4 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik
4 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik
Trafik blog anda sangat ditentukan oleh kualitas artikel yang anda buat dan juga judul dari artikel tersebut, ada 2 alternatif yang bisa anda pilih ketika mengembangkan judul, memilih kata kunci judul dengan jumlah pencarian sedikit atau memilih judul dari kata kunci atau keyword populer yang memang benar-benar memiliki peminat yang banyak , apapun kata kunci yang anda pilih untuk anda kembangkan menjadi judul artikel maka tentu saja yang paling memiliki potensi untuk mendatangkan banyak trafik ke blog anda adalah memililih kata kunci yang memiliki tingkat pencarian yang banyak.
Namun sayangnaya kata kunci seperti itu bukanlah kata kunci yang mudah yang bisa begitu saja mendatangkan banyak trafik untuk blog anda, karena pada umumnya kata kunci populer yang memiliki tingkat pencarian yang tinggi biasanya persaingannya cukup sulit sehingga anda harus mampu bersaing dengan blog-blog papan atas yang sudah lebih dulu populer dan memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari.
Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana strategi bersaing dengan blog papan atas ketika anda memilih judul dengan kata kunci populer yang banyak peminatnya, sehingga meskipun judul artikel yang anda buat adalah judul artikel yang sangat sulit persaingannya dan sudah banyak dikuasai oleh blogger papan atas anda masih berpeluang mendapatkan pengunjung yang dapat meningkatkan trafik blog anda dari artikel tersebut.
Ketika anda memutuskan menganbil judul artikel yang memiliki tingkat pencairan tinggi maka kata kunci tersebut biasanya dikuasai oleh blog papan atas yang sudah lebih dulu menerbitkan artikel dengan kata kunci tersebut dan mampu mendominasi hasil pencarian di posisi terbaik, maka agar artikel postingan yang anda buat mampu bersaing ada beberapa teknik atau strategi yang anda gunakan agar bisa mendapatkan trafik dari judul tersebut.
Beberapa strategi bersaing dengan blog papan atas yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:
Bagaimana saya memastikan bahwa judul yang saya buat memiliki tingkat persaingan yang sulit?
Caranya sederhana, silahkan anda lakukan pencarian menggunkan kata kunci yang anda target, jika di hasil pencarian ditemukan jutaan hasil pencarian dapat dipastikan bahwa kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang sulit.
Sebagai contoh misal untuk kata kunci "cara membuat blog", ketika di cek di google keyword planer, kata kunci ini memiliki tingkat pencarian yang sangat luar biasa banyaknya (kata kunci populer), bisa dilihat pada gambar berikut:
Kata kunci tersebut ternyata memiliki rata-rata jumlah pencarian perbulan sebanyak 90.500 pencarian, tidak heran banyak blog-blog besar menarget kata kunci ini, dan memang benar setelah di cek di hasil pencarian kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit yaitu sekitar 6.300.000 hasil, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Artinya jika menarget kata kunci ini maka anda harus bersaing dengan 6.200.000 artikel lainnya.
Salah satu cara yang bisa anda andalkan untuk ikut bersaing dengan kata kunci tersebut adalah menyajikan judul artikel menggunakan long tail keyword, Judul long tail keyword akan mampu membuat artikel anda berpeluang muncul dengan beragam kata kunci yang relevan sehingga artikel anda akan banyak memiliki peluang untuk ditemukan di hasil pencarian dan dapat meningkatkan trafik ke blog anda.
Begitu juga berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh statista bahwa optimasi seo onpage rata-rata berhasil ketika melibatkan long tail keyword untuk judul, artinya ketika anda melibatkan optimasi seo onpage, agar optimasi onpage mendapatkan hasil maksimal maka anda bisa melibatkan judul yang menggunakan long tail keyword.
Lantas berapakah jumlah kata untuk judul long tail keyword yang paling ideal?, jawabannya adalah 4 sampai 5 kata atau lebih, semakin panjang judul yang anda buat untuk artikel blog anda maka akan semakin mudah artikel tersebut mendapatkan ranking di hasil pencarian dengan beragam kata kunci relevan.
Jika anda memilih judul short tail atau judul pendek yang hanya terdiri dari 3 suku kata atau kurang untuk kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi, maka judul anda akan sulit bersaing dengan blog papan atas, karena pada umumnya judul-judul artikel yang terdiri dari 3 suku kata atau kurang bisanya sudah dikuasai oleh blog papan atas yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik di mata mesin pencari dan sudah memiliki umur yang cukup lama.
Baca juga: bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat
Berdasarkan analisa serp IQ, yang melakukan analisa terhadap 20.000 kata kunci menyatakan bahwa rata-rata artikel yang mampu muncul di halaman pertama google (page one) adalah artikel yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih, semakin banyak jumlah kata dalam konten maka ranking di hasil pencarian pun akan cendrung baik.
Bisa kita lihat pada gambar grafik diatas, bahwa konten yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih memiliki peluang untuk muncul di 10 besar hasil pencarian google, semakin panjang konten paka posisi di hasil pencarian akan semakin baik, namun anda bisa melihat bahwa ranking pertama diduduki oleh artikel yang memiliki jumlah kata lebih sedikit (2416 kata) daripada artikel kedua dan ke3 (2494 da 2492 kata), itu menandakan bahwa google juga memperhatikan kualitas dari konten itu sendiri, semakin berkualitas sebuah konten dan semakin panjang jumlah kata yang disajikan dalam sebuah konten maka itu akan sangat baik.
Artikel terkait: Cara menulis artikel berkualitas seo yang disukai mesin pencari
Di hasil pencarian anda bisa meningkatkan CTR (click throught rate) terhadap artikel anda dengan memanfaatkan judul dan deskripsi yang unik untuk artikel anda, karena ketika pengguna internet menemukan judul artikel di hasil pencarian maka mereka pertama kali akan melihat judul artikel blog anda, jika judul mereka anggap menarik dan membuat penasaran maka kemungkinan besar pengguna internet akan mengunjungi artikel anda yang mereka temukan dihasil pencarian, walaupun posisi judul artikel anda bukan di 3 besar.
Memang benar belum tentu posisi pertama mendapatkan klik, dan bisa jadi posisi 4 s/d 10 bisa mendapatkan banyak trafik, selama judul artikel yang dibuat untuk artikel tersebut dianggap unik, menarik dan membuat pengguna penasaran, oleh karena itu yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel adalah bagaimana membuat judul artikel seunik dan semenarik mungkin agar peluang mendapatkan pengunjung lebih baik walaupun artikel anda bukan di posisi 3 besar.
a. Melibatkan angka dalam judul yang anda buat
Misal 12 cara, 13 tips dan lain sebagainya.
Judul yang melibatkan angka seperti halnya ketika mata anda menemukan warna yang kontras yang sangat berbeda dengan warna lainnya, anga juga dapat menunjukan kepastian yang terdapat didalam artikel yang anda sajikan.
b. Menggunakan kata-kata dapat meningkatkan daya tarik,
Misalnya kata-kata seperti dibawah ini:
Seperti misalnya judul artikel yang saya buat "3 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik", saya sengaja menggabungkan angka dan juga strategi agar judul tersebut lebih menarik.
Bagaimana caranya?
Setelah anda menentukan target kata kunci untuk judul artikel yang anda buat pastikan judul tersebut berbeda dengan yang lain dengan langkah-langkah sebagai berukut:
Misal saya menarget kata kunci "Cara meningkatkan trafik blog"
Dari kata kunci tersebut mungkin anda bisa saja membuat judul sebagai berikut:
Misalkan saja untuk kata kunci yang anda target "Cara meningkatkan trafik blog" anda membuat judul artikel "Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat" maka anda harus memastikan bahwa judul yang akan anda buat tersebut unik berbeda dengan yang lain.
Caranya sebagai berikut:
Silahkan lakukan pencarian menggunakan mesin pencari google dengan kata kunci yang anda target yaitu "Cara meningkatkan trafik blog", kemudian amati judul-judul artikel yang muncul dihasil pencarian halaman pertama, apakah judul "Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat" ada di hasil pencarian, jika anda menemukan judul yang mirip atau identik dengan judul yang anda buat tersebut, maka anda harus merubah judul tersebut dan dengan yang lebih unik beda dengan yang lain, alasanya karena anda judul yang anda buat tidak akan memberikan nilai lebih terhadap pengguna, apalagi artikel anda bukan berada di urutan 3 besar google.
Mungkin anda bisa merubah judul tersebut dengan judul "3 Rahasia meningkatkan trafik ala blogger profesional" atau judul unik serupa lainnya.
Yang jelas adalah, anda harus mampu mengkombinasikan judul menarik, unik dan membuat penasaran, dengan begitu ketika judul artikel anda ditemukan di page one hasil pencarian maka judul anda akan memiliki kesempatan baik di klik oleh pengguna.
Baca juga: cara membuat judul artikel berkualitas seo
Silahkan bangunlah backlink dengan cara-cara yang legal dan juga lakukan teknik promosi lainnya yang baik, sehingga artikel blog anda mampu mendatangkan pengunjung atau visitor berlimpah yang dapat meningkatkan trafik blog anda.
Silahkan baca: #7 rahasia mempromosikan konten terbaik untuk meningkatkan trafik blog anda.
Dengan strategi diatas maka blog anda akan mendapatkan peluang untuk ditemukan di hasil pencarian google di posisi terbaik dan sering mendapatkan klik dari pengunjung, dengan begitu trafik blog anda lambat laun akan terus meningkat.
Trafik blog anda sangat ditentukan oleh kualitas artikel yang anda buat dan juga judul dari artikel tersebut, ada 2 alternatif yang bisa anda pilih ketika mengembangkan judul, memilih kata kunci judul dengan jumlah pencarian sedikit atau memilih judul dari kata kunci atau keyword populer yang memang benar-benar memiliki peminat yang banyak , apapun kata kunci yang anda pilih untuk anda kembangkan menjadi judul artikel maka tentu saja yang paling memiliki potensi untuk mendatangkan banyak trafik ke blog anda adalah memililih kata kunci yang memiliki tingkat pencarian yang banyak.
Namun sayangnaya kata kunci seperti itu bukanlah kata kunci yang mudah yang bisa begitu saja mendatangkan banyak trafik untuk blog anda, karena pada umumnya kata kunci populer yang memiliki tingkat pencarian yang tinggi biasanya persaingannya cukup sulit sehingga anda harus mampu bersaing dengan blog-blog papan atas yang sudah lebih dulu populer dan memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari.
Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana strategi bersaing dengan blog papan atas ketika anda memilih judul dengan kata kunci populer yang banyak peminatnya, sehingga meskipun judul artikel yang anda buat adalah judul artikel yang sangat sulit persaingannya dan sudah banyak dikuasai oleh blogger papan atas anda masih berpeluang mendapatkan pengunjung yang dapat meningkatkan trafik blog anda dari artikel tersebut.
Strageti Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik
Ketika anda memutuskan menganbil judul artikel yang memiliki tingkat pencairan tinggi maka kata kunci tersebut biasanya dikuasai oleh blog papan atas yang sudah lebih dulu menerbitkan artikel dengan kata kunci tersebut dan mampu mendominasi hasil pencarian di posisi terbaik, maka agar artikel postingan yang anda buat mampu bersaing ada beberapa teknik atau strategi yang anda gunakan agar bisa mendapatkan trafik dari judul tersebut.
Beberapa strategi bersaing dengan blog papan atas yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:
#1. Buat judul dengan Long tail Keyword
Ketika anda mengetahui bahwa kata kunci yang akan anda gunakan untuk membuat judul artikel memiliki level persaingan yang sangat sulit maka buatlah judul artikel tersebut menggunakan long tail keyword.Bagaimana saya memastikan bahwa judul yang saya buat memiliki tingkat persaingan yang sulit?
Caranya sederhana, silahkan anda lakukan pencarian menggunkan kata kunci yang anda target, jika di hasil pencarian ditemukan jutaan hasil pencarian dapat dipastikan bahwa kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang sulit.
Sebagai contoh misal untuk kata kunci "cara membuat blog", ketika di cek di google keyword planer, kata kunci ini memiliki tingkat pencarian yang sangat luar biasa banyaknya (kata kunci populer), bisa dilihat pada gambar berikut:
Kata kunci tersebut ternyata memiliki rata-rata jumlah pencarian perbulan sebanyak 90.500 pencarian, tidak heran banyak blog-blog besar menarget kata kunci ini, dan memang benar setelah di cek di hasil pencarian kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit yaitu sekitar 6.300.000 hasil, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Artinya jika menarget kata kunci ini maka anda harus bersaing dengan 6.200.000 artikel lainnya.
Salah satu cara yang bisa anda andalkan untuk ikut bersaing dengan kata kunci tersebut adalah menyajikan judul artikel menggunakan long tail keyword, Judul long tail keyword akan mampu membuat artikel anda berpeluang muncul dengan beragam kata kunci yang relevan sehingga artikel anda akan banyak memiliki peluang untuk ditemukan di hasil pencarian dan dapat meningkatkan trafik ke blog anda.
Seperti yang dijelaskan oleh pakar internet marketing neil patel, bagaimana cara mendatangkan 20.000 visitor dalam satu bulan dengan longtail keyword, menyatakan bahwa jika anda konsisten menerbitkan artikel dengan konten panjang dan berkualitas secara konsisten dengan menggunakan judul long tail keyword maka anda akan melihat peningkatan trafik pada blog anda secara significan.
Begitu juga berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh statista bahwa optimasi seo onpage rata-rata berhasil ketika melibatkan long tail keyword untuk judul, artinya ketika anda melibatkan optimasi seo onpage, agar optimasi onpage mendapatkan hasil maksimal maka anda bisa melibatkan judul yang menggunakan long tail keyword.
Lantas berapakah jumlah kata untuk judul long tail keyword yang paling ideal?, jawabannya adalah 4 sampai 5 kata atau lebih, semakin panjang judul yang anda buat untuk artikel blog anda maka akan semakin mudah artikel tersebut mendapatkan ranking di hasil pencarian dengan beragam kata kunci relevan.
Jika anda memilih judul short tail atau judul pendek yang hanya terdiri dari 3 suku kata atau kurang untuk kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi, maka judul anda akan sulit bersaing dengan blog papan atas, karena pada umumnya judul-judul artikel yang terdiri dari 3 suku kata atau kurang bisanya sudah dikuasai oleh blog papan atas yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik di mata mesin pencari dan sudah memiliki umur yang cukup lama.
Baca juga: bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat
#2. Buat Artikel Panjang
Istilah konten adalah raja (content is king) memang benar, dan konten yang panjang yang terdiri dari 1000 sampai dengan 2000 kata atau lebih memang cendrung lebih dominan di mata seach enggine, dan ternyata semakin panjang sebuah konten maka artikel tersebut memiliki kesempatan muncul di halaman pertama google lebih baik.Berdasarkan analisa serp IQ, yang melakukan analisa terhadap 20.000 kata kunci menyatakan bahwa rata-rata artikel yang mampu muncul di halaman pertama google (page one) adalah artikel yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih, semakin banyak jumlah kata dalam konten maka ranking di hasil pencarian pun akan cendrung baik.
Bisa kita lihat pada gambar grafik diatas, bahwa konten yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih memiliki peluang untuk muncul di 10 besar hasil pencarian google, semakin panjang konten paka posisi di hasil pencarian akan semakin baik, namun anda bisa melihat bahwa ranking pertama diduduki oleh artikel yang memiliki jumlah kata lebih sedikit (2416 kata) daripada artikel kedua dan ke3 (2494 da 2492 kata), itu menandakan bahwa google juga memperhatikan kualitas dari konten itu sendiri, semakin berkualitas sebuah konten dan semakin panjang jumlah kata yang disajikan dalam sebuah konten maka itu akan sangat baik.
Artikel terkait: Cara menulis artikel berkualitas seo yang disukai mesin pencari
#3. Memilih Judul Unik dan menarik
Artikel yang memiliki peluang yang paling baik untuk mendatangkan trafik organik adalah ketika judul artikel tersebut muncul di 3 besar hasil pencarian google, namun anda harus tau bahwa posisi sepuluh besar semuanya punya kans untuk mendatangkan trafik, jika pengunjung merasa tertarik dan penasaran terhadap judul yang anda sajikan.Di hasil pencarian anda bisa meningkatkan CTR (click throught rate) terhadap artikel anda dengan memanfaatkan judul dan deskripsi yang unik untuk artikel anda, karena ketika pengguna internet menemukan judul artikel di hasil pencarian maka mereka pertama kali akan melihat judul artikel blog anda, jika judul mereka anggap menarik dan membuat penasaran maka kemungkinan besar pengguna internet akan mengunjungi artikel anda yang mereka temukan dihasil pencarian, walaupun posisi judul artikel anda bukan di 3 besar.
Memang benar belum tentu posisi pertama mendapatkan klik, dan bisa jadi posisi 4 s/d 10 bisa mendapatkan banyak trafik, selama judul artikel yang dibuat untuk artikel tersebut dianggap unik, menarik dan membuat pengguna penasaran, oleh karena itu yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel adalah bagaimana membuat judul artikel seunik dan semenarik mungkin agar peluang mendapatkan pengunjung lebih baik walaupun artikel anda bukan di posisi 3 besar.
Langkah-langkah untuk membuat judul yang menarik
Jika anda mau anda bisa membaca referensi detail bagaimana cara membuat judul yang terbaik sehingga meningkatkan klik ketika judul tersebut ditemukan di halaman pertama mesin pencari, namun di sini saya akan memberikan tips yang sederhana saja untuk membuat judul yang bisa mendatangkan trafik organik yaitu:a. Melibatkan angka dalam judul yang anda buat
Misal 12 cara, 13 tips dan lain sebagainya.
Judul yang melibatkan angka seperti halnya ketika mata anda menemukan warna yang kontras yang sangat berbeda dengan warna lainnya, anga juga dapat menunjukan kepastian yang terdapat didalam artikel yang anda sajikan.
b. Menggunakan kata-kata dapat meningkatkan daya tarik,
Misalnya kata-kata seperti dibawah ini:
- Alasan
- Cara
- tips
- trik
- rahasia
- Ide
- teknik
- Strategi
- Fakta
- Metode
Seperti misalnya judul artikel yang saya buat "3 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik", saya sengaja menggabungkan angka dan juga strategi agar judul tersebut lebih menarik.
Bagaimanakah judul yang unik itu?
Anda mungkin dapat menyajikan judul yang benar-benar unik dan menarik dengan melibatkan angka dan juga kata-kata yang menarik dan membuat penasaran pembaca, namun jika sasaran anda adalah mesin pencari jangan lupa untuk memastikan bahwa judul yang anda buat memang benar-benar berbeda dengan judul artikel lainnya dengan kata kunci relevan.Bagaimana caranya?
Setelah anda menentukan target kata kunci untuk judul artikel yang anda buat pastikan judul tersebut berbeda dengan yang lain dengan langkah-langkah sebagai berukut:
Misal saya menarget kata kunci "Cara meningkatkan trafik blog"
Dari kata kunci tersebut mungkin anda bisa saja membuat judul sebagai berikut:
- "Cara meningkatkan trafik pengunjung blog"
- "19 Cara meningkatkan trafik pengunjung blog hingga 400%"
- "Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat"
- "Cara cepat meningkatkan trafik blog untuk pemual"
- dan judul lainnya
Misalkan saja untuk kata kunci yang anda target "Cara meningkatkan trafik blog" anda membuat judul artikel "Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat" maka anda harus memastikan bahwa judul yang akan anda buat tersebut unik berbeda dengan yang lain.
Caranya sebagai berikut:
Silahkan lakukan pencarian menggunakan mesin pencari google dengan kata kunci yang anda target yaitu "Cara meningkatkan trafik blog", kemudian amati judul-judul artikel yang muncul dihasil pencarian halaman pertama, apakah judul "Meningkatkan trafik blog dengan mudah dan cepat" ada di hasil pencarian, jika anda menemukan judul yang mirip atau identik dengan judul yang anda buat tersebut, maka anda harus merubah judul tersebut dan dengan yang lebih unik beda dengan yang lain, alasanya karena anda judul yang anda buat tidak akan memberikan nilai lebih terhadap pengguna, apalagi artikel anda bukan berada di urutan 3 besar google.
Mungkin anda bisa merubah judul tersebut dengan judul "3 Rahasia meningkatkan trafik ala blogger profesional" atau judul unik serupa lainnya.
Yang jelas adalah, anda harus mampu mengkombinasikan judul menarik, unik dan membuat penasaran, dengan begitu ketika judul artikel anda ditemukan di page one hasil pencarian maka judul anda akan memiliki kesempatan baik di klik oleh pengguna.
Baca juga: cara membuat judul artikel berkualitas seo
#4. Jangan lupa untuk melibatkan optimasi seo offage
Optimasi seo offpage memiliki peranan yang sangat penting untuk blog anda agar bisa mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, salah satu optimasi offpage yang paling berperan dan masih menjadi faktor penentu yang sangat kuat sampai 2016 ini adalah backlink.Silahkan bangunlah backlink dengan cara-cara yang legal dan juga lakukan teknik promosi lainnya yang baik, sehingga artikel blog anda mampu mendatangkan pengunjung atau visitor berlimpah yang dapat meningkatkan trafik blog anda.
Silahkan baca: #7 rahasia mempromosikan konten terbaik untuk meningkatkan trafik blog anda.
Kesimpulan
Ketika blog anda masih digolongkan sangat baru, akan ada banyak sekali blog pesaing blog papan atas yang usianya sudah lama, sudah memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari dan mendominasi di hasil pencarian, maka salah satu strategi untuk bersaing dengan blog papan atas agar blog anda dapat mendapatkan trafik dari persaingan kata kunci populer adalah dengan cara menyajikan artikel berkualitas, panjang, menggunakan judul long tail keyword dan membuat judul unik, menarik dan membuat penasaran pengguna.Dengan strategi diatas maka blog anda akan mendapatkan peluang untuk ditemukan di hasil pencarian google di posisi terbaik dan sering mendapatkan klik dari pengunjung, dengan begitu trafik blog anda lambat laun akan terus meningkat.
Post a Comment for "4 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik"