Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bendungan Rentang Jatitujuh Majalengka

Kabupaten Majalengka harus berbangga hati, pasalnya Bendung Rentang yang terletak di Dusun Rentang Desa Panongan Kecamatan Jatitujuh menjadi salah satu lokasi perlombaan pada ajang Asian Games 2018. Bersama dengan venue di Palembang, Bendung Rentang di Majalengka ini terpilih sebagai salah satu venue cabang olahraga kano pada nomor perlombaan kano slalom. Hal ini jelas membuat nama Majalengka kian dikenal masyarakat luas, tidak hanya dikenal pada level lokal dan nasional, bahkan dikenal pada level internasional.
Saat ini infrastruktur Bendung Rentang terus di benahi. Beberapa bagian infrastruktur yang dikerjakan adalah penataan kawasan pedestrian, pembuatan kisdam (dinding pembatas saluran bendungan sementara), dan pencetakan panel fiber glass untuk batas antara saluran irigasi dan saluran yang dipakai untuk perlombaan. Adapun dana yang dianggarkan untuk perbaikan infrastruktur Bendung Rentang ini menggunakan dana APBD dengan total Rp 2,7 miliar. Pembangunannya sendiri telah dimulai dari awal Oktober 2017.
Terpilihnya Bendung Rentang menjadi tempat perlombaan kano slalom merupakan usulan dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) yang disetujui oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
Sejatinya kano slalom akan digelar di Palembang, namun karena Bendung Rentang lebih siap untuk dijadikan tempat perlombaan maka venue Kano slalom di pindah ke Majalengka. Kano slalom adalah salah satu olahraga dayung perorangan yang menggunakan perahu panjang nan sempit dengan halang rintang yang beragam.
Nantinya perlombaan ini akan digelar di Saluran Induk Cipelang yang berada pada intake kiri Bendung Rentang. Intake kiri ini juga akan dibagi lagi menjadi dua bagian. Bagian kanan pada intake kiri akan digunakan menjadi tempat perlombaan, sedangkan bagian kirinya tetap berfungsi sebagai saluran irigasi.
Terkait dengan akan dilaksanakannya perlombaan kano slalom di Bendung Rentang ini, ada kekhawatiran akan berkurangnya pasokan air irigasi ke area persawahan. Namun hal ini dibantah oleh pihak berwenang, ia menjamin pasokan irigasi akan tetap normal. Selain mengairi areal irigasi di Kabupaten Majalengka, bendungan dengan total daerah layanan irigasi seluas 87.803 hektar ini juga mencakup Kabupaten Cirebon dan Indramayu. Dari ketiga kabupaten di atas, Indramayu menjadi kabupaten dengan areal irigasi terluas dengan total 66.612 hektar.
Dari sekian banyak anak Sungai Cimanuk, yang mempunyai pengaruh besar terhadap debit Bendung Rentang adalah Sungai Cipeles dan Sungai Cipelang di Kabupaten Sumedang dan Sungai Cilutung di Kabupaten Majalengka.
Bendungan rentang, saat ini menjadi salah satu tempat wisata sekedar lari pagi, kongkow, dan jalan-jalan kaula muda. Bendung terbesar di Majalengka tersebut akan lebih ramai jika weekend, Bendung Rentang bisa dikatakan spot selfie dan spot nongkrong recommended di Majalengka.

Post a Comment for "Bendungan Rentang Jatitujuh Majalengka"