Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Rujukan dari Internet

Cara menulis rujukan dari internet


Menulis rujukan dari internet : Dalam membuat sebuah karya tulis tak jarang kita mengutip pendapat atau fakta yang telah didapatkan oleh seseorang, dimana biasanya kita gunakan untuk memperkuat tulisan yang kita buat. 

Salah satu rujukan yang umumnya digunakan adalah rujukan dari internet. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara merujuk tulisan dari buku yang baik dan benar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Cara Menulis Rujukan dari Internet Berupa Karya Individual

Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti secara berturut-turut oleh tahun, judul karya tersebut (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online), dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses, diantara tanda kurung.

Contoh :

Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-95: The Calm Before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses 12 Juni 1996).

Cara Menulis Rujukan Internet Berupa Artikel Dari Jurnal

Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti secara berturut-turut oleh tahun, judul artikel, nama jurnal (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online), volume dan nomor, dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses, diantara tanda kurung.

Contoh : 

Kumaidi.. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 4. (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Cara Menulis Rujukan dari Internet  Berupa Bahan Diskusi

Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti secara berturut-turut oleh tanggal, bulan, tahun, topik bahan diskusi, nama bahan diskusi  (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online), dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses,  diantara tanda kurung.

Contoh :

Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List. (Online) ,  (NETRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 22 November 1995).

Cara Menulis Rujukan dari Internet Berupa E-Mail Pribadi

Nama pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail pengirim),  diikuti secara berturut-turut oleh tanggal, bulan, tahun, topik, isi bahan (dicetak miring),  nama yang dikirim disertai keterangan dalam kurung ( alamat e-mail yang dikirimi).

Contoh :

Davis, A (a. dav s@uwts edu.au). 10 Juni 1996. Learning to Use Web Authoring Tools. E-mail Kepada Alison Hunter (huntera@usq.edu.au).

Sumber : Nur Tanjung, Bahdin dkk. 2015. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group 

Post a Comment for "Cara Menulis Rujukan dari Internet"