Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

jenis hardware untuk menambang bitcoin dan altcoin

Jenis hardware untuk menambang bitcoin dan altcoin

Assalamualaikum Wr Wb.

Bertemu lagi dengan saya dalam, pada kesempatan sebelumnya saya membahas tentang step-step dalam mining altcoin. Nah, mungkina ada yang belum tahu apa saja sih alat yang diperlukan untuk melakukan kegiatan mining ini, mari kita bahas macam-macamnya.
1.VGA Card / GPU


ya siapa yang tidak tahu VGA Card, alat ini adalah processor tambahan yang digunakan khusus untuk mengolah grafis, biasanya digunakan untuk orang-orang yang bekerja di bidang design 3D atau digunakan untuk maen Game. Namun akhir-akhir ini GPU ternyata bisa memecahkan Code Enkripsi lebih baik dan lebih cepat dari CPU, maka dari itu GPU / VGA Card mulai digunakan dalam kegiatan Mining baik Bitcoin maupin Altcoin.
Walau VGA bisa digunakan unutk mining, tentu tidak semua VGA bisa digunakan. Untuk hasil maksimal tentu diperlukan VGA-VGA yahut dengan kapasitas Hashing yang besar. Yang sering di gunakan kebanyakan Miner (Istilah untuk Para Penambang Coin) adalah AMD RADEON R9 280x yang sebuah VGA Cardnya bisa mempunya angka 800 Khash. (Untuk Pengalaman septiyo.com mining dengan R9 270x dan hanya punya Hashing power sekitar 400 Khash. hanya setengahnya saja)

lalu Vga itu nanti diapakan supaya bisa Mining? Gampang, anda tinggal download Software miningnya bisa CGMINER, bisa SGMINER, GUIMINER dan lain lain (Macamnya ada banyak) anda bisa mencocokkan dan bisa membaca step2nya

intinnya setelah menjalankan softwarenya dan bila settingannya sudah cocok, maka anda akan langsung mining dengan VGA kesayangan anda. Namun jika memang anda minat di bidang ini anda bisa membeli lebih VGA karena hanya dengan 1 VGA saja itu sangat kurang. Karena dunia mining Altcoin atau bitcoin makin lama tingkat kesulitan makin parah.
kelebihan Mining dengan VGa adalah anda bisa mencoba dunia mining dengan VGa yang anda punya sekarang daripada hanya dibuat game. Tul Nggak? 😀
Kelibihan lain dari mining dengan VGA card adalah anda bisa mining dengan berbagai tipe algorytma dari coin. Misal Bitcoing menggunakan SHA 256 dan Litecoin menggunakan Script maka jika bosan mining Bitcoin anda bisa mining Script /litecoin tanpa susah payah tinggal setting sedikit saja + download Software mining yang cocok.
2.ASIC MINER

Asic miner adalah alat dari pengembang (perushaan tertentu) yang mengkhusukan diri membuat CHIP khusus yang digunakan untuk mining. bahasa singkatnya Alat ini memang diciptakan untuk Mining.
Dulu Asic miner harganya gila-gilaan sampai puluhan juta.(sekarang juga masih sih) tapi seiring berjalannya waktu juga akhirnya ada yang harganya hanya ratusan ribu rupiah.
kelebihan dari Alat ini, nggak ribet, nggak perlu pengetahuan banyak tentang Komputer,beli colok USB ke PC, jalankan software (jangan lupa koneksi internetnya) udah mining deh.
kelemahan dari alat ini biasanya fokus hanya untuk coin tertentu, ada yang khusus bitcoin ada yang khusus litecoin.
alat ini juga beragam bentuk. ada yang hanya seukuran flashdisk

Biasanya yang sukuran Flashdisk butuh Fan tambahan karena tidak include.
ada yang seukuran tabung kecil include fan seperti gambar dibawah ini
ada juga yang lebih Extream dan harganya pasti belasan hingga puluha juta seperti berikut
Lalu pertanyannya, Enaknya saya beli yang mana Gan?
Semuanya tetap teserah
anda.
JIka anda gamer atau mantan gamer dan ingin mencoba-coba dunia mining, anda jelas bisa menggunakan VGA/GPU anda.
Jika masih minat dan ingin lebih serius anda bisa menggunakan ASIC miner untuk tingkat yang lebih advance. Kalau saya lebih suka yang tabung kecil atau USB karena harganya juga tidak menyiksa. Bosan tinggal jual kembali aja. Saran saya jangn beli ASIC miner yang terlalu besar jika masih mencoba-coba, namun jika sudah mendapatkan Passion disana, ya Monggo saja toh uang anda sendiri.
Kalau Prinsip saya, Hidup ini cuman sekali, Mumpung masih hidup cobalah sesuatu yang baru asal itu tidak buruk dan Halal. Mencoba selalu beresiko apalagi berhubungan dengan uang, namun asal uang yang anda invest masih berupa barang, tetap masih ada harganya dan masih bisa dijual lagi. Itu.
dari pada tambah panjang sekian dulu lah macam2 alat mining hari ini, semoga bermanfaat
Terimakasih sudah mampir
Wassalamualaikum Wr.Wb




Post a Comment for "jenis hardware untuk menambang bitcoin dan altcoin"