Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Memulai Bisnis Koveksi Agar Cepat Sukses


Tips memulai bisnis konveksi merupakan informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum membuka salah satu bisnis menjanjikan ini. Seperti kita tahu, semua orang membutuhkan pakaian untuk dikenakan. Selain untuk menutup aurat, menunjang penampilan, juga digunakan untuk berbagai acara tertentu.


Dilihat dari tingginya nilai kebutuhan bisnis konfeksi memang sangat menggiurkan. Faktor pendukung lainnya pun cukup banyak, seperti kuantiti produksi hingga jalur distribusinya yang sangat luas. Anda bisa memasarkan produk melalui mall, berbagai toko pakaian, distro-distro, bahkan melalui toko online.


7 Tips Memulai Binsis Konveksi

Bagi Anda yang memiliki niat kuat untuk membuka usaha konveksi, namun terkendala minimnya pengalaman maka perlu mengetahui tips memulai usaha konveksi untuk pemula. Adapun tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Jenis Produk yang Akan Dibuat

Image via Pixabay.com
Produk bisnis konveksi memang sangat beragam, dimulai dari kaos, kemeja, jaket, rompi, celana, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rahasia Sukses Bisnis Busana Muslim dengan Omset Pantastis

Khusus untuk pemula, disarankan untuk memilih produk yang mudah dalam proses pembuatannya, misalnya saja seperti kaos, kemeja, dan juga jaket. Dengan berjalannya waktu, ketika pengalaman Anda sudah memadai maka bisa menambah berbagai produk lainnya.

2. Jangan Malas Belajar Ilmunya

Sukses dalam bidang apapun tentu membutuhkan ilmu yang cukup untuk bisa meraihnya, tak terkecuali dalam bisnis konveksi. Belajar dan terus mendalami ilmu seputar konveksi adalah salah satu tips memulai bisnis konveksi yang tidak boleh terlewatkan.
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah ilmu ini, baik melalui kursus maupun belajar langsung pada pemilik konveksi yang telah lebih dulu meraih kesuksesan.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Sebelum memulai bisnis tentu Anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu, tak terkecuali untuk bisnis konveksi. Modal di sini tentu bukan hanya uang, namun juga tenaga, waktu, dan tekad serta niat yang kuat.

Modal uang tentu sangat dibutuhkan untuk modal usaha, misalnya seperti membeli beberapa mesin koveksi seperti mesin jahit, mesin pemotong kain, hingga untuk membuat atau menyewa tempat usaha.

Referensi Kami : 10 Cara Hemat Membangun Tempat Usaha Sendiri, Bisa dengan Modal Minim!!!

4. Gunakan Lokasi Usaha yang Strategis


Tips memulai bisnis konveksi berikutnya adalah dengan memilih lokasi yang strategis. Dalam bisnis apapun lokasi usaha yang baik, sangat menentukan keberhasilan bisnis. Pilihlah lokasi usaha yang mudah diakses, dekat dengan jalan, dan dekat dengan tempat umum..


Namun demikian, jika rumah yang Anda miliki cukup luas dan berada di lokasi yang cukup strategis, tentu dapat menggunakan lahan atau garasi rumah sebagai tempat usaha tersebut.

Jika Anda ingin lebih nyaman bersama keluarga tanpa terganggu oleh aktivitas usaha, menyewa ruko tentu lebih disarankan. Sebaiknya lakukanlah negosiasi dengan sebaik mungkin sehingga bisa mendapatkan harga terbaik, agar pengeluran di awal usaha tidak terlalu besar.

5. Gunakan Sistem Kerja Sama

Bagi para pemula yang sama sekali tidak memiliki pengalaman dalam bidang konveksi, tidak ada salahnya untuk menawarkan kerjasama dengan vendor konveksi yang telah sukses, dengan menggunakan sistem bagi hasil.

Hal ini tentu akan sangat baik untuk usaha Anda kedepannya, selain bisa mempelajari segala hal tentang konveksi secara langsung dengan lebih baik, Anda juga akan memiliki relasi yang sudah ahli dalam bidang ini.

6. Tentukan Brand yang Unik


Brand merupakan salah satu ciri khas dan identitas dari sebuah produk, oleh karena itu setelah memilik tempat usaha dan produknya, sebaiknya segeralah tentukan brand produk Anda sendiri. Selain unik, buatlah brand yang juga mudah untuk diingat oleh orang lain.

Salah satu brand fashion yang begitu terkenal dan unik adalah Joger yang berasal dari Kuta Bali. Brand ini sangat dikenal luas dengan sebutan pabrik kata-kata. Dari jopger dan berbagai brand terkenal lainnya, tentu Anda bisa menemukan inspirasi yang bisa dikembangkan sendiri.

7. Tentukan Harga dengan Baik

Dalam menentukan harga kita tentu harus mempelajari pasar yang ada. Selain menyesuaikan harga standar pasar, penentuan harga juga sangat bergantung pada kualitas dan tingkat kesulitan dalam pembuatan produk tersebuty.

Dalam menentukan harga tentu jangan terlalu murah, selain dapat mengusik para pesaing harga yang murah juga akan membuat calon customer ragu akan kualitas produk yang kit tawarkan. Begitu pun sebaliknya, jika harga yang kita tawarkan terlalu mahal, maka akan sulit mendapatkan pelanggan tetap karena mereka lebih mudah berpaling ke tempat konveksi lain.

8. Gunakan Kekuatan Promosi yang Maksimal

Tanpa promosi yang baik akan sulit rasanya suatu produk dikenal luas oleh masyarakat. Promosi akan sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan suatu produk, oleh karenanya, semakin baik dan maksimal suatu promosi yang dilakuakn maka akan semakin tinggi pula nilai omset penjualan kita.

Dalam melakukan promosi Anda dapat menawarkan ke distro-distro atau toko retail, untuk menitipkan produk pashion Anda menggunakan sistem konsinyasi, dimana barang tersebut akan dibayar setelah laku terjual.

Tingginya pengguna internet dan media sosial juga tentu tidak boleh terlewatkan. Selain melakukan promosi melalui website pribadi, Anda juga tentu bisa melakukan promosi melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

9. Manajemen Kuangan dengan Baik


Setinggi apapun pendapatan yang mampu Anda peroleh, tanpa pengelolaan keuangan yang baik maka akan sulit rasanya meraih kesuksesan. Tak sedikit para pelaku usaha yang akhirnya gulung tikar hanya karena mereka tidak memenejemen keuangan usahanya dengan baik.

Selain memisahkan uang hasil usaha dan uang pribadi, Anda juga harus mencatat segala bentuk transaksi secara detail sehingga memiliki laporan keuangan yang tentu akan sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Harus Tahu. Ini 3 Bisnis yang Selalu Menguntungkan Sepanjang Masa

Penutup


Itulah 9 tips memulai bisnis konveksi yang telah diterapkan oleh banyak konveksi pemula, hingga akhirnya usaha mereka mampu berkembang dan sukses. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan usaha Anda kedepannya.

Post a Comment for "9 Tips Memulai Bisnis Koveksi Agar Cepat Sukses"