Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Cipari: Taman Purbakala yang berada di Kabupaten Kuningan

Taman purbakala yang berada di kabupaten kuningan





























Situs Cipari terdapat di kaki Gunung Ciremai di Kampung Cipari, Desa Cigugur Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jaraknya sekitar empat kilometer dari Kota Kuningan.
Mencari lokasi ini kalau dibilang sulit ya gak juga, tetapi karena minimnya rambu-rambu penunjuk arah ke lokasi yang menjadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Kuningan ini membuat kami harus bertanya berulangkali (tapi memang seperti itu adanya, di hampir semua tempat yang pernah aku kunjungi, jarang sekali papan penunjuk arah berwarna coklat terpampang di jalan yang memandu wisatawan menuju ke lokasi tujuan wisata), tapi akhirnya sampai juga kami di lokasi yang ada di tengah pemukiman. Tanah lapang yang digunakan sebagai tempat parker cukup untuk menampung beberapa mobil, areanya bersih. Terdapat sebuah pohon beringin besar di bagian luar sebelah kanan taman.
Bermula dengan ditemukannya batu peti kubur oleh Wijaya pada tahun 1971, akhirnya tempat ini dinyatakan sebagai situs purba dan kemudian didirikan taman dan museum yang diresmikan pada tahun 1978 oleh Prof. Dr Syarif Thayeb, Menteri Pendidikan Kebudayaan pada masa itu. Prasasti batu yang ditandatangani oleh Bapak Syarif Thayeb terlihat di areal pintu masuk, tulisannya sudah mulai sulit terbaca.






















Cagar Budaya Museum  Taman Purbakala Cipari mengoleksi beberapa  barang – barang peninggalan purbakala yang masih terawat dan tersimpan sebagaimana ciri atau bukti dari manusia pada Zaman Megalityang mempunyai nilai sejarah dari pengalaman hidup manusia pada masa itu dan dimana manusia telah mengenal bercocok tanam.
  • Barang – barang yang ada di museum Taman Purbakala cipari yang masih terawat dan tersimpan di museum yaitu :
  1. Benda – benda yang ada didalam Museum
1.      Kapak Batu
2.    Gelang Batu
3.    Kapak Perunggu
4.    Gelang Perunggu
5.    Lumpang Batu
6.    Batu Obsidian
7.      Hematit
8.      Batu Bahan
9.      Bulatan Tanah
10.  Kendi
11.  Pendil
12.  Jembaran
13.  Kekeb
14.  Delepak (lampu)
15.  Bokor
16.  Cangkir
17.  Tempat Sayur
18.  Guci

Post a Comment for "Situs Cipari: Taman Purbakala yang berada di Kabupaten Kuningan"