Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jamaah Umroh Usia Tua Takut Eskalator

Eskalator di Masjidil Haram/Doc Pribadi
Semua gedung kantor bonafide, swalayan, hotel berbintang, maupun gedung berlantai dua hingga seterusnya, rata-rata memasang eskalator yang digunakan sebagai tangga berjalan untuk mempermudahkan menaiki dan menurunkan lantai.

Namun ada beberapa orang mengalami rasa ketakutan saat menaiki eskalator, mungkin bagi orang lain itu mudah, tapi tidak mudah bagi mereka orang yang belum sama sekali menggunakan fasilitas ini, apalagi jamaah umroh atau haji.

Saat berada di bandara beberapa jamaah mengalami stres saat ketemu eskalator baik yang bentuknya datar maupun yang berbentuk vertikal (naik turun), penulis menemukan sendiri bahkan harus membantu rombongan jamaah umroh yang mengalami traumatik eskalator.

Dokumen pribadi

Di dalam masjidil harom mekkah beberapa ruas pintu menggunakan eskalator untuk memudahahkan para jamaah yang ingin naik ke lantai dua hingga seterusnya. Pantauan penulis saat berada di lokasi eskalator menjadi inspirasi dalam penulisan judul ini.  
Tampak grogi dan begitu stres pada raut wajah puluhan perempuan pakistan, karena ragu-ragu campur takut untuk naik eskalator sehingga mereka harus mau tidak mau untuk naik, untung saja ada bantuan jamaah laki-laki yang membantunya.

Nah, berikut ini adalah tips menggunakan eskalator:

Tahu di mana harus berdiri maksunya, selalu berdiri di sisi kanan. Ruang yang tersisa di sebelah kiri adalah untuk mereka yang ingin buru-buru sampai ke titik berikutnya.

Tahu di mana harus berjalan ; Seperti disebutkan sebelumnya, ketika berjalan naik atau turun eskalator, penumpang yang ingin berjalan bisa mengambil jalur kiri.

Bepergian dengan seorang teman : Jangan halangi jalur pejalan cepat. Hal yang sama berlaku ketika Anda ingin menempatkan tas belanja Anda di tangga, jangan letakkan di samping, tapi di anak tangga atas atau bawah Anda.

Jangan dorong-dorongan : Jika Anda memilih untuk berjalan naik atau turun eskalator, pastikan untuk tidak menyikut atau mendorong siapa pun ketika Anda melewati mereka. Jika Anda melakukannya tidak sengaja, meminta maaf sebaiknya dilakukan.

Meminta izin jalan dengan cara sopan, Sebaliknya, saat hak Anda untuk berjalan cepat di eskalator terhambat orang lain yang menghalangi jalan Anda, tetap pastikan Anda.

(H. Bahrul Ulum / Kompasiana)

Post a Comment for "Jamaah Umroh Usia Tua Takut Eskalator"