa diberikan kawat plastik dan memasangnya menggunakan isolasi kertas..
  • Selanjutnya masukan karet pada masing-masing lubang, lalu diikatkan.

Demikian cara membuat masker sendiri di rumah. Sebagai catatan cara membuat masker untuk corona di atas, hanya merupakan alternatif darurat, dimana fungsinya tidak dapat disamakan dengan masker bedah yang umumnya digunakan untuk melindungi diri.

Post a Comment for "Cara Membuat Masker Sendiri yang Ampuh Mencegah Virus Penyakit"