Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luar Biasanya Manfaat Sungai di Desa, Bahkan Hingga Sudah Mengering Sekalipun


Manfaat sungai di pedesaan tentu hampir semua orang mengetahuinya. Mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani, tentu membuat sungai sebagai sarana paling ampuh untuk digunakan sebagai sumber pengairan untuk sawah-sawah mereka.


Selain mengairi sawah, tak sedikit anak-anak yang menggunakan sungai sebagai wahana bermain bagi mereka, yakni untuk berenang hingga memancing. Jika kita kaji, memang selain memberikan dampak positif juga ada dampak negatif lain yang menyertainya. Terlebih jika kita tahu, bahwa tak jarang sungai juga digunakan sebagai tempat untuk membuang kotoran manusia.

Terlepas dari beberapa dampak negatif tersebut, namun pada dasarnya sungai itu sendiri memiliki manfaat yang sangat besar. Adapun jika sungai sampai merugikan manusia, sebagian besar itu semua diakibatkan dari perilaku dan sikap manusia itu sendiri terhadap sungai.

Mulai dari membuang sampah sembarangan, mencucui pakaian dengan deterjen, hingga membuang kotoran di sungai. Oleh karenanya, seyogyanya kita harus senantiasa memanfaatkan segala sesuatunya dengan bijak. Dengan demikian, maka segala hal yang ada di alam ini pun akan memberikan dampak dan pengaruhnya yang baik pula untuk kehidupan manusia.

Fakta di Desa Sungai Memberi Manfaat Sekalipun Sudah Mengering

Kemanfaatan sungai memang identik dengan air yang dibawanya. Namun demikian ternyata manfaat  tersebut dirasakan bukan hanya saat air tersebut pasang, bahkan hingga surut dan mengering pun sungai tetap memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan.

Berikut beberapa manfaat sungai di musim kemarau yang penulis dapatkan langsung dari lapangan.

Tempat Mencari Ikan saat Mulai Surut

Ternyata selain dapat digunakan sebagai tempat memancing saat air pasang, sungai juga menjadi tempat yang sangat mengasikan untuk mencari ikan saat air surut.

Sedikitnya air yang ada di sungai, membuat ikan-ikan  menjadi sangat terbatas ruang geraknya sehingga sangat mudah ditangkap sekalipun dengan alat sederhana. Saat sungai surut, tak sedikit masyarakat yang berbondong-bondong untuk mendapatkan ikan di salah satu sungai yang terkenal memiliki banyak ikan. Faktanya meski banyak yang menangkap, rata-rata mereka semua mendapatkan bagiannya. Ini menandakan jika ikan merupakan salah satu tempat dimana banyak ikan-ikan berkembang biak.

Bukan hanya beramai-ramai, ada juga perorangan yang melakukan penangkapan di musim ini. Ada yang membendung sungai agar ikan tidak lari jauh. Ataupun secara manual, dengan mencari langsung ke areal sungai yang mulai mengering.

Mudahnya menangkap ikan saat sungai mulai mengering, membuat siapa saja bisa melakukannya. Bahkan tak sedikit anak-anak, sepulang sekolah mereka juga ada yang mencari ikan di sungai. Untuk lebih jelas lagi, mengenai keseruan mencari ikan di sungai yang mulai mengering ini. Silahkan bisa sobat melihatnya pada video di bawah ini :


Sungai sebagai Cadangan Air Saat Musim Kemarau

Musim kemarau, identik dengan kekekringan. Bahkan meski belum dilalui dalam waktu lama sekali pun, nyatanya beberapa tempat ada yang sudah mengalami dampak dari kekeringan tersebut.

Saat suatu daerah mengalami kekeringan, ternyata sungai merupakan salah satu tempat yang baik untuk menyimpan beberapa cadangan air. Hal ini dibuktikan di tempat penulis sendiri. Dimana hampir di setiap musim kemarau, beberapa tempat disungai digali untuk kemudian diambil airnya yang ada di dalam tanahnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bisa sobat lihat video ini. Jangan lupa klik like dan subscribe ya sobat agar kami semakin semangat dan bergairah dalam berkarya.



Sungai yang Mengering sebagai Tempat Strategis Hewan Ternak Mencari Makan

Saat musim kemaru tiba, selain manusia, hewan dan tumbuhan ternyata juga mengalami dampaknya. Tak ayal banyak tumbuhan yang layu dimusim ini. Begitupun dengan hewan, selain mengalami krisis air, mereka juga mengalami krisis makanan.

Rumput-rumput yang mengering hingga mati, tentu adalah suatu masalah bagi hewan. Karena dengan demikian, berarti mereka tidak bisa mendapatkan makanan yang enak dan segar untuk di makan.
Di saat hampir di semua tempat, rumput layu dan mengering. Ternyata sungai yang mengering, telah menyisakan hingga menumbuhkan rumput-rumput baru yang membuat hewan ternak sangat menyukainya.

Mau bukti ? Tonton video di bawah ya sobat !

Post a Comment for "Luar Biasanya Manfaat Sungai di Desa, Bahkan Hingga Sudah Mengering Sekalipun"