Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sedekah : Bersedekah Tidak Membuat Melarat, Sebaliknya Bisinis Malah Jadi Laris


Antrian Makan Pagi Buah Sedekah-Doc Pribadi



Manfaat Sedekah : Sebelum fajar menyingsing waktu mekah, ratusan orang mengantri, mereka mendapatkan satu paket roti dan minuman secara gratis dari pemilik toko tersebut, ternyata pola ini yang sedang ngetren di kawasan hotel hilton atau millenium daerah sekitar gate 84 masjidil haram. Kisaran dalam tiga tahunan ini sudah berlangsung pola sedekah dari agniya diserahka  ke pemilik warung, warung memberikan paketnya kepada penerima. 

Awalnya penulis menanyakan kenapa setiap sholat subuh selesai, berjejer jamaah lanjut usia ini mengantri, setelah ditanyakan oleh mukimin saudi, mereka jawab bahwa itu adalah penerima paket sarapan pagi plus juice. 

Pihak pemilik warung ada karyawannya yang stand by dengan pengumuman siapa yang mau jariyah/sedekah, bisa 50 riyal atau 100 riyal dan dananya langsung di serahkan, terus di tasyarufkan dalam bentuk paket. 

Sangatlah wajar jika kemudian mereka yang merasa tidak mampu rela antri untuk mendapatkan paket ini. Penerima paket ini campur dari pakistan, india banglades, turki dan indonesia, siapa yang mau asal antri dipastikan dapat paket roti dan minuman, ada juga paket makanan ala arab yang dimasukan dalam kotak dan dikasih minuman. 

Bersedekah Tidak Melarat Malah Jadi Laris

Kalau anda ini pedagang atau juga pengusaha warung apapun, konsep yang digambarkan di kompleks toko makanan dan minuman di masjidil haram bisa dicontoh, ingin laris maka kuncinya banyak-banyaklah bersedekah, semakin anda melakukannya, maka semakin banyak rejeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang selau rutin untuk berinfaq atau jariyah. 

Rasulullah SAW adalah orang yang senang bersedekah. Terlebih lagi ketika bulan Ramadan tiba. Beliau selalu bersedekah dalam bentuk apa pun. Karena seperti yang diketahui, pada bulan Ramadan semua kebaikan bakal diganjar dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Dalam bersedekah, Beliau tidak pernah menyisakan harta benda dan membiarkannya berdiam di rumahnya lebih satu hari. Semua itu selalu Beliau berikan kepada siapa saja yang memintanya.

Dari Ibnu Abbas ra berkata "Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan sesungguhnya beliau paling dermawan pada saat bulan Ramadan. Ketika Jibril dayang menemui beliau pada tiap-tiap malam Ramadan untuk mentadaruskan Alquran. Rasulullah SAW lebih dermawan dari pada angin yang bertiup bebas,". (HR Bukhari dan Muslim).

Sesungguhnya dari bersedakah dengan niat ikhlas banyak manfaat langsung dapat dirasakan di dunia. Bahkan, dengan banyak bersedekah maka seseorang akan semakin kaya. Karena Allah akan meningkatkan derajat orang yang senang bersedekah.

Sebagaimana firman Allah SWT surat Al Baqarah ayat 261.

Artinya: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan dari orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (Karunia Nya) lagi Maha Mengetahui,". (QS Al Baqarah [2]:261).

Sedekah tidak akan membuat orang jatuh miskin dan melarat. Namun sebaliknya, dengan bersedekah akan membuat orang selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam segala urusannya di dunia. Orang yang senang bersedekah tidak akan pernah merasa kekurangan.


(H. Bahrul Ulum / Kompasiana)

Post a Comment for "Manfaat Sedekah : Bersedekah Tidak Membuat Melarat, Sebaliknya Bisinis Malah Jadi Laris"