Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di HP Android

Data Seluler HP Android - Agar hp android bisa terhubung dengan internet data seluler harus aktif. Selain agar hp bisa internetan, penggunaan data pada paket data akan dihitung oleh ponsel menggunakan data seluler tersebut.

Data seluler yang sudah diaktifkan akan ditandai dengan munculnya icon 4G / 3G / 2G disamping sinyal bar pada layar hp android. Namun terkadang masalah yang sering kali terjadi adalah data seluler tidak muncul. Kenapa seperti itu ? Gangguan dari operator salah satu penyebabnya.

Masalah jaringan internet yang tidak muncul ini bisa terjadi pada semua operator seluler seperti indosat, axix, tri, xl, bahkan telkomsel yang notabene memiliki jaringan paling kuat.

Nah .. bagi kamu yang baru saja ganti kartu tapi sinyal internet tidak muncul atau tiba-tiba data seluler di hp kamu hilang, jangan panik karena technoecho kali ini akan memberikan beberapa cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp android.

Dan solusi tidak dapat menggunakan jaringan data seluler ini dapat kalian terapkan di hp oppo, asus, xiaomi, vivo, oppo dan semua tipe hp android lainnya.


Kenapa Data Seluler Tidak Muncul Di HP Android ?


Alasan mengapa HP Android tidak bisa internetan adalah tidak ada sambungan jaringan data pada perangkat tersebut. Biasanya penyebab data seluler tidak muncul di hp android itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

1. Kartu SIM Belum Diregistrasi

Sudah menjadi kewajiban setiap pengguna handphone untuk melakukan registrasi kartu sim yang digunakannya. Jika hal tersebut tidak kamu lakukan maka koneksi internet dapat diputus oleh pihak operator seluler.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu mengecek status registrasi sim card kamu jika data seluler tidak mau muncul di hp kamu. Misalnya saja kamu menggunakan kartu telkomsel, untuk cek status registrasi cukup dengan :

Masuk ke dial phone > ketik *4444# > kemudian pilih opsi "cek status registrasi".

2. Kuota Internet Habis

Penggunaan internet yang sudah menjadi kebutuhan pokok sekarang ini terkadang membuat kita lupa untuk melihat sisa kuota data yang ada pada ponsel kita. Alhasil streaming youtube terhenti karena paket kuota telah habis.

Dan ketika paket data telah habis biasanya akan ditandai dengan icon data seluler tidak muncul lagi disamping status sinyal bar hp.

3. Gangguan Operator Seluler

Sudah kita ketahui bahwa tidak semua lokasi dapat terjangkau koneksi dari setiap operator seluler yang ada. Terlebih lagi jika cuaca sedang hujan lebat, biasanya akan membuat sinyal hp hilang timbul.

Jadi jangan panik jika data seluler tidak muncul di hp kamu sebab bisa saja hari ini kamu sedang mengalami gangguan dari operator seluler.

4. Faktor - Faktor Lainnya

Adapun penyebab lain yang mengakibatkan data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan, baik itu karena :
  • Lokasi yang memang tidak tersedia jaringan seluler
  • Penggunaan custom ROM yang tidak sesuai, atau memang
  • Data seluler belum diaktifkan

Untuk itu agar koneksi internet di hp kamu dapat kembali normal, lakukan beberapa hal berikut ini.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Android (Update 2020)

cara mengatasi data seluler tidak muncul di hp android

1. Pastikan Kartu SIM Terpasang Dengan Benar


Kenapa kamu harus memastikan kebenaran saat memasang kartu SIM ? Kartu SIM memiliki fungsi untuk memancarkan layanan telepon dan sinyal internet dari perangkat android ke penyedia layanan (operator seluler).
cara mengatasi kartu sim tidak muncul data

Jadi jangan harap sinyal internet bisa muncul jika sim card tidak terdeteksi di hp android. Berikut cara memastikan kartu sim sudah terdeteksi di hp android :
  1. Pertama masuk ke pengaturan telepon.
  2. Pilih opsi kartu sim dan jaringan seluler.
  3. Setelah itu pastikan kartu sim sudah terbaca di perangkat android tersebut.

Apabila kartu sim tidak terdeteksi maka kamu perlu coba untuk melepas dan memasang kembali kartu sim dengan benar.

Selama tidak ada kerusakan pada kuningan sim card dan konektor sim card, lapas pasang kartu sim cukup efektif untuk membuat data seluler muncul kembali

baca juga : Cara Mengatasi Konektor Sim Card Rusak

Namun jika data seluler masih tidak muncul maka lanjutkan dengan langkah dibawah ini.

2. Aktifkan Data Seluler


Penyebab utama data seluler hp android tidak muncul adalah karena kita belum mengaktifkan data seluler pada perangkat tersebut. Untuk itu kamu perlu menghidupkan koneksi data terlebih dahulu agar data seluler muncul kembali.

cara mengaktifkan data seluler yang tidak muncul

Berikut 2 cara mengaktifkan data seluler di hp android :

Pertama, lewat layar bar android

  • Usap layar ke bawah / ke atas untuk menampilkan menu quick settings > setelah itu ketuk "mobile data" atau "jaringan data" untuk mengaktifkannya.

Kedua, lewat menu pengaturan

  • Masuk ke menu Pengaturan > setelah itu pilih opsi SIM Ganda dan Jaringan Seluler > lalu ketuk Data Seluler agar sinyal internet muncul kembali.

Jika data seluler sudah diaktifkan maka secara otomatis sinyal paket data akan muncul di sebelah sinyal bar (4G / 3G / 2G). Apabila data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan, bisa jadi paket kuota kamu habis atau pengaturan apn kartu sim yang tidak benar.

Namun sebelum memastikan hal tersebut, coba langkah mudah lainnya yang bisa untuk kamu coba seperti berikut ini.

3. Aktifkan Mode Pesawat

jaringan internet hilang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab data seluler sering hilang dapat dikarenakan adanya gangguan jaringan pada operator seluler.

Dan cara paling mudah dan sangat efektif yang sering saya lakukan apabila sedang ada gangguan jaringan yaitu dengan mengaktifkan airplane mode (mode pesawat). Namun tetap ada cara khususnya ya, gais ..

Caranya :
  1. Matikan sambungan data seluler terlebih dahulu
  2. Lalu aktifkan mode pesawat, baik dari menu quick settings ataupun pengaturan jaringan.
  3. Setelah itu biarkan selama 1 sampi 2 menit
  4. Kemudian nonaktifkan mode pesawat
  5. dan aktifkan data seluler, lalu lihat apakah jaringan 4G akan kembali muncul

Cara ini sangat sering saya gunakan di semua tipe hp android yang data seluler tidak muncul karena sedang ada gangguan sinyal.

4. Rubah Mode Jaringan


Ada beberapa alasan yang menyebabkan data seluler hilang timbul, salah satunya tidak tersedianya jaringan di lokasi kalian berada. Semakin jauh kamu berada dari pemacar sinyal maka semakin sulit pula kamu mendapatkan sinyal 4G / 3G ..

.. dan bahkan malah sinyal hilang total.

Tak heran jika Samsung meluncurkan beberapa produk HP terbarunya dengan mengusung "Signal Max" pada Samsung J Series.

Namun kalian tidak perlu cemas dengan ponsel yang ada sekarang ini. Kita masih bisa memunculkan sinyal 3G / H+ ataupun 2G jika sinyal 4G tidak muncul. Bagaimana caranya ?

Cara mengembalikan jaringan internet yang hilang

Berikut cara merubah mode jaringan 4G / 3G / 2G di hp android :
  1. Pertama pastikan data seluler sudah aktif
  2. Lalu masuk ke menu pengaturan
  3. Setelah itu pilih opsi Kartu SIM 
  4. Kemudian pilih SIM 1 atau SIM 2 sesuai penggunaan data di hp kamu
  5. Langkah berikutnya ketuk Jenis Jaringan yang Disukai
  6. dan akan muncul tampilan untuk mengganti mode jaringan 4G/3G/2G (Otomatis)

Kalian coba ganti - ganti saja sampai muncul jaringan internet di samping sinyal bar. Jika lokasi kalian berada jauh didalam pelosok negeri, saran saya atur mode jaringan di 2G saja apabila data seluler masih tidak bisa muncul.

baca juga : Kartu SIM Terdeteksi Tapi HP Tidak Ada Sinyal

5. Nonaktifkan Batas Data Seluler


Salah satu cara untuk menghemat kuota data pada hp android adalah dengan mengaktifkan pengaturan batas data seluler di perangkat tersebut. Namun tahukah kamu dengan aktifnya pengaturan tersebut justru malah dapat membuat data seluler tidak aktif ?
 
Kenapa seperti itu ? Hal ini dikarenakan pada sistem hp android memerintahkan untuk menonaktifkan data seluler secara otomatis apabila penggunaan data sudah mencapai batas yang ditentukan.
cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan
 
Biasanya jika batas penggunaan data sudah melebihi settingan yang ditentukan akan ditandai dengan munculnya notifikasi "peringatan penggunaan data" di layar hp atau menu popup "data seluler dinonaktifkan".

Apabila kamu tanpa sengaja malah menekan tombol "OK" maka data seluler tidak akan muncul saat itu juga. Terus bagaimana cara mengembalikan data seluler yang sudah terlanjur hilang tersebut ?

Mudah kok, caranya cukup dengan :
  1. Masuk ke pengaturan
  2. Jaringan dan internet > Penggunaan data
  3. Kemudian nonaktifkan batas penggunaan data
 
Jadi apabila data seluler tidak bisa hidup padahal di pengaturan sudah kamu hidupkan maka bisa jadi penyebabnya adalah batas penggunaan data sudah tercapai.

6. Ganti APN Internet di Android

 
Jika sinyal 4G / 3G / 2G masih tidak muncul itu artinya kamu perlu merubah APN internet yang ada di hp android tersebut. 
cara mengatasi paket data aktif tapi tidak bisa internetan di hp android
 
Ciri - ciri settingan APN yang tidak sesuai selain data seluler tidak muncul, biasanya juga akan ditandai dengan hp tidak bisa terhubung internet. Jadi meskipun data seluler aktif tapi kamu tetap tidak bisa internetan.

Untuk melakukan setting APN di hp kamu, silakan masuk :
 
Pengaturan > Kartu ganda dan jaringan seluler > Nama titik akses (APN) > Setelah itu pilih "Atur ulang ke default" atau "Buat baru".

Namun jika kamu pilih untuk membuat APN baru, kamu hanya perlu mengisi beberapa item edit point akses :
  • Nama
  • APN
  • Proksi
  • Port
  • Nama Pengguna
  • Kata Sandi
  • Server

Isi point akses tersebut sesuai dengan kartu sim yang kalian gunakan. Misalnya saja kalian menggunakan kartu sim Telkomsel berarti harus menggunakan APN Telkomsel.

atau kamu bisa lihat pada video cara setting APN Telkomsel di bawah ini :

Dari pengalaman saya dahulu, merubah settingan APN Internet bisa berhasil mengatasi masalah kartu sim ada kuota tapi tidak bisa internet.

Kesimpulan

Semua cara di atas menjadi langkah yang selalu saya lakukan apabila tidak bisa terhubung dengan internet akibat data seluler tidak muncul di perangkat android yang saya miliki.

Sekarang saatnya kamu mencoba !

Langkah mana yang akan kamu coba terlebih dahulu, apakah merubah mode jaringan ? atau langsung melakukan setting APN intenet ? Saran saya :
 
lakukan langkah termudah yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. Atau jika kamu ada kesulitan, silakan tulis pada kolom komentar dan jangan lupa bagikan informasi ini jika kamu rasa bermanfaat ..

.. karena berbagi itu indah. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "6 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di HP Android"