Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Wordpress? Dan apa pengertiannya serta sejarahnya

Apa Itu Wordpress? Dan apa pengertiannya serta sejarahnya


MyThingsTips - Apa itu wordpress? Seorang pemula pasti akan bertanya seperti itu ketika mereka tidak paham dengan apa yang mereka lihat, pada artikel ini saya akan menjelaskan secara detail dari pengertian Wordpress, serta sejarahnya Wordpress yang bertahun - tahun sudah menggeluti didunia blogging dan website. Wordpress adalah salah satu System Manajemen conten (CMS)  yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Lebih dari 30% website dibuat dengan menggunakan Wordpress dan seterusnya akan terus meningkat.
Secara umum, CMS atau yang disebut dengan (System Manajemen Conten) adalah aplikasi web yang bisa diubah sesuka hati oleh pengolahnya, dan membuat postingan tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.
Wordpress sendiri menggunakan PHP dan MYSQL, yang didukung oleh penyedia hosting. Terdapat juga paket wordpress yang menawarkan kelebihannya, seperti lebih cepat, performa dan kualitas hosting.
Kelebihan pada wordpress ini terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan kamu untuk membuat bermacam website seperti blog sederhana, portofolio, ecommerce, newspaper serta apa saja yang kamu inginkan (Bebas). Yang terbaik pada CMS ini adalah memiliki software antarmuka yang mudah digunakan. Jika kamu sudah mengerti dan paham menggunakan microsoft Word, maka kamu juga tidak akan merasa kesulitan saat menggunakan Wordpress ini, membuat dan menerbitkan konten semudah menjentikkan jari.
Wordpress juga sifatnya Open Source dan bisa digimakan oleh siapa pun. Bahkan CMS wordpress juga kemungkinan sudab digunakan oleh jutaan orang didunia untuk mengoprasikan website mereka.

Sejarah Wordpress

Sejarah Wordpress ini sendiri diawali pada tahun 2003 dimana developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat sebuah platform blogging terbaru karena software b2/cafeblog dihentikan. Setelah proyek tersebut ditinggalkan kedua developer tersebut memilih untuk mengambil alih serta mempertahankannya. Dan melanjutkan perkembangannya dengan cara mereka sendiri.
Mullenweg dan Little berhasil merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilannya pada saat itu benar - benar berbeda dengan tampilan Wordpress yang saat ini yang kaya akan fitur, misalnya seperti proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lain sebagainya. Pada tahun 2004 Wordpress sudah banyak melalui berbagai transformasi, kini Wordpress dikembangkan, dikelola dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Wordpress maaih terua dikembangkan dan versi baru rilis dibulan 2 atau 3. Setiap versi memiliki fitur dan keamanannya yang telah diupdate ke platform, komunitas Wordpress sendiri terdapat pada WordCamp tempatnya perkumpulan pengguna yang aktif pada Wordpress.

Perbedaan Wordpress.com dan Wordpress. Org

Apakah kamu pernah mengakses mengetikkan Wordpress pada mesin pencati google?, disini kamu akan diperlihatkan Bahwa ada dua nama yang sama dan domain yang berbeda, seperti Wordpress.com dan Wordpress.org , keberadaan kedua website ini pasti akan membingungkan pada kenyataanya Wordpress.com dan Wordpress.org memiliki tujuan dan user base yang berbeda - beda.

Wordpress.org

Adalah salah satu CMS yang digunakan untuk membuat website menggunakan hosting dan domain. Melalui situs ini, kamu dapat mengunduh CMS yang sudah tersedia, dan bisa mengunduh template maupun memasang plugin srcara gratis. Untuk mengonlinekan website tersebut, yang kamu lakukan adalah dengan cara membeli paket hosting dan domain.
Wordpress memggunakan PHP dan MYSQL, agar website bisa aktif, tapi kamu juga bisa memanfaatkan paket histing untuk mrngoptimalkan CMS tersebut.

Wordpress.com

Adalah salah satu perusahaan yang sama seperti Wordpress.org, tapi fungsinua berbeda disini kita hanya bisa membuat blog dengan manajemen dari Wordpress sendiri sehingga kita tidak memiliki kebebasan apapun untuk mengedit template dan memasang plugin,
Jika kamu tertatik dengan ini silakan mendaftat maka domain yang akan kamu dapat adalah seperti ini websitekamu.wordpress.com.
(meskipun tersedia juga custom domain berbayar). Paket defaultnya gratis tapi memiliki beberapa keterbatasan.

Jenis Website Yang Dapat Kamu Buat Di CMS Wordpress

Secara garis besar, bahwa Wordpress dilengkapi banyak kelengkapan serta tools yang cukup komplit untuk digunakan berbagai macam Website yang akan dibuat.

Blog
Kembali pada sejarah, CMS Ini sebenarnya dibuat untuk membuat blog dan hingga saat ini platform ini paling banyak digunakan untuk membuat blog. Kamu bisa membuat blog yang sederhana dengan harga yang terjangkau. Saran saya kamu bisa ambil paket wordpress yang 1 bulan untuk pemakaian standar.

Portofolio
Seperti Freelancer, seniman, photograher, musisi, bahkan penulis menggunakan WordPress untuk membuat portofolion online. Banyak pilihan template yang bisa digunakan pada Website portofolio template tersebut dapat kamu dapatkan pada Wordpress.org dengan biaya yang gratis.

Situs Bisnis
Jika kamu ingin membuat situs bisnis untuk membangun bisnis kamu, disini kamu dapat membuat website bisnis kamu. Diwordpress ini kamu dapat memvuat website bisnis, walaupun dari banyak pengguna CMS ini memilih untuk membuat blog dibanding bisnis, template serta plugin dapat kamu dalatkan di Wordpress.org secara gratis.

Toko Online
Dengan Menggunakan Wordpress, kamu bisa membuat semua genre Webiste terutama Toko online. Plugin ecommerce yang paling banyak digunakan banyak orang, dan menawarkan fitur - fitur belanja didalamnya seperti (shopping cart), sistem manajemen order, halaman checkout, one-click refund, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Wordpress memiliki kelebihan dan kekurangannya, platform ini banyak sekali orang yang menggunakannya karena fitur yang sangat lengkap dan pemula sekalipun akan langsung dapat mengoprasikannya, CMS ini juga akan sangat cocok jika yang menggunakannya adaakah seorang programmer. Karena hampir semua Komponen CMS ini menggunakan PHP dan MYSQL.

Kelebihan Wordpress

1.murah - kamu hanya perlu membayar sewaan hosting dan domain. Sebagian software dan plugin yang berada pada Wordpress itu sendiri gratis yang bisa kamu dapat secara cuma - cuma.
2.Install dan update CMS yang sangat mudah - kamu tidak perku lagi manajemen lainnya, dan tidak perlu apa - apa lagi, install dan website siap online.
3. Mudah Dikelola - Kamu tidak perlu menjadi program yang handl untuk mengelola, yang hanya kamu perlukan adalah menambah postingan, gambar, dan lainnya yang dapat kamu tambahkan saat ingin membuat konten pada website kamu.
4. Bisa mengganti desain website sendiri - template bisa didapatkan pada Wordpress.org dengan cara cuma - cuma, dan kamu bisa mengedit sesuka hati kamu.
5. Panduan dan tutorial yang membantu - Wordpress merupakan salah satu Komunitas yang besar tempat perkumpulan para blogger dan program disana, Jika kamu menemukan masalah atau sedang mencari solusi terhadap salah satu error, maka panduan dan tutorial bisa Anda manfaatkan.

Masalah Wordpress

1. Tingkat Keamanan - karena pengguna Wordpress mencapai 30% kemungkinan hacker mampu mendobrak keamanan pada website, tapi Jangan khawatir disini kamu bisa menginstal plugin keamanan agar website kamu dapat diamankan dari hak lain yang ingin masuk pada akun kamu.
2.Waktu Loading - jika waktu loading halaman terlalu lama, kemungkinan itu disebabkan karena kamu menginstall banyak plugin, uinstall plugin yang tidak perlu agar website bisa menajadi cepat.

Apa Itu Wordpress

Wordpress adalah salah satu Platform canggih yang digunakan banyak orang.sekitar 30% diseluruh dunia menggunakan platform ini untuk membuat blog serta website lainnya.
Baiklah itu tadi penjelasan tentang Artikel Apa Itu Wordpress? Dan apa pengertiannya serta sejarahnya Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya, dan memahami apa yang telah saya tulis.

Post a Comment for "Apa Itu Wordpress? Dan apa pengertiannya serta sejarahnya"