Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi HP Tidak Bisa Menerima SMS

HP tidak bisa SMS - Bagaimana cara mengatasi hp android tidak bisa menerima sms ? Mungkin kartu sim tidak bisa menerima sms bukan menjadi suatu masalah yang besar bagi pengguna smartphone sekarang ini. Mengingat sekarang ini pengguna ponsel lebih menyukai untuk menggunakan aplikasi seperti whatsapp, line ataupun aplikasi chatting lainnya jika dibandingkan dengan harus mengirim pesan singkat. Meskipun demikian tidak semua orang mengabaikan akan masalah tidak bisa menerima pesan masuk pada handphone yang mereka miliki tersebut.

Kondisi dimana hp android tidak dapat menerima pesan singkat tersebut dibedakan menjadi 2, yaitu hp tidak bisa menerima sms dari nomor tertentu dan hp tidak bisa terima sms dari semua nomer. Namun sering kali penyebab hp tidak bisa menerima sms tersebut berasal dari gangguan sinyal yang ada. Lantas bagaimana cara memperbaiki sms tidak masuk ke inbox hp android tersebut ? Dan banyak orang mengatakan, masalah nomor indosat tidak bisa menerima sms tersebut sering kali terjadi ketika sedang turun hujan.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba memberikan beberapa solusi akan masalah handphone yang tidak bisa menerima pesan masuk tersebut. Namun sebelum kita mengulas lebih jauh akan cara mengatasi kartu im3 tidak bisa kirim sms tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita memeriksa terlebih dahulu jumlah pesan yang ada di kotak masuk ponsel android yang kita miliki. Hal ini perlu dilakukan karena penyimpanan pesan di inbox yang sudah penuh juga dapat mengakibatkan pesan baru tidak bisa masuk di kotak masuk smartphone yang kita miliki.

Solusi HP Tidak Bisa Menerima SMS
cara mengatasi hp tidak bisa menerima sms


Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi pesan baru tidak bisa masuk di kotak masuk hp android yang kita miliki tersebut di bawah ini.

Penyebab Smartphone Android Tidak Bisa Menerima Pesan Masuk


  • Kondisi hp yang sering hilang sinyal
  • Cakupan jaringan yang kurang luas
  • Salah pengaturan pada setting perangkat
  • Software yang error
  • Aplikasi pesan tidak bisa dibuka
  • Kita baru berpindah dari iPhone ke Android
  • Nomer belum di registrasi

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan Singkat (SMS)


  1. Cek ketersediaan jaringan di lokasi kita berada
  2. Kosongkan inbox, jika pesan singkat sudah penuh
  3. Pastikan nomor pusat layanan SMS di pengaturan hp android sudah benar
  4. Untuk hp android, bersihkan file cache dan data aplikasi pesan
  5. Factory reset
  6. Hubungi call center 

Untuk memastikan nomor pusat pesan operator jaringan di handphone ataupun smartphone yang kita miliki, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

Cara Mengecek Nomor Pusat Layanan SMS atau SMS Service Centre


1. Pertama - tama cek nomor pusat layanan SMS atau SMS Service Centre dari setiap provider yang ada, misalnya saja :

  • Indosat : +62816124
  • Simpati atau AS : +6281100000
  • XL : +62818445009
  • AXIS : +628315000032
  • Tri : +6289644000001

2. Setelah mengetahui nomor pusat layanan SMS dari operator yang kita gunakan, kemudian masuk ke aplikasi pesan atau message

3. Lalu pilih menu pengaturan yang berada di bagian paling bawah lalu pilih menu pesan teks (SMS)

4. Setelah itu pilih dan masuk pada pusat layanan SMS, jika hp android anda adalah dual sim maka akan muncul pilihan sim mana yang akan kita masukan atau perbaiki nomor pusat layanan SMSnya

5. Kemudian masukan nomor pusat layanan SMS sesuai dengan operator yang kita gunakan pada kartu sim saat ini, lalu klik OK

baca juga :

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang solusi pesan singkat tidak masuk padahal sms sudah terkirim tersebut. Semoga pada pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Solusi HP Tidak Bisa Menerima SMS"