Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Minum Rasulullah SAW Menurut Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah



Tempat minum Rasulullah tentu sangat ingin kita ketahui, sebab selain dapat menambah keimanan kita, juga akan semakin membuat kita semakin semangat untuk mengikuti setiap sunahnya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tempat minum Rasulullah saw. dan adab beliau ketika minum. Adapun penjelasan mengenai hal ini, telah dijelaskan dalam kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah sebagai berikut.


Tsabit r. a. bercerita:


Anas bin Malik r a. memperlihatkan kepada kami tempat minuman yang terbuat dari kayu. Tempat minuman itu tebal dan dililit dengan besi.
Kemudian Anas r. a. menerangkan,. “Wahai Tsabit,ini1ah tempat minum Rasulullah saw. ”

Diriwayatkan oleh al-Husain bin al-Aswad al-Baghdadi dari ‘Amr bin Muhammad dari.‘Isa bin Thuhman yang bersumber dari Tsabit r.a..

Anas bin Malik r.a. bercerita:


Sungguh ke dalam cangkir ini telah kutuangkan berbagai minuman untuk Rasulullah saw. baik itu air, nabidz“ madu atau susu.

Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin 'Abdurrahman dari Hammad bin Salamah dari Humaid bin Tsabit yang bersumber don Anas bin Malik r.a..

Keterangan :
Nabidz adalah air kurma, yakni beberapa biji kurma dimasukan ke dalam air, kemudian dibiarkan semalam sampai airnya terasa manis.

Demikian pembahasan mengenai tempat minum Rasulullah saw. Bagi Anda yang ingin membaca semua isi kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah yang membahas lengkap, Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, silahkan bisa klik di sini.

Post a Comment for "Tempat Minum Rasulullah SAW Menurut Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah"