Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membersihkan File sampah di PC tanpa Aplikasi

Umumya ketika sebuah PC atau laptop yang sering kita pakai terkadang ngelag ketika dipakai bahkan untuk membuaka file explorer pun lamanya minta ampun. nah salah satu penyebabnya bisa jadi karena banyaknya file sampah pada komputer anda yang belum di bersihkan sama sekali.

menumpuknya file sampah ini juga bisa membuat hardisk PC atau komputer anda cepat habis dan memperlambat kinerja komputer itu sendiri. file sampah ini tersimpan otomatis setiap harinya ketika anda menjalankan komputer. baik itu digunakan saat internetan atau hanya sekedar menjalankan aplikasi lainnya.

memang banyak sekali aplikasi pembersih file sampah ini tapi kali ini kita akan membersihkan file samapah di pc menggunakan fiture bawaan windows tanpa aplikasi lain. ada beberapa cara untuk membersihkan file sampah tersebut. berikut saya sajikan satu persatu caranya :

1. Menggunakan Fungsi RUN

Run ini berfungsi untuk membuka atau mencari suatu sistem yang berada di windows seperti aplikasi, program, folder dan file file lainya dengan cepat. nah kita akan menggunakan perintah Run untuk mencari file sampahnya yang nantinya akan kita hapus.

cara ini sangat mudah untuk kita jalankan tanpa kita ribet menggunakan aplikasi tambahan. dengan cara ini kita dapat membersihkan dan menghapus file sampah yang tidak di perlukan seperti temperory, cache, history,cookies, dan lainnya. untuk langkah - langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1 : buka fitur Run nya dengan cara Tekan tombol window+R kemudian ketikan %temp% lalu tekan Enter. maka hasilnya akan terbuka jendela file explorer pada alamat folder temp. didalamnya terdiri dari banyak folder dan file sampah, untuk menghapus semua tekan CTRL+A kemudian klik kanan Delete.


Langkah 2 : sama seperti langkah pertama namun di langkah kedua ini ketikan Temp, maka akan muncul kota dialog perizinan adminitrator seperti berikut tekan continue


setelah itu baru kebuka folder temp. hapus semua folder dan file yang ada didalam folder tersebut caranya seperti langkah pertama



2. Windows Disk Cleanup

cara yang kedua yaitu dengan menggunakan fitur disk cleanup. cara ini di gunakan untuk menghapus semua file sampah yang berada di setiap disk komputer. file sampah ini tentu saja bisa memperlamabat kecepatan kinerja hardisk. untuk itu di sarankan untuk menghapusnya jika memang komputer anda sudah merasa lambat banget. caranya sebagai berikut ini :

buka Control panel > administrator tool lalu cari disk cleanup


stelah itu klik disk cleanup tersebut sehingga muncul jendela seperti berikut.


pilih drive atau disk yang ingin di bersihkan lalu klik OK. 


tunggu sampai selesai kira kira beberapa menit tergantung banyaknya file.


cukup sudah tutorial tentang cara membersihkan file sampah di komputer atau pc ini mudah mudahan bisa membantu




Post a Comment for "Cara membersihkan File sampah di PC tanpa Aplikasi"